Ilustrasi pakaian. (Dok. Dan Gold dari Unsplash)

5 Produk Ini Bisa Bantu Jaga Pakaian agar Lebih Tahan Lama

01 September 2021   |   09:30 WIB

Masa pandemi Covid-19 ini sebagian besar kita tidak banyak membeli pakaian baru, lantaran semua harus mengencangkan ikat pinggang. Jadi, sangat penting bagi Genhype untuk bisa merawat pakaian dengan cara yang lebih baik biar pakaian yang ada  bisa tahan lama dan tidak cepat kusam.

Untuk itu, yuk coba manfaatkan lima produk ini yang bisa membuat pakaian lebih tahan lama!

1. Kondisioner atau pelembut pakaian
 

Ilustrasi pelembut pakaian. (Dok. The Creative Exchange dari Unsplash)

Ilustrasi pelembut pakaian. (Dok. The Creative Exchange dari Unsplash)

Salah satu produk umum yang digunakan saat mencuci pakaian memiliki fungsi untuk melembutkana pakaian dengan mengurangi tensi antara serat pakaian yang membuat berkurangnya risiko kerusakan pada pakaian serta menjaga pakaian agar lebih tahan lama.

Meski penggunaanya bisa diaplikasikan pada semua pakaian dengan berbagai jenis bahan, hindari penggunaan pelembut pada pakaian olahraga yang memiliki lapisan khusus yang bisa rusak karena bahannya mengalami kelihatan ketahanan lembapnya.

2. Kapur barus berbahan alami
Selama ini, Kapur barus dipilih sebagai opsi utama untuk mencegah adanya serangga yang merusak pakaian, tapi Kapur barus bisa meninggalkan bau yang tajam dan bisa berbahaya bagi kesehatan jika dihirup dalam tingkatan tertentu.

Jika ingin mencari Kapur barus alami, coba gunakan beberapa bahan alami seperti bunga lavender, kayu manis, anggrek, dan kencur.

3. Setrika uap
 

Ilustrasi setrika uap. (Dok. Skylar Kang dari Pexels)

Ilustrasi setrika uap. (Dok. Skylar Kang dari Pexels)

Umumnya alat ini bisa ditemui dalam butik, gerai pakaian besar seperti department store, hingga di toko layanan laundry, alat ini bisa membantu merawat pakaian dengan bahan apapun terutama sutera.

Kelebihan setrika uap adalah minimnya risiko terbakar akibat panas, mengurangi lipatan pada pakaian, dan mengurangi bakteri pada pakaian. Akan tetapi alat ini sulit digunakan untuk menekan lipatan atau menyetrika bagian kerah, tidak seperti setrika konvensional.

4. Tas untuk mencuci
Penggunaan tas untuk mencuci mungkin kurang populer, tapi jangan salah bahwa tas ini bisa membantu menjaga bentuk beberapa pakaian yang seharusnya dicuci tangan seperti bra dan bralette yang berpotensi berubah bentuk jika dicuci di mesin cuci.

Selain itu, tas ini juga bermanfaat ketika melakukan pencucian pakaian yang tercampur dalam satu kali sesi mencuci di mesin cuci.

5. Sabun khusus
 

Ilustrasi sabun khusus. (Dok. Mariana Rascão dari Unsplash)

Ilustrasi sabun khusus. (Dok. Mariana Rascão dari Unsplash)

Tahu enggak kalau ada beberapa bahan pakaian yang memiliki sabun sendiri? Sebut saja bahan batik yang memiliki sabun lerak yang bertujuan untuk mengurangi kerusakan dan menjaga bahan batik, lingerie wash yang digunakan untuk mencuci pakaian dalam, dan deterjen pakaian bayi yang lebih ramah untuk kulit si kecil.

Penggunaan sabun ini bisa menjaga pakaian lebih tahan lama karena formulanya yang berbeda dibanding dengan sabun biasa.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuju eks GFRIEND Gabung dengan Agensi KONNECT Entertainment

BERIKUTNYA

Main di Serial Hometown ChaChaCha, Kim Seon-ho pernah Bintangi 5 Drakor Ini Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: