Hari Dokter Nasional diperingati pada 24 Oktober tiap tahunnya. (Sumber gambar: Karolina Grabowska/Pexels)

Tema & Referensi 20 Ucapan Hari Dokter Nasional 2024

24 October 2024   |   09:56 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Dokter Nasional diperingati pada 24 Oktober tiap tahunnya. Peringatannya bertepatan dengan hari lahirnya Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang berdiri pada 24 Oktober 1950. Peringatan ini dibuat untuk menghormati jasa-jasa dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, hingga mengakui kontribusi mereka dalam bidang medis.

Dokter adalah profesi tenaga medis/kesehatan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Seorang dokter memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendiagnosis, merawat, dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta memberikan saran dan pengobatan kepada pasien.

Hari Dokter Nasional berkaitan dengan HUT Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Pada 24 Oktober 1950, Ikatan Dokter Indonesia resmi berdiri dengan dasar hukum yang sah.

Baca juga: Daftar 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia, dari Depok hingga Semarang

Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan RI, dicetuskannya Hari Dokter Nasional bertepatan dengan berdirinya IDI yang dinilai sebagai organisasi profesi kedokteran, di mana para pemimpin dan anggotanya hanya dokter Indonesia dan tidak ada lagi dokter asing (Belanda).

Hari Dokter Nasional menjadi bukti bahwa profesi dokter merupakan profesi mulia dan sekaligus menjadi sarana bagi kelompok profesi ini untuk menjaga tradisi kemuliaan.

Latar belakang peringatan Hari Dokter Nasional diangkat dari kesadaran akan pentingnya peran dokter dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama di tengah berbagai tantangan yang dihadapi di bidang kesehatan.

Selain itu, peringatan ini juga dimaksudkan untuk menginspirasi para dokter agar terus meningkatkan profesionalisme, dedikasi, serta kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Seiring perkembangan zaman, peran dokter semakin penting dalam menghadapi tantangan-tantangan kesehatan global, seperti pandemi, penyakit menular, dan kesehatan mental. Oleh karena itu, Hari Dokter Nasional juga menjadi momen refleksi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.
 

b

Dokter adalah profesi tenaga medis/kesehatan yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (Sumber gambar: Bagoes Ilhamy/Unsplash)

Tema Hari Dokter Nasional 2024
Tahun ini, peringatan Hari Dokter Nasional mengusung tema "Menguatkan Komitmen Membangun Masa Depan Kesehatan Indonesia". Mengutip dari situs resmi IDI, tema ini diangkat untuk memperkuat kesatuan dan sinergi untuk para dokter dalam IDI bersatu, sehingga menciptakan negeri yang sehat.

Baca juga: Layanan Kesehatan Penuh Tantangan, Kenalan 5 Dokter yang Mengabdi di Daerah Terpencil

Tema ini juga menyoroti pentingnya persatuan seluruh dokter Indonesia dan anggota IDI dalam menghadapi tantangan ke depan, serta berkontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Dengan cara menggelorakan serta mengamplifikasi peran sentral IDI dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

"IDI juga akan memperkuat perannya sebagai pelindung anggota dan pelopor dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. IDI kuat, dokter aman, dan pasien sehat merupakan jargon utama sekaligus memperkokoh rasa Rakyat Indonesia Cinta Dokter Indonesia," demikian tulis IDI.

IDI menyebut dalam menghadapi tantangan dan dinamika yang ada, kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi penting, baik itu pemerintah, lembaga pendidikan, industri teknologi, maupun masyarakat luas. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan solusi inovatif yang tidak hanya menjawab tantangan saat ini, tetapi juga mempersiapkan sistem kesehatan Indonesia untuk masa depan.

Teknologi seperti telemedicine, kecerdasan buatan (AI), dan big data analytics akan terus dikembangkan dan diintegrasikan dalam sistem pelayanan kesehatan. Di sisi lain, tulis IDI, penting juga untuk menjaga aspek humanisme dalam profesi kedokteran, di mana dokter tidak hanya berperan sebagai penyedia layanan medis, tetapi juga sebagai pendamping dan penasehat kesehatan bagi pasien.

"Dengan komitmen yang kuat, kolaborasi yang erat, dan inovasi yang berkelanjutan, IDI optimis bahwa masa depan kesehatan Indonesia akan semakin cerah. Pada HUT ke-74 ini, IDI mengajak seluruh anggotanya untuk terus bersemangat, berinovasi, dan berkolaborasi demi tercapainya Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera," tulis IDI.

Ucapan Hari Dokter Nasional 2024
Pada peringatan Hari Dokter Nasional, tidak ada salahnya untuk memberi penghormatan dan penghargaan mendalam kepada profesi dokter. Salah satu caranya dengan membagikan ucapan Hari Dokter Nasional 2024. Sebarkan ungkapan terima kasih mendalam dan penghargaan terhadap profesi dokter yang telah berjasa menjadi garda terdepan kesehatan bangsa.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah referensi 20 ucapan Hari Dokter Nasional 2024.

1. Menjadi dokter berarti siap melepas segala kenyamanan. Terima kasih dokter-dokterku! Kalian pahlawan sejati.

2. Tak ada kata lain selain terima kasih atas perjuangan dan pengorbanan para dokter yang siap siaga menjadi garda terdepan dari sebuah bangsa.

3. Dokter juga berarti pejuang generasi. Mereka siap berdiri di depan pertahanan demi memajukan generasi yang lebih baik. Selamat Hari Dokter Nasional!

4. Terima kasih para dokterku. Tanpa kalian, kesehatan bangsa ini tak terjamin. Pengorbananmu begitu berharga. Selamat Hari Dokter Nasional!

5. Tidak ada profesi yang lebih mulia daripada membantu orang untuk menyingkirkan penderitaan mereka. Selamat Hari Dokter Nasional.

6. Salut untuk semua dokter yang rela berkorban untuk kita. Selamat Hari Dokter Nasional.

7. Selamat Hari Dokter Nasional untuk semua dokter di luar sana yang bekerja keras setiap hari untuk menyelamatkan nyawa.

8. Selamat Hari Dokter Nasional untuk semua dokter! Dedikasi dan kasih sayang Anda untuk menyembuhkan dan menyelamatkan nyawa adalah yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik!

9. Kesabaran, toleransi, dan kecerdasan, Anda memiliki semua ini di dalam diri Anda. Saya bangga dengan Anda dan berharap Anda terus melakukan yang terbaik dalam karier Anda. Selamat Hari Dokter Nasional.

10. Menjaga hidup, membawa kesehatan, dan hadir di saat kita kehilangan semua harapan – hanya dokter yang bisa melakukannya. Selamat Hari Dokter Nasional!

11. Menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Ini adalah pekerjaan yang menantang. Terima kasih telah begitu berdedikasi dan baik hati. Selamat Hari Dokter Nasional.

12. Kami mungkin dapat membayar harga layanan Anda, tetapi kami tidak akan pernah bisa membalas kebaikan yang menyertainya. Selamat Hari Dokter Nasional untuk semua dokter!

13. Menempatkan pasien di atas segalanya bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan semua orang. Kami salut! Selamat Hari Dokter Nasional 2024.

14. Terima kasih telah menyembuhkan pasien Anda dan memastikan bahwa mereka dapat kembali dengan aman ke orang yang mereka cintai. Mengirimkan Anda salam tulus pada Hari Dokter Nasional.

15. Selamat Hari Dokter Nasional untuk semua dokter di seluruh Indonesia! Perawatan dan layanan yang mereka berikan kepada kita layak untuk diakui dan dihormati.

16. Selamat Hari Dokter Nasional untuk semua dokter di Indonesia! Anda memberikan kehidupan baru kepada pasien. Tidak semua orang mampu melakukan itu.

17. Selamat Hari Dokter Nasional. Terima kasih telah mengambil tanggung jawab merawat yang sakit dan menyelamatkan yang sakit.

18. Setiap tindakanmu memberikan harapan bagi kami, para pasien. Selamat Hari Dokter Nasional, terima kasih atas segalanya.

19. Pengorbananmu telah memberi kami kesempatan hidup yang lebih baik. Selamat Hari Dokter Nasional!

20. Dokter, terima kasih telah selalu ada untuk kami. Selamat Hari Dokter Nasional 2024, semoga selalu diberkahi.

Baca juga: Ribuan Calon Dokter Spesialis Mengalami Gejala Depresi, Begini Kata Pakar Kesehatan

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

3 Film Indonesia Tayang 24 Oktober 2024, Ada My Annoying Brother

BERIKUTNYA

Daftar 25 Destinasi Wisata Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2025 versi Nat Geo. Ada Raja Ampat dari Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: