Gemini Live bahasa Indonesia (Sumber gambar: Google)

AI Gemini Live Sudah Bisa Bahasa Indonesia, Begini Cara Pakainya 

25 October 2024   |   15:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa teknologi Google terus mengembangkan produk teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) milik mereka, yang tidak lain adalah Gemini. Asisten cerdas tersebut dirancang untuk membantu para pengguna berinteraksi dan melakukan sejumlah tugas dengan bahasa percakapan. 

Google sebelumnya telah menghadirkan fitur percakapan dengan AI, Gemini Live, yang mendukung lebih dari 40 bahasa, sejak pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2024. Tak berselang lama, fitur tersebut kini telah mendukung bahasa Indonesia, yang memungkinkan pengguna dalam negeri berinteraksi dengan lebih lancar. 

Baca juga: Kata Google Indonesia Soal Kemungkinan AI Menggeser Pekerjaan Manusia

Tak cuma itu, Gemini Live dapat mendukung percakapan hingga dua bahasa sekaligus. Jadi pengguna bisa memilih Bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dikuasai seperti Inggris, Jepang, China, dan lain-lain. Hal ini diterapkan untuk memberikan fleksibilitas kepada para pengguna. 

“Fitur ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan AI sesuai dengan konteks percakapan,” demikian pernyataan Google dalam keterangan resminya, dikutip Hypeabis.id pada Jumat (25/10/2024). 

Dengan Gemini AI yang sudah bisa berbahasa Indonesia, pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk beragam keperluan. Misalnya mencari resep makanan favorit, rekomendasi film dan serial berdasarkan genre, sampai merencanakan acara. 
 

Cara Menentukan Bahasa Pilihan di Google Gemini 

Untuk bisa memanfaatkan layanan Gemini Live bahasa Indonesia, pengguna tinggal menentukan bahasa pilihan di aplikasi Google. Berikut langkah-langkahnya: 
  • Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google. 
  • Pada bagian atas, ketuk gambar profil atau inisial Genhype.
  • Ketuk Setelan, pilih Asisten Google, lalu klik Bahasa. 
  • Pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang didukung.  
  • Pengguna bisa memilih satu lagi bahasa yang didukung untuk dijadikan bahasa kedua. 


Ekstensi Gemini 

Dalam pembaruan teranyarnya, Google juga menyatakan bahwa Gemini bakal terhubung ke lebih banyak aplikasi Google dalam Bahasa Indonesia, yang akan mempermudah pemakai untuk mengakses informasi dan melakukan berbagai hal di layanan yang ditawarkan. 

Sejak hadirnya Ekstensi langsung di Gemini, perusahaan menyebut bahwa pengguna telah melakukan lebih banyak hal dengan aplikasi dan layanan mereka seperti Gmail, Maps, dan YouTube. Untuk itu, Google mengembangkan kapabilitas Gemini dengan menghubungkannya ke lebih banyak tools dalam bahasa Inggris terlebih dahulu, yang mencakup Calender, Keep, dan Utility. 

“Dengan memperluas ketersediaan Gemini Live dan koneksi aplikasi ke lebih banyak bahasa, kami berusaha untuk mewujudkan akses ke manfaat AI sekaligus membantu orang-orang di seluruh dunia mengakses informasi dan menikmati manfaat asisten berteknologi AI,” demikian pernyataan Google. 

Baca juga: Trik Memaksimalkan Fitur dan Ekstensi Google Chrome Untuk Memudahkan Pekerjaan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Healing Sembari Mengasah Kreativitas Lewat Workshop Soft Clay di Pertamina SMEXPO 2024

BERIKUTNYA

Tiket Fan Meetup Lisa BLACKPINK Dinilai Kemahalan, Begini Respons Promotor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: