Ilustrasi nasi putih. (Sumber Gambar : Pille R. Priske/Unsplash)

5 Cara Aman Makan Nasi Putih Ketika Diet

02 September 2021   |   08:42 WIB

Nasi merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia dan Asia, di mana nasi merupakan makanan yang tidak bisa lepas dari rutinitas sehari-hari. Inilah yang membuat nasi, terutama nasi putih, sulit dilepaskan di waktu diet.

Akan tetapi enggak perlu khawatir, Genhype yang sedang diet sebenarnya tetap bisa mengonsumsi nasi putih meski ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti porsi dan olahannya. Yuk cek tips ini!

1. Perhatikan bentuk dan pengolahannya
 

Ilustrasi nasi putih. (Dok. Mikko O dari Unsplash)

Ilustrasi nasi putih. (Dok. Mikko O dari Unsplash)

Bentuk dan pengolahan nasi memiliki pengaruh terhadap jumlah kalori. Nasi yang telah diolah menjadi makanan baru seperti nasi goreng, berisiko memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi, sehingga Genhype yang sedang diet penurunan berat badan disarankan untuk mengonsumsi nasi putih biasa yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

Selain itu, pengolahan nasi saat proses pemasakan tidak memasukkan minyak di dalamnya dan menggunakan air biasa sebagai cairan utama untuk memasak nasi.

2. Pertimbangkan porsi yang disajikan
 

Ilustrasi nasi putih. (Dok. Marisa Harris dari Unsplash)

Ilustrasi nasi putih. (Dok. Marisa Harris dari Unsplash)

Porsi penyajian merupakan hal yang umum dalam proses diet penurunan berat badan sebagai upaya pengendalian jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mengingat nasi merupakan karbohidrat yang sangat disarankan untuk dihindari, maka konsumsi nasi harus dilakukan dengan jumlah terbatas guna mencegah adanya kenaikan berat badan saat diet.

3. Jangan tambahkan lauk yang mengandung karbohidrat
 

Ilustrasi nasi putih dan variasi lauk. (Dok. Avel Chuklanov dari Unsplash)

Ilustrasi nasi putih dan variasi lauk. (Dok. Avel Chuklanov dari Unsplash)

Beberapa lauk yang familiar bagi orang Indonesia seperti perkedel, bihun, mie goreng, gorengan,dan lauk yang mengandung karbohidrat dan lemak yang bisa menambah kalori saat mengonsumsinya bersama nasi.

4. Ganti pilihan lauk
 

Ilustrasi nasi putih dan variasi lauk. (Dok. Markus Winkler dari Unsplash)

Ilustrasi nasi putih dan variasi lauk. (Dok. Markus Winkler dari Unsplash)

Dengan mengombinasikan nasi putih dengan sayuran dan daging tanpa lemak, Genhype bisa mengurangi kandungan karbohidrat dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Lauk ini bisa diolah dengan cara-cara yang tidak memerlukan banyak lemak dan karbohidrat seperti menumis, merebus, memanggang, atau mengukusnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kebocoran Data eHAC Ternyata Dilaporkan sejak Juli

BERIKUTNYA

Hanya dengan 2 Bahan, Yuk Coba Resep Cream Cheese yang Mudah & Enak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: