Desainer Ivan Gunawan (sumber gambar : Ivan Gunawan / instagram)

Ivan Gunawan Hadirkan Fesyen Bertema Kerajaan Saat Tampil di Front Row Paris

28 August 2023   |   18:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Desainer Ivan Gunawan akan unjuk gigi menampilkan koleksi terbarunya di kota Paris melalui Front Row Paris (FRP) 2023, di The Westin Vendome pada 2 September 2023. FRP merupakan program berkelanjutan untuk memperkuat pemasaran produk fashion Indonesia di pasar Eropa.

Koleksi yang ditampilkan memetik ide kreatif dari masa keemasan kerajaan Majapahit ketika dipimpin oleh sang Maharani, Tribhuawana Tunggadewi, ratu yang berhasil menaklukkan nusantara. Ivan menyerap masa kejayaan tersebut dan mentransformasikannya ke gaya hidup fashion modern saat ini.

Baca juga: 21 Desainer Fesyen Indonesia Siap Unjuk Gigi di Pasar Eropa

Wujud desain berupa rancangan gaun-gaun malam high fashion dengan karakter khas Ivan Gunawan, yaitu red carpet look, aura selebriti, glamor, dan sexy. Semua rancangan menggunakan satu warna, yaitu warna emas, kemudian dihiasi dengan ornamentasi kristal dan fringe kristal yang ditata dekoratif gemerlap.

Elemen pakaian ratu Majapahit seperti kemben dan stagen yang fit di badan diterjemahkan menjadi bustier maillot, atau terusan korset (bathing suit), yang saat ini semakin popular dan dikenakan oleh banyak diva musik hingga selebriti.

Bustier maillot dipadankan dengan gaun panjang fit bahan lace yang transparan, ada juga dengan cape dress transparan, lalu dengan pasangan celana palazzo dan blus berlengan gelembung puffy, kemudian dengan ruffle skirt bertingkat yang ditimpa lagi dengan korset. Bustier ini sendiri diciptakan untuk bisa saling mix and match dengan setiap elemen di dalam koleksi ini.

Semua rancangan berdesain timeless, menembus batas tren, sehingga akan mampu untuk tetap digunakan di masa-masa yang akan datang.

Di antara bahan-bahan lace yang digunakan, terdapat dua bahan dengan motif yang diciptakan sendiri oleh Ivan Gunawan, yaitu motif Kipas Renjana yang menggambarkan cinta kasih, gairah, dan rindu), berupa susunan kipas repetitive dengan ukuran yang gradual. Dan motif Pakis Suvarna atau emas, berupa sulur-sulur yang menjulur ke atas menggapai harapan indah.

“Setelah 20 tahun berkarya, ini pertama kalinya saya menciptakan motif sendiri,” ujar Ivan Gunawan.

Kemewahan koleksi Maharani ini juga muncul dari pilihan bahan-bahan yang digunakan oleh Ivan Gunawan. Pilihan kain yang digunakan di koleksi ini semuanya merupakan karya buatan tangan dan berhiaskan kristal, payet dan aplique dengan kualitas tertinggi, didesain khusus sesuai tema ‘runway’.

Kegemerlapan koleksi Mahari juga makin bersinar melalui hiasan jewellery dari Leciel, sebuah jenama perhiasan dari Indonesia yang terbiasa menciptakan customization perhiasan bersepuh white gold, rose gold, dan yellow gold.

Menyambut kolaborasi pertama Leciel dengan Ivan Gunawan ini, Leciel menghadirkan koleksi aksesori bertema Golden Parade, sebuah persembahan karya seni yang berdetail ornamen cantik dengan desain abstrak, lalu ber-finishing emas khas Leciel yang mewah.
Tiap-tiap aksesori dilengkapi dengan aksen batu alam asli, mutiara baroque dan rhinestone berwarna warni. Keistimewaan detail semakin kaya dengan sematan elemen-elemen fauna seperti kupu-kupu, capung dan singa.

Kupu-kupu melambangkan kebebasan berkarya, capung melambangkan ringan dan unik, lalu singa simbol keberanian dalam kokoh. Ketiga fauna ini mewakili nilai-nilai dan energi positive LECIEL untuk Golden Parade.

Tak hanya menampilkan karya terbaiknya melalui panggung fesyen show, Ivan Gunawan juga turut menyempurnakan tampilan para model dari desainer-desainer Indonesia lain yang sama-sama tampil di Paris melalui IVAN GUNAWAN COSMETICS sebagai Official Makeup Partner Front Row Paris 2023.

Selain Ivan Gunawan, aka nada 12 desainer lainnya yang siap tampil di panggung Front Row Paris yakni DedenSiswanto, Hikmat Fashion, Oleanderbyribie, Rose.Ma.Lina X Sofie, Michelle Liu, BBPPMPV BISPAR X SMKN 4 Balikpapan, Lidia Hadiwinoto, Chatrine Liu, Shannelom Yuma, Binus International Fashion Design, Sofie, serta Ali Charisma.

Baca juga: Adu Gaya 5 Selebritas di Paris Haute Couture Fashion Week 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Penikmat Kopi Wajib Tahu Perbedaan Cappuccino dan Macchiato

BERIKUTNYA

Menelisik Perilaku Kaum Urban dalam Pameran Perangai Karya Perupa Ruth Marbun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: