Leani-Hary (dok. NPC Indonesia)

Ganda Campuran Leani-Hary Rebut Emas

05 September 2021   |   16:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Pebulutangkis nasional Leani Ratri Oktila kembali membawa pulang medali emas dalam Paralimpiade Tokyo 2020. Pada ganda campuran, Leani bersama pasangannya Hary Susanto berhasil mengalahkan pasangan Perancis Lucaz Mazur/Faustine Noel dua gim langsung 23-21, 21-17 di Yoyogi National Stadium, Minggu (5/9/2021).

Pada pertandingan tersebut, kedua pasangan ganda campuran ini saling mengejar poin di set pertama. Hary/Leani sempat tertinggal jauh namun perlahan bangkit hingga mampu menyamakan kedudukan skor 19-19 dari pasangan Mazur/Noel.

Keuntungan besar didapat Hary/Leani saat bola pukulan lawan melebar hingga memimpin menjadi 20-19. Sempat memimpin 21-20, Hary/Leani tidak menyerah hingga akhirnya pasangan ini unggul dengan skor 23-21.

Sempat lengah di awal set kedua, Hary/Leani harus bertanding secara sengit dengan pasangan Mazur/Noel.

Kendati demikian pasangan kebanggaan Indonesia semakin lari kencang di set kedua dengan memimpin 11-8 dan kemudian memangkas ketertinggalan menjadi 9-11 dengan memenangi rally panjang.

Pada akhirnya Hary/Leani menutup set kedua dengan skor 21-17 dan membawa pulang medali emas untuk Indonesia. 
 
Paralympiade Tokyo 2020
Dengan demikian, Leani berhasil mempersembahkan dua medali emas. Selain pada ganda campuran, wanita berusia 30 tahun ini juga menang ganda putri saat berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah. Leani/Khalimatus menang atas ganda China Cheng Hefang/Ma Huihui dua set langsung. 

Selain emas, Leani juga menyumbang perak di nomor tunggal putri setelah dikalahkan wakil Cina, Cheng Hefang, dalam final di Yoyogi National Stadium, Tokyo.

Prestasi Leani ini pun ditanggapi Presiden Joko Widodo. "Tidak ada yang bisa menghentikan Leani Ratri Oktila mendulang medali untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo. Kemarin, ia mempersembahkan medali emas dari bulutangkis ganda putri. Hari ini, dua medali ia raih di dua final," tulis Jokowi dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (5/9/2021). 

Dia mengucapkan selamat atas kemenangan Leani dan pasangan ganda campurannya Hary Susanto. Sebagai rakyat Indonesia, kita ucapin selamat juga yuk buat Leani dan atlet paralimpiade lainnya yang suda berjuang mengharumkan nama bangsa. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Dark Comedy Atau Dark Joke, Hiburan Kontroversial yang Bisa Redakan Stres

BERIKUTNYA

Inilah Tips Sederhana Tetap Awet Muda Sejak Usia Dini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: