Ilustrasi serangan jantung (dok. Freepik)

Ada Bercak Berwarna Ini di Tangan, Hati-hati Risiko Serangan Jatung

21 June 2021   |   20:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama serangan jantung. Tanda-tanda kita mengalami penyakit ini bisa timbul di tangan lho!

Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika arteri yang memasok darah yang kaya oksigen ke otot jantung tersumbat oleh penumpukan bahan lemak atau aterosklerosis. Ketika suplai darah ke jantung tersumbat, serangan jantung terjadi. 

Johns Hopkins Medicine menjelaskan selama serangan jantung sel-sel otot di dalam organ mulai mati. Dalam waktu 30 menit setelah otot jantung kekurangan oksigen, kerusakan permanen pun dapat terjadi.

Nah, salah satu tanda peringatan penyakit jantung yang bisa dikenali menurut WebMD adalah adanya ruam bergelombang kuning-oranye di jari-jari tangan.

Ini menunjukkan kadar trigliserida yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan di sekitar buku-buku jari. "Banyak lemak ini dalam darah mungkin berperan dalam pengerasan arteri Anda," jelas WebMD.

Badan amal kolesterol Heart UK mengkonfirmasi: "Tingkat trigliserida tinggi diketahui berkontribusi pada risiko kita terkena penyakit jantung dan peredaran darah."

Indikasi lain yang potensial dari penyakit jantung dapat dilihat pada kuku Anda.

Jika Anda belum pernah membenturkan atau membenturkan jari Anda baru-baru ini, tetapi ada bintik hitam di bawah kuku, itu bisa menjadi tanda peringatan masalah jantung.

"Titik-titik kecil darah yang terperangkap di bawah kuku Anda bisa menunjukkan infeksi pada lapisan jantung atau katup Anda, yang disebut endokarditis," kata WebMD.

The British Heart Foundation (BHF) menjelaskan bahwa endokarditis adalah kondisi ketika lapisan dalam bilik dan katup jantung terinfeksi. Hal ini terjadi ketika bakteri atau jamur memasuki aliran darah, menempel pada area jantung yang sudah rusak. 

Endokarditis lebih lanjut dapat merusak jantung dan dapat mengancam jiwa. Tanda-tanda peringatan lain dari endokarditis meliputi gejala seperti flu, penurunan berat badan tiba-tiba, kulit pucat, sakit otot dan sendi, hingga jantung seakan bergumam.

WebMD menambahkan bahwa warna jari menjadi biru atau abu-abu juga bisa menjadi indikasi masalah dengan jantung.

Perubahan warna seperti itu bisa jadi akibat buruknya sirkulasi darah yang kaya oksigen. Itu bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah kita yang tersumbat.

"Pola berenda, berbintik-bintik, ungu muncul ketika potongan-potongan plak kolesterol yang terbentuk pecah, lalu tersangkut di pembuluh darah kecil," catat WebMD.

Menurut situs kesehatan ini, bercak berdarah tepat di bawah kulit di bagian dalam tangan juga bisa terjadi ketika menderita endokarditis.

Nah, untuk mengurangi risiko jantung koroner, The Heart Foundation menyarankan untuk menghindari rokok dan asapnya, diet tinggi lemak jenuh dan gula, dan rajin berolahraga ya, Genhype

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Simak Cara Menjaga Saluran Pencernaan Bayi agar Tak Mudah Sakit

BERIKUTNYA

Ini Alasan Lukisan Mona Lisa Tiruan Bisa Terjual Hingga Puluhan Miliar?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: