Ilustrasi mengatasi overthinking (Sumber gambar: Riliv)

Sering Overthinking? Berikut 4 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

23 August 2021   |   11:25 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Apakah kalian termasuk orang yang berlebihan dalam memikirkan sesuatu? Apapun yang terjadi, baik hal sepele maupun hal penting, semuanya selalu kalian pikirkan secara terus-menerus. Jika kalian seperti ini, bisa jadi kalian adalah si overthinking!

Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, psikolog aplikasi Riliv, menjelaskan bahwa kebiasaan overthinking kerap diabaikan mereka yang melakukannya. Banyak di antara mereka bahkan tidak menyadari bahwa overthinking itu merupakan kebiasaan yang kurang baik. 

“Padahal, terlalu sering berpikir berlebihan terutama untuk hal sepele bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan, dan lama-kelamaan akan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi sulit tidur karena terus kepikiran,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Hypeabis pada Senin (23/8/2021).

Baca juga: Overthinking Bisa Ganggu Kesehatan hingga Turunkan Performa

Jika kalian merasa pikiran terlalu penuh dan hati tidak tenang karena terus-menerus overthinking, berikut ini terdapat empat cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa kalian coba.  


1. Berjalan kaki

Tahukah kalian kalau berjalan kaki selama 10 menit bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang? Saat kalian berjalan kaki, kalian akan fokus pada proses berjalan kaki, seperti kegiatan menghirup dan mengeluarkan napas, suara alam, dan pemandangan yang kalian lihat. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitar kalian.


2. Melakukan meditasi

Melakukan meditasi juga terbukti membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Apalagi buat kamu suka berpikiran negatif nih. Terdapat banyak jenis meditasi yang bisa GenHype coba, namun yang paling mudah dilakukan adalah meditasi pernapasan. Memang teknik pernapasan yang baik sangat berguna untuk kesehatan mental.

Tidak masalah berapa lama kalian bermeditasi. Cobalah saja dulu. Dua menit, lima menit, atau lebih—berapa pun jumlah waktu yang ingin GenHype dedikasikan untuk kesehatan sendiri.

Jika kalian bingung bagaimana cara bermeditasi yang baik dan benar terdapat sejumlah aplikasi yang bisa dijadikan instruktur virtual. Kalian cukup mengunduh aplikasi tersebut di ponsel kalian kemudian tinggal ikuti langkah-langkah yang ada di dalamnya


3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang santai, tenang, atau mendengarkan suara alam juga bisa membantu kalian merasa lebih tenang. Silakan pilih jenis musik yang sesuai dengan selera. Jangan mendengarkan musik yang galau atau mengandung unsur lirik yang sedih yang bisa membuat diri sendiri semakin kepikiran. 


4. Membaca buku

Membaca buku juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran yang sedang gelisah. Namun, kalian perlu memperhatikan jenis bacaan yang akan dibaca. Kalau kalian memilih membaca berita atau informasi yang cukup “berat” hingga membuat kalian berpikir secara mendalam dan bisa memicu perasaan cemas dan sedih, maka membaca malah membuat kalian semakin overthinking.

Pilihlah bahan bacaan yang ringan dan menyenangkan seperti membaca komik, novel, dan buku bacaan lain yang sesuai selera kalian.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Vakum 2 Tahun, Jessica eks Girls' Generation Rilis Lagu Soundtrack Baru

BERIKUTNYA

Hati-hati, Serangan Mobile Malware di Asia Tenggara Meningkat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: