Ilustrasi cream cheese sebagai makanan pendamping. (Sumber gambar: Anita Peeples/Unsplash)

Hanya dengan 2 Bahan, Yuk Coba Resep Cream Cheese yang Mudah & Enak

02 September 2021   |   10:10 WIB

Cream cheese merupakan salah satu bahan makanan yang biasa digunakan dalam beberapa hidangan penutup seperti cheesecake dan cookies, maupun sebagai saus pendamping untuk beberapa makanan seperti roti bagel, biskuit asin, dan salad. Umum ditemukan di kawasan Amerika Serikat dan Kanada, cream cheese memiliki tekstur lembut seperti krim dengan rasa keju yang sedang.

Harganya yang mahal dan penggunaannya yang lebih umum di hidangan manis, membuat cream cheese menjadi salah satu bahan utama yang tidak sering digunakan masyarakat Indonesia, meski cream cheese bisa menjadi pengganti dalam beberapa hidangan yang menggunakan bahan serupa dengan cream cheese seperti mascarpone.

Untuk itu, bagi Genhype yang tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli cream cheese, yuk cobain resep cream cheese homemade ala koki profesional asal Amerika Serikat, Gemma Stafford. 


Bahan-bahan: (untuk 1 cup)

1 liter susu full fat atau whole milk (pastikan susu cair memiliki kandungan lemak yang tinggi)
2-3 sdm air perasan lemon (bisa digantikan dengan jeruk nipis atau cuka putih)
1/4 sdt garam untuk perasa


Alat-alat:

Panci
Spatula
Mangkuk besar
Cheesecloth atau kain untuk membuat keju
Saringan/ayakan


Cara membuat:

1. Dalam panci, panaskan susu cair dengan api sedang ke besar sampai mendidih di bagian pinggir susu. Pastikan untuk selalu mengaduknya agar tidak menimbulkan kerak atau gumpalan di bagian bawah panci.

2. Setelah mendidih, kecilkan api sampai berukuran sedang. Secara bertahap setiap satu sendok makan, tuang air perasan jeruk setiap satu menit dan aduk terus.

3. Masak campuran susu cair dan air perasan jeruk sampai berbentuk gumpalan atau curdles. Aduk terus hingga gumpalan dan cairan berwarna kuning kehijauan terpisah. Setelah itu, matikan api.

4. Siapkan mangkuk besar, ayakan, dan cheesecloth lalu tuang larutan dalam panci ke dalam mangkuk. Tiriskan dan dinginkan selama 15 menit.

5. Pindahkan gumpalan yang ada di dalam cheesecloth ke dalam food processor atau blender. Tambahkan garam dan blender selama 3-4 menit atau sampai gumpalan cream cheese menjadi lembut.

6. Icip cream cheese yang sudah lembut dan tambahkan garam atau perasa lain seperti rempah-rempah, bawang putih jika merasa kurang. Hal ini bisa dilewati jika Genhype merasa cream cheese sudah pas.
 
7. Simpan di dalam kontainer dan masukkan ke dalam kulkas. Cream cheese ini idealnya bisa digunakan selama 7 hari dan maksimal selama 2 minggu bila berada di dalam lemari es.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Aman Makan Nasi Putih Ketika Diet

BERIKUTNYA

Google Chrome Siapkan Fitur Untuk Memperlancar Main Game Berbasis Web

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: