VPN Cloudflare WARP

Anda Pengguna VPN? Hindari Kesalahan Saat Memanfaatkannya

29 August 2021   |   14:22 WIB

Tidak Tiap Waktu
Cara terbaik untuk menggunakan VPN adalah menggunakannya setiap saat. Anda mungkin tergoda untuk hanya mengaktifkan layanan ini pada saat-saat yang dianggap perlu, dan mematikannya di keadaan lain.

Misalnya, Anda hanya menggunakan VPN untuk mengakses konten layanan streaming video dari luar negeri. Atau, Anda mungkin hanya mengaktifkan VPN ketika menggunakan Wi-Fi publik dan gratis (seperti di kedai kopi).

Penggunaan VPN selektif ini cukup masuk akal, karena internet dengan VPN sering lebih lambat dibandingkan dengan koneksi tanpa VPN. Ini karena lalu lintas data harus melalui server penyedia VPN lebih dulu, yang mungkin lebih lambat dibandingkan koneksi langsung.
 

Proton VPN

Proton VPN



Namun kita bisa saja lupa mengaktifkan VPN pada saat menggunakan jaringan internet yang tidak aman.  Ini berarti kita terpapar risiko pencurian data. Karena itu, sebaiknya selalu aktifkan VPN.

Salah Memilih VPN
Bisa kita lihat ketika menggunakan VPN, kita menyerahkan keamanan data kepada penyedia jasa tersebut. Memilih penyedia layanan yang terpercaya sangat penting. Bagaimana bila penyedia VPN ternyata mencatat setiap koneksi yang kita lakukan?

Secara umum, kita sebaiknya menghindari penyedia VPN gratisan yang tidak jelas model bisnisnya. Untuk VPN berbayar, kita juga tetap harus teliti. Periksa jaminan privasi yang diberikan.

Selain itu, bila Anda menggunakan teknologi ini untuk mengakali pembatasan geografis, pastikan bahwa penyedia VPN tersebut benar-benar bisa digunakan untuk menikmati layanan online yang Anda inginkan.

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Berbagi Berkas Lebih Hemat dengan Network Attached Storage

BERIKUTNYA

Pandemi Covid-19, Ivan Gunawan Buka Sejumlah Usaha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: