Ilustrasi meditasi. (Dok. Sage Friedman dari Unsplash)

Ingin Redakan Overthinking? Ini 9 Tips untuk Lakukan Meditasi

15 June 2021   |   18:44 WIB

Guys, dengan kalutnya pikiran dan banyak hal yang harus dipikirkan, meditasi bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri sekaligus meredakan overthinking. Meski ada saat yang tidak memungkinkan, tetapi meditasi tetap bisa dilakukan sekalipun dalam keadaan banyak pikiran.

Penasaran dengan tips-tipsnya? Simak rangkuman dari Healthline di bawah ini!

1. Buat jadwal rutin
Layaknya kegiatan-kegiatan pada umumnya, membuat jadwal rutin untuk meditasi merupakan hal yang juga perlu dilakukan. Coba tentukan waktu yang bisa diluangkan untuk melatih otak agar bisa lebih tenang.

Waktu yang ditentukan tidak perlu selalu sama, tapi minimal waktu yang sudah ditentukan bisa dijalankan dengan konsisten.

2. Buat ruang meditasi
Ruang meditasi penting untuk dibuat agar tidak dibebani pikiran akibat barang-barang di sekitar Genhype dan mempermudah Genhype untuk menyesuaikan diri dengan situasi meditasi.

Ruang yang disiapkan enggak harus besar, tapi setidaknya ada beberapa elemen pendukung yang bermanfaat seperti kursi yang dikhususkan secara fungsi dan desain, lilin aromaterapi, dan barang-barang lain yang mempermudah fokus.

Seiring dengan berjalannya waktu, meditasi bisa dilakukan di mana saja melalui kebiasaan dan latihan.

3. Lakukan bersama-sama
Meski aktivitas meditasi biasanya dilakukan sendiri-sendiri, tapi biasanya kehadiran orang lain bisa memicu adanya energi kolektif yang bisa meningkatkan pengalaman meditasi dengan membantu mengurangi pemikiran yang berlebihan dan menghadirkan keberadaan bahwa Genhype tidak sendirian.

4. Lakukan meditasi secara virtual
Meditasi virtual berarti melibatkan teknologi dalam sesi meditasi, di mana penggunaan teknologi virtual reality bisa membantu meningkatkan fokus yang disertai dengan dukungan video Youtube yang menampilkan pemandangan alam.

5. Meditasi dengan video Youtube
Menggunakan video panduan bisa menjadi salah satu alternatif dalam meditasi. Dengan mendengarkan instruksi dari pemandu, meditasi bisa bermanfaat dan lebih mudah dilakukan tanpa harus bingung dengan langkah-langkah atau tahapan apa saja yang harus dilakukan.

6. Lakukan yoga terlebih dahulu
Jangan salah, yoga dan meditasi punya keterkaitan di mana gerakan yoga bisa membantu mengkoordinasikan proses pernafasan sehingga memberikan efek bagi kemampuan fokus.

Ini juga berlaku untuk beberapa olahraga ringan lainnya seperti berjalan dan tai chi.

7. Mulai dengan pernafasan
Pernafasan yang dikendalikan menjadi kunci untuk proses meditasi yang berhasil. Bagian ini juga merupakan hal yang penting untuk menenangkan sistem syaraf dan mengurangi perasaan kecemasan.

8. Tambahkan musik
Musik pada dasarnya bisa membuat segalanya menjadi lebih baik, tak terkecuali meditasi. Sebab, musik bisa menjadi alat untuk meditasi yang membantu meningkatkan fokus sekaligus memberikan efek menenangkan.

9. Ingatkan diri bahwa pikiran yang berputar-putar adalah hal yang wajar
Saat meditasi, penting untuk menekankan bahwa pikiran yang berputar-putar adalah hal yang normal dan wajar untuk terjadi. Sehingga penting untuk tidak memaksa diri untuk bisa langsung fokus.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Pengembang Pokemon Go Garap Game Augmented Reality Transformers

BERIKUTNYA

Iqbaal & Aurora Bahas Persahabatan Karakternya di Ali & Ratu Ratu Queens

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: