Ilustrasi mahasiswa kedokteran. (Sumber foto: Freepik/prostooleh)

Daftar 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia, dari Depok hingga Semarang

17 August 2024   |   14:03 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Semua pelajar di Indonesia tentunya ingin melanjutkan kuliah di universitas impian dengan jurusan spesifik baik yang ada di dalam atau di luar negeri. Selain komunikasi,  hukum, dan desain visual, salah satu jurusan yang relatif diminati oleh anak muda adalah kedokteran.  

Sebagai sebuah ilmu, jurusan kedokteran juga memiliki peluang lebih besar saat para mahasiswanya lulus. Pasalnya salah dokter merupakan satu profesi dengan tingkat permintaan tinggi di dunia, sehingga peluang kerja bagi lulusan kedokteran umumnya sangat baik.

Baca juga: 10 Prodi dan Kampus dengan Persaingan Paling Ketat di SNBP 2024

Tak hanya itu, mahasiswa lulusan kedokteran juga memiliki peluang untuk memberikan dampak besar terhadap kesehatan masyarakat. Baik dengan merawat pasien secara langsung maupun berkontribusi dalam penelitian dan pengembangan ilmu medis di dalam dan luar negeri.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari universitas dengan jurusan kedokteran terbaik,  berikut Hypeabis.id rangkumkan dari Edurank.org 2024: Best Medical schools in Indonesia daftar 5 perguruan tinggi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia yang bisa  dijadikan rujukan  untuk melanjutkan kuliah.


1. Universitas Indonesia (UI) 

Fakultas Kedokteran UI adalah yang tertua dan paling terkenal di Indonesia, dengan program pendidikan medis yang komprehensif serta fasilitas penelitian yang lengkap. FK UI juga  dikenal sebagai fakultas kedokteran terbaik di Tanah Air dengan sejarah panjang sejak didirikan pada tahun 1851.

FK UI, saat ini juga telah terakreditasi secara internasional oleh lembaga-lembaga seperti World Federation for Medical Education (WFME) dan ASEAN University Network (AUN). Fakultas ini juga memiliki staf pengajar para dokter, peneliti, dan ahli terkemuka di bidang kesehatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.


2. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Fakultas Kedokteran UGM memiliki reputasi yang sangat baik dalam riset medis dan pelayanan kesehatan masyarakat. Terletak di Yogyakarta, kampus ini juga memberikan lingkungan belajar yang mendukung bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah, dan fokus mempelajari ilmu-ilmu medis dan kesehatan.

FK UGM juga memiliki laboratorium dan fasilitas riset yang modern untuk mendukung penelitian di berbagai bidang. Beberapa di antaranya seperti biomedis, kesehatan masyarakat, hingga teknologi kesehatan. Fakultas ini juga berafiliasi dengan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, salah satu rumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia.


3. Universitas Airlangga (Unair) 

Fakultas Kedokteran Unair di Surabaya adalah salah satu yang terkemuka di Indonesia, dikenal dengan program pendidikan yang kuat dan rumah sakit pendidikan berstandar internasional. Fakultas ini telah mendapatkan akreditasi "A" dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan terakreditasi internasional oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

FK Unair didukung  dosen-dosen yang berpengalaman di berbagai bidang kedokteran. Banyak di antaranya merupakan spesialis dan subspesialis dengan pengalaman klinis dan akademis yang luas. Fakultas ini juga berafiliasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo. Ini memberikan mahasiswa FK Unair pengalaman klinis yang luas dengan beragam kasus medis yang beraneka ragam.


4. Universitas Padjadjaran (Unpad) 

Fakultas Kedokteran Unpad di Bandung memiliki reputasi kuat dalam bidang pendidikan kedokteran dan memiliki jaringan luas di bidang kesehatan. Fakultas ini telah berdiri sejak 1957, dan memiliki reputasi kuat sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Bahkan, telah diakui secara nasional dalam hal kualitas pendidikan, riset, dan pelayanan medis.

FK Unpad dilengkapi dengan laboratorium modern dan teknologi canggih yang mendukung pendidikan kedokteran dan riset biomedis. Fakultas ini juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin, salah satu rumah sakit pendidikan terbesar di Jawa Barat, yang menyediakan pengalaman klinis komprehensif bagi mahasiswa kedokteran. 


5. Universitas Diponegoro (Undip) 

Fakultas Kedokteran Diponegoro di Semarang memiliki perkembangan yang pesat dan terus mengukuhkan diri sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. FK Undip telah terakreditasi "A" dari BAN-PT karena kualitas akademiknya serta dedikasinya dalam pengembangan pendidikan kedokteran. 

FK Undip memiliki afiliasi dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi di Semarang, yang merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Jawa Tengah. Rumah sakit ini berperan sebagai rumah sakit pendidikan utama, memberikan mahasiswa pengalaman klinis yang kaya dengan berbagai kasus medis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Upacara Hari Kemerdekaan RI di Jakarta dengan Baju Adat Suku Melayu Sambas

BERIKUTNYA

Rangkuman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia, dari Upacara Hybrid hingga Ragam Pakaian Adat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: