Koleksi 3MONGKIS (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)

Inspirasi Busana Kasual di JFW 2025, Ada 3Mongkis sampai Haidee & Orlin

24 October 2024   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Fashion Week 2025 kembali menghadirkan inspirasi busana kasual yang modis untuk para pecinta fesyen. Pekan mode bergengsi ini digelar sejak 21 sampai 27 Oktober 2024 di Pondok Indah Mall 3 Jakarta, menghadirkan koleksi busana karya para desainer dan rumah mode kenamaan Indonesia. 

Deretan busana kasual ini cocok untukmu yang ingin bepergian dengan OOTD yang rapi dan modis. Misalnya sebagai busana untuk kuliah, ke kantor, atau hangout bersama teman-teman di mal dan kafe. 

Baca juga: Ini Manfaat Setrika Uap Untuk Merawat Koleksi Busana Para Desainer di JFW 2025
 

s

Koleksi 3MONGKIS (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)

3MONGKIS menghadirkan koleksi bertajuk REFINE. Cocok untuk gaya berkelas wanita karier di kota Jakarta yang dinamis. Dirancang untuk mereka yang terbiasa dengan gaya hidup serba cepat, namun tetap mengutamakan keanggunan dalam fesyen.

"Saat menciptakan REFINE, kami ingin busana yang bisa mencerminkan keseimbangan dalam hidup, sambil mempertimbangkan bagaimana menampilkan diri kita sendiri di sepanjang perjalanannya," kata Hetty Awi, owner 3MONGKIS. 

Lebih lanjut dia berharap koleksi busananya disukai banyak orang. REFINE lebih dari sekadar pakaian, ini adalah pernyataan ambisi, kepercayaan diri, dan keanggunan untuk wanita yang menjalani dunia mereka dengan tujuan. 

3MONGKIS adalah merek fesyen yang eksis sejak satu dekade di Tanah Air. Setiap koleksi busananya menggunakan material berkualitas tinggi dan desain terkini yang modis, nyaman, dan tahan lama.

Di samping itu, ada juga This Is April yang meluncurkan koleksi bertemakan Asmaranala yang menggambarkan keindahan Pesona bunga Anggrek Bulan. Terinspirasi dari keindahan Anggrek Bulan yang merupakan bunga asli Indonesia dan telah menjadi Puspa Pesona Indonesia.

Karakter bunga ini melambangkan keanggunan, kecantikan dan kekuatannya untuk beradaptasi dan berkembang dalam waktu lama. Bisa terlihat dari begitu banyaknya variasi warna anggrek bulan yang membuat bunga ini begitu mempesona.

"Anggrek bulan juga sekaligus menjadi cerminan perjalanan setiap wanita yang memancarkan keanggunan dan kepercayaan diri di setiap langkahnya," kata Maria Anggriani, founder This Is April.
 

Koleksi This Is April (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)

Koleksi This Is April (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)


Asmaranala Collection hadir dengan 30 varian yang terdiri atas shirt, sweater fishnet (jaring), vest, pants, short, pleat skirt, serta variasi summer dress. Palet warnanya seperti Future Dusk, Sunset Coral, dan Ray Flower yang merupakan color trend 2025.

Koleksi Asmaranala menggunakan kain berkualitas yang cocok untuk busana musim panas seperti cuaca di Indonesia. Kain-kainnya mulai dari katun, linen, light tweed, jersey, serta diperkaya dengan bordiran anggrek bulan.

Pada show Jakarta Fashion Week 2025, This Is April bekerjasama dengan beberapa muse dari berbagai background dan karakter seperti Anastasia Herzigova (aktris), Alicia Eva (Entrepreneur & Content Creator), serta beberapa content creator seperti Elia Ariyani, Jessica Hartojo, Fiona dan Eugene Laurent.

This Is April sendiri didirikan pada 2012 oleh Maria Anggriani yang sangat menyukai fesyen. Dia memiliki mimpi untuk membuat sebuah merek fesyen yang fashionable, timeless, dengan harga yang affordable. Pertama kali berdiri sebagai online based store, merek ini sekarang telah memiliki lebih dari 60 stores yang tersebar di Indonesia.

Nama This Is April terinspirasi dari bulan April, musim semi dimana bunga-bunga sedang bermekaran. Hal ini menjadi analogi agar This Is April terus bermekaran di dunia fesyen.

This Is April memiliki variasi produk yang cukup lengkap dari atasan (sweater, kemeja, denim, jaket, dll), Dress (casual & formal), bawahan (jeans, celana kasual, kerja, rok, dll), jumpsuits, blazers, sepatu, tas dan aksesoris.

Jenama lainnya yang juga meluncurkan deretan busana kasual yakni Haidee & Orlin. Mengusung tema Enchanted Pages : A Tale to Remember, koleksi ini bisa jadi inspirasi gaya wanita feminin yang identik dengam renda dan warna-warna pastel.

Tema tersebut merupakan eksplorasi mode yang unik karena setiap koleksinya seolah-olah memiliki cerita sendiri, terinspirasi dari puisi-puisi tentang kehidupan yang berisi tentang mengikhlaskan sesuatu, harapan, perjuangan dan rasa syukur.

Enchanted Pages : A Tale to Remember by Haidee & Orlin menghadirkan sekitar 15 looks, berupa dress, vest, tunik, blouse, jaket, hingga oneset signature yang terkesan chic, elegan dan klasik. Palet warnanya terinspirasi tren warna soft pastel seperti white, soft brown, light blue, baby pink dan lainnya. Tak ketinggalan ditambahkan sentuhan print ekslusif yang di dominasi bunga.

15 looks busana tersebut dikenakan oleh 5 muse dan 10 model. Adapun musenya sendiri jenama ini menggandeng influencer Jennifer Coppen, Xaviera Putri, dan influencer modest fesyen, yaitu Rania Sukandari, Bahjatina, dan Yurezalina.

 

Koleksi Haide (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)

Koleksi Haidee & Orlin (Sumber Foto: Instagram/@jfwofficial)

“Ini kali kedua kami ikut Jakarta Fashion Week, alhamdulillah mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat dan haideelovers, saya berharap keikut sertaan tahun ini dapat memberikan inspirasi kepada brand lokal lainnya untuk terus konsisten dan bersemangat untuk berkarya," tutur Meity, founder Haidee & Orlin.

Jenama ready-to-wear modest fashion ini didirikan oleh Meity Dwi Savitri pada 2014. Nama Haidee & Orlin sendiri bermakna rendah hati dan berkilau, sebagaimana layaknya modest fashion yang tampil dengan warna yg kalem tetapi tetap memiliki siluet dan keunikan sendiri.

Perjalanan Haidee & Orlin pun tidak serta merta langsung menemukan jati dirinya. Meity yang saat itu memutuskan untuk berhijab pun mendesain outerwear simpel yang kemudian menjadi tren dikalangan para wanita yg mulai berhijab saat itu. Melihat sambutan yang besar, Meity kemudian memberanikan diri untuk berhenti bekerja kantoran dan mengambil kursus fashion design di salah satu sekolah mode di Jakarta.

Sampai akhirnya pada 2014 Haidee & Orlin berkembang menjadi sebuah jenama yang memproduksi sendiri pakaian ready-to-wear mereka dengan ciri khas desain dan motif yang unik yang dapat dikenakan dari segala usia dan kalangan. Kini, Haidee & Orlin telah banyak mengikuti ajang fashion show seperti Jakarta Fashion Week 2024, Infonesia Fashion Week 2024, Muffest, private Trunk Show, dan lainnya. 

Baca juga: Gemerlap Gaun Pengantin Klasik Era 50-an Karya Andreas Odang di JFW 2025

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Aespa Tampil Berani dalam Single Whiplash

BERIKUTNYA

Agensi Fifty Fifty Gugat Warner Music Korea Sebesar 20 Miliar Won

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: