Tips bisnis planning/istimewa

Mengelola Keuangan, Ini Pesan Simple Ivan Gunawan

29 August 2021   |   15:46 WIB

Mengelola pemasukan dan pengeluaran harus benar agar kita tidak kesulitan di kemudian hari ya Genhype. Jangan sampai uang yang kita dapatkan sudah habis sebelum tanggal gajian. Kita harus mampu mengatur uang tersebut agar benar-benar bermanfaat dan terbuang untuk hal-hal yang kurang perlu.

Desainer Ivan Gunawan dalam acara daring bertajuk 4Better Cuan mengungkapkan yang paling sederhana dalam mengatur keuangan adalah bagaimana mengatur pengeluaran yang lebih sedikit dari pada pemasukan. 

"Karena sering sekali terjadi, kita masuk uang. Kebutuhan kita banyak sekali. [Uang] Habis. "Ibarat kata, kita dapat uang tanggal 1, belum sampai tanggal 30, tanggal 5 uang enggak cukup," tambahnya. 

Kondisi tersebut membuat akhirnya orang melakukan sejumlah tindakan seperti berutang secara berlebihan atau malah korupsi dan sebagainya. Jadi, Ivan mengatakan kita harus bisa berdiri di atas kaki kita sendiri. Apa pun yang hendak kita lakukan, kita harus melihat dan mengukur kemampuan diri kita sendiri. 

"Itu yang paling penting," katanya. 
 
Ivan Gunawan/instagram
Sebelumnya, Ivan mengungkapkan bahwa dia berani membuka usaha selama pandemi lantaran sadar uang yang ada di dalam rekeningnya tidak akan bertambah jika tidak diapa-apakan, dan malah terus berkurang. 

Selain itu, alasan lain dirinya membuka usaha selama pandemi Covid-19 juga karena merasa tertantang untuk membantu orang-orang yang terdampak pandemi.  Dengan membuka usaha, maka dia bisa merekrut orang-orang yang terdampak untuk bekerja.  "Selama pandemi mempunyai coffee shop, salon juga," katanya. 

Usaha yang dijalankan Ivan pada saat pandemi berjalan stabil ketika pemerintah memperbolehkan orang untuk keluar rumah dengan protokol kesehatan. 

Editor: MR Purboyo
SEBELUMNYA

Pandemi Covid-19, Ivan Gunawan Buka Sejumlah Usaha

BERIKUTNYA

Tips Mengolah Tempe Jadi Menu Fancy ala Chef Devina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: