sumber gambar ilustrasi : oleh cottonbro dari Pexels

Terra Drone Indonesia dan Binus Kembangkan Kecerdasan Buatan

30 August 2021   |   21:24 WIB

PT Terra Drone Indonesia dan Program Studi Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara (Binus) Kampus Bandung bekerja sama melakukan penelitian pengembangan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Secara khusus, mereka berencana mengembangkan computer vision untuk aplikasi pengawasan keamanan menggunakan drone.

Pengembangan kecerdasan buatan untuk aplikasi drone ini dilakukan agar dapat mengidentifikasi dan merekam objek-objek yang tertangkap video udara yang diambil dari drone, khususnya dalam konteks tujuan keamanan.

Nah, drone yang digunakan adalah drone C-Astral Bramor C4EYE. Jenis ini dipilih karena data yang diperoleh adalah data di Indonesia, sehingga model AI yang dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan sesuai geografis Indonesia.

Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung, sejak akhir Juli hingga akhir Oktober 2021, dan rencananya tahap pertama akan diluncurkan pada awal November 2021.

CEO Terra Drone Indonesia, Michael Wisnu Wardhana, mengungkapkan nantinya model AI yang dikembangkan dapat digunakan oleh tim Terra Drone Indonesia ataupun pelanggan untuk mengidentifikasi dan melakukan kategorisasi terhadap objek-objek yang terdeteksi oleh drone.

Hasil identifikasi dan ketegorisasi tersebut kemudian ditelaah lebih lanjut untuk mengetahui apakah objek tersebut memberikan ancaman keamanan atau tidak. Model AI tersebut juga akan membantu mengurangi risiko terjadinya kesalahan dan beban kerja dari operator selama melakukan penerbangan drone.

“Hasil pengembangan ini nantinya dapat digunakan oleh pelanggan Terra Drone Indonesia di berbagai sektor industri yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan drone dengan tujuan atau keperluan pengawasan keamanan,” katanya.

Dia menambahkan, perusahaan sangat menghargai kerja sama yang dimiliki dengan harapan dapat menjembatani kampus sebagai instansi akademik dengan industri, sehingga dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Kedepannya, masih banyak hal yang dapat dikembangkan dari AI dan drone pengawasan keamanan ini seperti pengolahan secara real-time and on-board, penyesuaian jalur terbang berdasarkan tren temuan, dan lain-lain.
 
SEBELUMNYA

Tips Memilih Pelembap Wajah yang Cocok untuk Kulit Pria

BERIKUTNYA

BTOB 4U Bawakan Konsep Musikal dalam Video Klip Lagu Outsider

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: