Ingin Gunakan Jasa Branding Consultant? Simak Dulu Hal Ini
03 September 2021 |
22:05 WIB
Pengembangan branding bagi sebuah brand saat ini menjadi suatu keniscayaan jika ingin berkembang dan merebut hati konsumen. Terlebih dengan adanya branding, sebuah produk akan terlepas dari perang harga, lantaran konsumen telah mempercayai produk tersebut, dan bukan hanya sekadar membeli karena harganya murah.
Nah, salah satu pihak yang berperan cukup besar dalam pengembangan branding adalah konsultan brand. Egghead Branding Consultant merupakan salah satu konsultan brand yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun sejak pertama kali didirikan pada 2010 lalu.
Kenneth, Co-Founder dan CEO Egghead Branding Consultant mengatakan hingga kini pihaknya sudah melayani ratusan klien dari berbagai bidang dan industri.
Beberapa di antaranya seperti PT Wijaya Karya, Astra Life, Hongkong Land, Lawson, Indofood, Imperial Group, Boga Group, Lippo Group, Kulo Group, Sour Sally Group, Pandaloka, Passion Prive, Noesa, dan lain sebagainya.
Namun, diakui olehnya dalam satu tahun terakhir ini, klien yang paling banyak menggunakan jasanya adalah perusahaan yang bergerak di industri kecantikan.
“Dari tahun ke tahun klien yang datang ke kita dari industri yang berbeda-beda, ada kalanya F&B lagi booming, tapi untuk beberapa waktu terakhir ini paling banyak klien dari industri kecantikan,” tuturnya.
Terkait harga, Kenneth mengaku tidak bisa memberikan harga yang sama untuk semua brand karena sangat bergantung pada kebutuhan dan problem yang ingin dipecahkan.
Misalnya ketika ingin membuat packaging, ada perusahaan yang harus membayar Rp500juta tetapi ada juga yang hanya Rp10 juta, prosesnya pun ada yang hanya seminggu ada pula yang sampai 4 atau 5 tahun.
“Hanya saja kami menyarankan klien yang ingin menggunakan jasa brand konsultan setidaknya memiliki modal di atas Rp300 juta sehingga harganya bisa masuk, karena jika modalnya di bawah itu lebih baik ikut kelas branding akan diajarkan dari basic sampai ongoing, sehingga uangnya bisa dipakai untuk mengembangkan produk dan marketing,” terangnya.
Selain Egghead ada pula Zem Inovasi Digital yang didirikan oleh Soegimitro. Perusahaan ini terbilang cukup sukses dalam mengembangkan branding kliennya hingga mampu mendongkrak penghasilan berkali lipat.
Misalnya saja ketika dia pernah memiliki klien pelaku usaha dessert rumahan yang bisanya hanya menjual 5 hingga 7 gelas sehari, lalu setelah dibuatkan brand mulai dari nama, logo, maskot, packaging, cara komunikasi, dan lain sebagainya saat ini sudah sukses menjadi pengusaha kuliner dengan omzet hingga milyaran per bulan.
“Dalam waktu cepat saya biasanya sudah bisa menjelaskan juga analisa saya tentang brand mereka dari media sosial nya saat itu juga, dan kemudian kita saling berbincang dan langsung bicarakan harga juga,” tuturnya.
Adapun untuk biaya konsultasi masing-masing brand sangat berbeda. Soegimitro sendiri membagi dalam beberapa harga, jika konsultasi 3 jam akan di-charge 5 juta. Pada saat itu juga akan dipelajari secara cepat apa yang sudah mereka lakukan dan apa apa yang harus dibenahi, termasuk media sosial dan kontennya harus seperti apa.
“Jika nanti klien butuh desain tambahan maka akan beda lagi hitungannya. Namun kalau kontraknya minta ditangani dari pembenahan desain branding hingga strategi marketing, termasuk media sosial, rata-rata harganya sekitar Rp20 juta per bulan, Rp50 juta per bulan bahkan bisa di atas Rp100 juta per bulan dengan kontrak 6 bulan hingga 1 tahun. Bahkan ada beberapa yang menambahkan bonus fee jika penjualan mencapai target,” ujarnya.
Harga yang terbilang cukup tinggi tersebut disebut sebanding dengan hasil yang didapatkan. Misalnya saja ketika dia me-rebranding properti yang selama 4 tahun tidak bisa menjual unit gedungnya padahal sudah menggunakan berbagai konsultan termasuk dari luar negeri.
“Dalam 3 bulan berhasil menjual separuh gedung, setelah saya mengubah fungsi dari gedung apartemen mewah menjadi office tower mewah. Lalu di-launching ulang dengan nama dan konsep berbeda, dalam 3 bulan omzet di atas Rp200 miliar, dan karena saya mencapai target masih ada bonus lagi,” jelasnya.
Dia mengatakan bahwa saat seorang klien ingin menggunakan jasa konsultan branding, dia harus benar-benar serius menjalankan bisnisnya. Sebab, kunci keberhasilan sebuah brand juga dilihat dari siapa CEO-nya atau orang yang benar-benar menjiwai dalam menjalankan bisnisnya.
Editor: Avicenna
Nah, salah satu pihak yang berperan cukup besar dalam pengembangan branding adalah konsultan brand. Egghead Branding Consultant merupakan salah satu konsultan brand yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun sejak pertama kali didirikan pada 2010 lalu.
Kenneth, Co-Founder dan CEO Egghead Branding Consultant mengatakan hingga kini pihaknya sudah melayani ratusan klien dari berbagai bidang dan industri.
Beberapa di antaranya seperti PT Wijaya Karya, Astra Life, Hongkong Land, Lawson, Indofood, Imperial Group, Boga Group, Lippo Group, Kulo Group, Sour Sally Group, Pandaloka, Passion Prive, Noesa, dan lain sebagainya.
Namun, diakui olehnya dalam satu tahun terakhir ini, klien yang paling banyak menggunakan jasanya adalah perusahaan yang bergerak di industri kecantikan.
“Dari tahun ke tahun klien yang datang ke kita dari industri yang berbeda-beda, ada kalanya F&B lagi booming, tapi untuk beberapa waktu terakhir ini paling banyak klien dari industri kecantikan,” tuturnya.
Terkait harga, Kenneth mengaku tidak bisa memberikan harga yang sama untuk semua brand karena sangat bergantung pada kebutuhan dan problem yang ingin dipecahkan.
Misalnya ketika ingin membuat packaging, ada perusahaan yang harus membayar Rp500juta tetapi ada juga yang hanya Rp10 juta, prosesnya pun ada yang hanya seminggu ada pula yang sampai 4 atau 5 tahun.
“Hanya saja kami menyarankan klien yang ingin menggunakan jasa brand konsultan setidaknya memiliki modal di atas Rp300 juta sehingga harganya bisa masuk, karena jika modalnya di bawah itu lebih baik ikut kelas branding akan diajarkan dari basic sampai ongoing, sehingga uangnya bisa dipakai untuk mengembangkan produk dan marketing,” terangnya.
Selain Egghead ada pula Zem Inovasi Digital yang didirikan oleh Soegimitro. Perusahaan ini terbilang cukup sukses dalam mengembangkan branding kliennya hingga mampu mendongkrak penghasilan berkali lipat.
Misalnya saja ketika dia pernah memiliki klien pelaku usaha dessert rumahan yang bisanya hanya menjual 5 hingga 7 gelas sehari, lalu setelah dibuatkan brand mulai dari nama, logo, maskot, packaging, cara komunikasi, dan lain sebagainya saat ini sudah sukses menjadi pengusaha kuliner dengan omzet hingga milyaran per bulan.
“Dalam waktu cepat saya biasanya sudah bisa menjelaskan juga analisa saya tentang brand mereka dari media sosial nya saat itu juga, dan kemudian kita saling berbincang dan langsung bicarakan harga juga,” tuturnya.
Adapun untuk biaya konsultasi masing-masing brand sangat berbeda. Soegimitro sendiri membagi dalam beberapa harga, jika konsultasi 3 jam akan di-charge 5 juta. Pada saat itu juga akan dipelajari secara cepat apa yang sudah mereka lakukan dan apa apa yang harus dibenahi, termasuk media sosial dan kontennya harus seperti apa.
“Jika nanti klien butuh desain tambahan maka akan beda lagi hitungannya. Namun kalau kontraknya minta ditangani dari pembenahan desain branding hingga strategi marketing, termasuk media sosial, rata-rata harganya sekitar Rp20 juta per bulan, Rp50 juta per bulan bahkan bisa di atas Rp100 juta per bulan dengan kontrak 6 bulan hingga 1 tahun. Bahkan ada beberapa yang menambahkan bonus fee jika penjualan mencapai target,” ujarnya.
Harga yang terbilang cukup tinggi tersebut disebut sebanding dengan hasil yang didapatkan. Misalnya saja ketika dia me-rebranding properti yang selama 4 tahun tidak bisa menjual unit gedungnya padahal sudah menggunakan berbagai konsultan termasuk dari luar negeri.
“Dalam 3 bulan berhasil menjual separuh gedung, setelah saya mengubah fungsi dari gedung apartemen mewah menjadi office tower mewah. Lalu di-launching ulang dengan nama dan konsep berbeda, dalam 3 bulan omzet di atas Rp200 miliar, dan karena saya mencapai target masih ada bonus lagi,” jelasnya.
Dia mengatakan bahwa saat seorang klien ingin menggunakan jasa konsultan branding, dia harus benar-benar serius menjalankan bisnisnya. Sebab, kunci keberhasilan sebuah brand juga dilihat dari siapa CEO-nya atau orang yang benar-benar menjiwai dalam menjalankan bisnisnya.
Editor: Avicenna
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.