Ilustrasi jantung (dok. unsplash)

Waspadai 9 Gejala Penyakit Jantung Berikut

05 September 2021   |   14:33 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penyakit jantung berisiko tinggi kematian. Sayangnya, penyakit yang lebih banyak disebabkan dari faktor gaya hidup seperti merokok dan mengonsumsi junk food ini kerap kali tidak disadari sehingga terlambat ditangani. Padahal ada tanda-tanda awal yang dapat diperhatikan untuk mengetahui kesehatan jantung. 

Profesor Kardiologi di BHF Center of Research Excellence Inggris David Newby menyebut ada beberapa gejala penyakit jantung yang perlu kita waspadai. Melansir Daily Express, berikut gejala-gejala tersebut:

1. Nyeri dada
Masyarakat Indonesia umumnya mengaitkan nyeri dada sebagai gejala masuk angin, padahal ini bisa menjadi tanda serangan jantung, terutama jika diiringi sensasi nafas yang berat, sesak, dan adanya tekanan di dada. 

2. Sakit perut atau gangguan pencernaan
Newby menerangkan jantung, kerongkongan, dan perut terletak bersebelahan. Nah apabila kamu mengalami rasa sakit seperti terbakar di area tersebut atau gangguan pencernaan, ini bisa menjadi tanda awal penyakit jantung. 

3. Berkeringat
Biasanya kita berkeringat setelah beraktivitas maupun berolahraga. Nah, jika kamu tidak melakukan apa-apa namun tiba-tiba berkeringat disertai nyeri dada sebaiknya segera konsultasi medis ya.

4. Sakit kaki
Sensasi kram dan mencekam di betis saat berjalan bisa menjadi penanda penyakit arteri perifer (PAD). "Ini paling sering terjadi pada perokok dan orang yang menderita diabetes," sebut Newby.

5. Sakit lengan
Sakit yang menjalar dari jantung ke lengan, terutama lengan kiri atau ke leher bisa menjadi tanda jantung kamu bermasalah. 

6. Sakit rahang atau punggung
Kata Newby, serangan jantung bahkan bisa memunculkan rasa sakit di rahang atau punggung. Jika sensasi ini berlangsung dalam jangka waktu panjang, segera konsultasikan.

7. Pergelangan kaki bengkak
Pergelangan kaki yang bengkak jangan diabaikan ya, Genhype, karena ini bisa menjadi penanda gagal jantung. Namun, Newby menyebut ada sejumlah faktor lain yang membuat pergelangan kaki bengkak, seperti misalnya mengonsumsi obat tekanan darah. 

8. Kelelahan ekstrem
Penanda penyakit jantung lainnya yakni kamu merasa kelelahan parah padahal aktivitas yang kamu lakukan tidak membuang banyak tenaga. 

9. Detak jantung tidak teratur
Jika jantung kamu berdetak sangat cepat dan dengan interval tidak menentu maka saat itulah kamu harus memeriksakan diri ke dokter.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Waspadai Gejala Kanker Paru Yuk

BERIKUTNYA

Suka Gemeretakkan Gigi saat Tidur? Ini Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: