Cleansing Balm (Sumber foto: Freepik)

Mengenal Cleansing Balm, Pembersih Wajah Krim Padat yang Efektif Hapus Makeup Tebal

25 October 2024   |   11:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Produk skincare pembersih makeup makin ke sini kian beragam. Ada yang berbasis air seperti micellar water, berbasis minyak seperti cleansing oil. Ada juga yang berbahan dasar susu seperti milk cleanser sehingga teksturnya lembut dan creamy.

Kini ada produk pembersih make up berbentuk balm atau krim padat yang teksturnya akan berubah menjadi minyak ketika diaplikasikan ke kulit. Produk jenis ini efektif menghapus makeup berat, termasuk tipe waterproof atau tahan air.

Mengutip Beauty Bay, cleansing balm akan bekerja menguraikan sisa makeup, kotoran, keringat, dan minyak berlebih pada kulit. Biasanya produk ini mengandung bahan-bahan pelembap seperti minyak alami.

Cocok untuk pemilik tipe kulit kering karena mampu melembapkan, juga untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat karena minyak dalam balm akan menarik sebum. Nah Genhype, berikut beberapa kelebihan cleansing balm dan tutorial menggunakannya untuk menghapus makeup.

Baca juga: Pilih Lip Balm, Lip Butter, atau Lip Gloss? Cek Manfaatnya Dulu Yuk
 

1. Membersihkan wajah menyeluruh

Cleansing balm sering digunakan sebagai langkah pertama dalam metode pembersihan ganda (double cleansing). Balm sangat bagus untuk meluruhkan makeup tebal, bahkan dengan formula tahan air atau menguraikan SPF dari tabir surya yang tebal dan sulit dihapus. Selain itu, karena berbahan dasar minyak, balm juga membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran berbasis minyak dari kulit. 
 

2. Ramah di kulit

Tidak seperti pembersih berbasis surfaktan yang menghasilkan busa, cleansing balm tidak mengiritasi dan tidak membuat kulit kering, serta tidak merusak lapisan kelembapan kulit atau mengganggu pH kulit. Pengguna bisa memakainya dengan aman untuk membersihkan wajah setiap hari. 
 

3. Memiliki sifat melembapkan

Karena kaya akan kandungan minyak, cleansing balm akan bekerja untuk menutrisi dan melembapkan, sehingga membuat kulit terasa lembut dan halus bahkan setelah dibersihkan. Biasanya produk pembersih wajah lain akan membuat kulit terasa kesat dan tertarik setelah diaplikasikan. 
 

Cara Menggunakan Cleansing Balm

  1. Pastikan tangan yang bersih dan kering, ambil sedikit balm dengan jari lalu biarkan meleleh jadi minyak di tangan.
  2. Aplikasikan pada wajah dan mulai pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 30 detik hingga dua menit.
  3. Bersihkan area mata yang penuh eyeshadow dan riasan lainnya yang sulit hilang, pijat ringan hingga makeup mulai larut.
  4. Basahi kain bersih dengan air hangat dan peras airnya, letakkan di atas wajah dan diamkan sejenak agar uap membuka pori-pori. 
  5. Tarik napas dalam-dalam dan biarkan uap serta aroma cleansing balm membuatmu rileks. 
  6. Gunakan kain untuk menghapus balm dengan gerakan lembut, ulangi sampai wajah benar-benar bersih. 
  7. Lakukan pembersihan ganda dengan menggunakan pembersih non-minyak setelahnya. 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pengguna Tablet Semakin Banyak & Pemilih, Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

Menelusuri Cita Rasa Autentik di Menu à la Carte Terbaru The Praya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: