Ikon Singapura. (Sumber gambar: Freepik/Joshua Ang)

5 Ide Kegiatan Seru Buat Newbie saat Trip ke Singapura

26 October 2024   |   08:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Singapura kerap menjadi destinasi bagi para pelancong Indonesia yang baru pertama kali berlibur ke luar negeri. Pasalnya, lokasi negara yang dijuluki negeri Singa ini tidak terlalu jauh, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit dari Jakarta, dan banyak pilihan transportasi serta kemudahan akomodasi.

Selain lokasinya yang berbatasan langsung dengan Indonesia, Singapura menawarkan pengalaman menjelajah yang menarik mulai dari kawasan budaya, keindahan alam, dan lanskap yang modern. Kuliner lokal khas yang disajikan pun cukup menarik untuk dicicipi. 

Baca juga: Eksplorasi Jeju, Eksotisme Pulau Vulkanik di Korea Selatan

Bagi pelancong pemula, berikut ide kegiatan yang bisa kamu coba ketika berlibur ke Singapura. Namun, jangan lupa lengkapi kesiapan dokumen, perhatikan waktu keberangkatan, rute perjalanan, hingga pemilihan moda transportasi dan akomodasi yang akan dipakai nanti ya.


1. Jelajah Budaya

Setiap sudut Singapura memiliki ragam budaya yang kental dan terjaga. Warga lokalnya bahkan bisa berbicara menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Ya, negara ini memiliki 4 bahasa resmi yang digunakan sehari-hari yaitu Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil.

Terdapat beberapa kawasan ramah turis yang berlokasi dan memiliki nuansa kental dengan kebudayaan tertentu.  Genhype yang tertarik dengan budaya peranakan, dapat mengunjungi kawasan Chinatown. Ada pula Haji Lane yang popular dengan suasana Timur Tengah, hingga Little India yang menjadi salah satu kawasan paling semarak di Singapura karena dipenuhi deretan kios makanan dan toko-toko.


2. Keindahan Alam & Lanskap Kota Modern

Singapura dihiasi dengan berbagai spesies pohon, bunga, serta taman hijau sehingga negara ini juga disebut sebagai Garden City. Bagi pecinta tumbuhan dan bunga-bunga, jangan terlewatkan untuk mengunjungi ke Gardens by the Bay. DI tempat ini, terdapat Flower Dome, rumah kaca terbesar di dunia yang berukuran 1,28 hektar dan dipenuhi beragam spesies tanaman serta bunga berwarna-warni.
 
Untuk mendapatkan pengalaman lebih menarik, berjalan sedikit keluar dari area Gardens by the Bay. Genhype akan melihat Dragonfly Lake dan Kingfisher Lake, yakni danau buatan dengan banyak pepohonan serta pemandangan lanskap kota Singapura yang megah.


3. Bermain di Universal Studio

Universal Studio Singapure atau yang biasa disingkat dengan USS menjadi taman hiburan milik Universal Studio pertama dan satu-satunya yang berlokasi di Asia Tenggara. Terdapat beragam wahana pemacu adrenalin, pertunjukan interaktif, dan berbagai atraksi menarik bertemakan film blockbuster dan serial televisi terkenal favorit keluarga. 

Untuk mengunjungi USS, mungkin Genhype akan membutuhkan waktu satu hari karena terdapat 6 zona dengan tema yang berbeda yang sayang untuk dilewatkan. Genhype bisa bermain di zona The Lost Worlds, Far-Far Away, Ancient Egypt, Hollywood, New York, atau Sci-Fi City. Pada 2025 USS akan membuka zona baru bertemakan Minion Land loh.


4. Cicipi Kuliner Lokal

Bagi pencinta kuliner, jangan lewatkan untuk mencicipi jajanan dan hidangan lokal Singapura. Pada sore ke malam hari, biasanya warga Singapura akan memenuhi pusat-pusat makanan yang disebut hawker centre

Beberapa pilihan hawker center yang menjadi favorit warga karena pilihannya yang beragam serta harganya yang terjangkau yaitu Maxwell Food Centre, Newton Food Centre, dan Lau Pa Sat. Jika Genhype mengunjungi hawker centre jangan lupa mencari dan mencoba makanan khas lokal seperti Tian Tian Chicken Rice dan kue Tapioka Xing Xing yang disajikan fresh setiap hari.


5. Menginap di Tempat Strategis

Hal lain yang tidak kalah penting ketika bepergian adalah pemilihan lokasi penginapan. Ada banyak tempat penginapan yang cocok untuk first-time traveler

Salah satunya The Standar Hotel Singapore. Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan UNESCO Botanic Garden yang berusia 150 tahun hingga kawasan belanja Orchard Road yang terkenal. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Survivors Merapat! Booyah Day Mulai Digelar Bawa Banyak Hadiah di Free Fire

BERIKUTNYA

Pakar Ungkap Cara Efektif Tingkatkan Keamanan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: