Jam tangan Casio F-91W (dok: Casio International)

Tahan Banting, Murah, Jadi Andalan Teroris, Ini Dia Casio F-91W

07 October 2021   |   15:26 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang sedang mencari jam tangan dengan harga miring untuk menemani aktivitas sehari-hari, jam tangan legendaris ini mungkin layak dijadikan pilihan. Walaupun harganya terbilang murah dan terlihat begitu sederhana, kemampuan dan daya tahannya tak boleh diragukan.

Jam tangan yang dimaksud adalah Casio F-91W. Jam tangan digital ini merupakan salah satu jam tangan legendaris yang sudah diproduksi oleh Casio lebih dari 30 tahun lalu. Hingga saat ini, jam tersebut masih diproduksi dan dikembangkan dalam beberapa varian warna selain warna hitam atau satu-satunya warna yang tersedia saat jam tangan ini diluncurkan.

 

a

Casio F-91 versi terbaru dengan berbagai pilihan warna (dok: JoyeriaRey.com)

Di situs resmi Casio Indonesia, jam tangan ini dijual dengan harga Rp299.000, akan tetapi di toko-toko jam, baik toko daring maupun toko jam konvensional jam tangan ini bisa kalian dapatkan dengan harga kurang dari Rp200.000. Kebanyakan toko menjual jam ini di rentang harga Rp150.000-Rp200.000.

Fitur yang dihadirkan oleh Casio F-91W sangatlah sederhana untuk sebuah jam tangan digital. Selain layar LCD monokrom, jam tangan ini dilengkapi dengan tiga tombol yang dapat digunakan untuk mengatur fungsi jam, stopwatch, dan kalender.  Bodi berserta tali atau strap-nya dibuat dari resin, sementara bagian belakang dan tombol-tombolnya terbuat dari baja nirkarat atau stainless steel.

Casio F-91W dengan ukurannya terbilang kompak, diameternya hanya 33mm dengan ketebalan 9,5 mm. Sementara itu bobotnya tak lebih dari 40 gram, ketika digunakan serasa seperti tidak menggunakan jam tangan atau seperti menggunakan gelang. Tentu saja, jam tangan ini sangat nyaman digunakan, khususnya saat berolahraga.
 


Baterai bertipe CR2016 yang disematkan di jam tangan ini juga begitu luar biasa, diklaim mampu bertahan sampai dengan tujuh tahun pemakaian. Namun faktanya, jam tangan serupa yang dipakai oleh penulis pada usianya yang sudah melebihi delapan tahun belum menunjukkan tanda-tanda baterai melemah atau minta diganti.

Harga baterainya juga sangat murah, di toko-toko jam bisa kalian dapatkan dengan harga tak lebih dari segelas kopi susu kekinian. Baterai CR2016 dijual dengan harga belasan ribu dan bisa kalian ganti sendiri baterai tersebut hanya bermodalkan obeng plus berukuran kecil untuk membuka bagian belakang jamnya.

Bicara mengenai ketahanannya, jam ini diklaim hanya tahan air dalam penggunaan sehari-hari, seperti hujan atau tersiram air. Namun, lagi-lagi faktanya kemampuan jam tangan ini melampaui klaim yang disebut oleh pembuatnya.

Beberapa kali penulis mengajak jam tangan ini untuk berenang di kolam renang berkedalaman dua meter dan tidak muncul masalah apapun. Demikian halnya ketika jam ini diajak berenang di pantai atau terendam air laut.

Casio F-91 W menjadi legenda jam tangan tidak hanya karena daya tahannya, tercatat sejumlah tokoh dunia pernah memakainya, termasuk mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di masa mudanya. Selain itu, pentolan Al-Qaeda Osama Bin Laden juga pernah tertangkap kamera menggunakan jam tangan ini.

Potret Obama muda dengan Casio F-91W (dok: Reddit)

Potret Obama muda dengan Casio F-91W (dok: Reddit)

Potret Obama muda dengan Casio F91-W (dok: Reddit)

Potret Obama muda dengan Casio F91-W (dok: Reddit)

 

a

Potret Osama Bin Laden dengan Casio F-91W (dok: Reddit)

Casio F91-W memang digemari oleh kelompok teroris atau kelompok bersenjata, selain harganya murah dan daya tahannya sudah teruji, jam tangan ini bisa mereka sulap sebagai detonator atau pemicu ledakan untuk bom rakitan.

Sebuah bom rakitan mematikan bisa dibuat hanya dengan bermodalkan Casio F-91W, papan sirkuit, baterai 9 volt , dan bahan peledak yang dirangkaikan. Salah satu kasus terorisme terkenal yang melibatkan jam tangan tersebut adalah insiden ledakan di pesawat Philippine Airlines nomor penerbangan 434 pada 1994.

Ketika itu, teroris Ramzi Yousef, meledakkan bom rakitan di pesawat dari Cebu, Filipina, menuju Tokyo, Jepang. Beruntung ledakan tidak mengakibatkan pesawat rusak. Dalam penyelidikan diketahui dia membuat bom rakitan dengan detonator jam Casio F-91W yang dia kenakan ketika di pesawat.

Akibat reputasinya sebagai jam tangan teroris, di beberapa forum diskusi daring maupun media sosial disebutkan bahwa pemakai Casio F-91W kerap kali mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan atau pemeriksaan khusus oleh petugas keamanan di Bandara di Amerika Serikat.

Tentu saja hal ini terdengar aneh karena memakai sebuah barang yang kerap dipakai oleh pelaku kejahatan bukan berarti pemakainya adalah pelaku kejahatan juga.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Penuh Petualangan di Amazon, Ini Sinopsis Film Disney 'Jungle Cruise'

BERIKUTNYA

Rafi Sudirman Curhat Soal Cinta di Single Baru berjudul Collide

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: