Ivan Gunawan (sumber gambar: tangkapan layar)

Pandemi Covid-19, Ivan Gunawan Buka Sejumlah Usaha

29 August 2021   |   14:48 WIB

Kondisi pandemi tidak bisa dipungkiri membuat kondisi keuangan beberapa dari kita terganggu, meskipun ada juga yang masih aman. Jika banyak orang menahan diri untuk melakukan ekspansi, maka tidak dengan desainer Ivan Gunawan loh, Genhype. 

Dalam acara daring bertajuk 4Better Cuan, Ivan justru memiliki sejumlah usaha baru, seperti coffee shop dan salon. Sebelum pandemi, dia mulai menginvestasikan dana yang dimiliki ke sejumlah usaha, dan terus berjalan saat pandemi melanda. 

Ivan mengungkapkan bahwa keputusannya membuka usaha selama pandemi lantaran sadar uang yang ada di dalam rekeningnya tidak akan bertambah jika tidak diapa-apakan, dan malah terus berkurang. 

Selain itu, alasan lain dirinya membuka usaha selama pandemi Covid-19 juga karena merasa tertantang untuk membantu orang-orang yang terdampak pandemi.  Dengan membuka usaha, maka dia bisa merekrut orang-orang yang terdampak untuk bekerja.  "Selama pandemi mempunyai coffee shop, salon juga," katanya. 

Usaha yang dijalankan Ivan pada saat pandemi berjalan stabil ketika pemerintah memperbolehkan orang untuk keluar rumah dengan protokol kesehatan. 

Namun, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang berlangsung beberapa waktu lalu membuat usaha yang dia jalani kebanyakan tutup. Salon, contohnya, harus tutup selama satu bulan. 

Pandemi Covid-19 juga membuat Ivan peduli dengan lingkungannya.Ivan  pun juga membuat gerai vaksin loh Genhype. Dia memiliki keyakinan jika kekebalan kelompok tercipta, maka usaha-usaha dapat berjalan. Tidak hanya itu, baginya percuma memiliki investasi jika tidak memiliki kesehatan. 


Editor: Indyah Sutriningrum
 
SEBELUMNYA

Anda Pengguna VPN? Hindari Kesalahan Saat Memanfaatkannya

BERIKUTNYA

Mengelola Keuangan, Ini Pesan Simple Ivan Gunawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: