Sistem operasi Android 15 (Sumber gambar: Blog Google)

4 Fitur Unggulan di Android 15 yang Perlu Genhype Tahu

22 October 2024   |   20:30 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Google kembali menggebrak dunia teknologi dengan peluncuran sistem operasi terbarunya, Android 15. Dengan pembaruan signifikan dalam proteksi keamanan dan integrasi kecerdasan buatan (AI), perangkat lunak itu menempatkan keamanan pengguna di garis depan. 

Salah satu inovasi yang mencuri perhatian adalah Theft Detection Lock yang kini menggunakan AI untuk mendeteksi pencurian secara instan. Dikutip dari beberapa sumber, berikut 4 fitur terbaik di sistem operasi Android 15 yang perlu kalian ketahui. 

Baca juga: Google Rilis Android 15, Cek Jenis HP yang Dapat Menggunakannya


1. Proteksi keamanan yang diperkuat 

Fitur Theft Detection Lock kini diperbarui dengan menggunakan AI. Sebelumnya, fitur proteksi keamanan sudah ada sejak Android 10. Jadi, ponsel akan dapat mendeteksi bahwa perangkat telah dicuri jika seseorang merampasnya dari tangan pengguna, dan kemudian langsung pergi dengan motor. 

Jika terdeteksi, layar ponsel akan otomatis terkunci. Google telah melatih algoritmanya dengan bantuan AI serta memanfaatkan sensor smartphone dan giroskrop. Hal ini membuat perubahan mendadak pada posisi ponsel akan diindikasikan seperti ponsel yang telah dirampas. 

Untuk melatih algoritma tersebut, staf peneliti Google mempelajari bagaimana ponsel biasanya dicuri, lalu timnya membuat ulang peristiwa penjambretan untuk mengumpulkan data tentang seperti apa simulasi pencurian tersebut.

Android 15 menghadirkan perlindungan tambahan guna mencegah pencuri menebak kata sandi dan mengakses informasi sensitif. Persyaratan autentikasi sudah ditambah jika ingin melepas SIM atau mematikan fitur Find My Device. Hal ini mencegah pencuri untuk melakukan penyetelan ulang pabrik pada perangkat yang dicuri.


2. Lebih banyak data Health Connect

Health Connect awalnya diluncurkan sebagai aplikasi yang mengintegrasikan data kesehatan dan kebugaran dari berbagai perangkat dan aplikasi. Di Android 14, aplikasi ini sudah tersedia sebagai bawaan.

Namun, dengan pembaruan Android 15, dua jenis data baru diperkenalkan: suhu kulit, yang dikumpulkan oleh perangkat wearable seperti Oura ring dan Pixel Watch 2, serta rencana latihan yang lebih lengkap.

Rencana ini mencakup target seperti kalori yang terbakar, jarak, durasi, pengulangan, dan langkah, serta metrik kinerja seperti AMRAP (As Many Reps As Possible), irama, detak jantung, kekuatan, laju pengerahan tenaga, dan kecepatan.
 

3. Kontrol kamera dalam aplikasi

Android 15 menghadirkan ekstensi baru yang memberikan pengembang kontrol lebih besar atas perangkat keras kamera pada perangkat yang kompatibel. Salah satu fitur utamanya adalah peningkatan dalam kondisi cahaya rendah, yang memungkinkan pengembang meningkatkan kecerahan pratinjau kamera.

Selain itu, terdapat penyesuaian lampu kilat tingkat lanjut, yang memungkinkan kontrol presisi terhadap intensitas lampu kilat saat pengambilan foto, memberi fleksibilitas lebih dalam pengaturan pencahayaan.
 

4. Private Space

Private Space merupakan area terkunci baru di ponsel yang dirancang untuk menyembunyikan aplikasi dan data sensitif. Saat sebuah aplikasi dikunci di dalam ruang pribadi, aplikasi tersebut tidak akan muncul di daftar aplikasi, dan notifikasi serta pengaturannya juga tidak akan terlihat, bahkan jika penggunanya menyerahkan ponsel kepada orang lain.

Fitur ini membuat aplikasi yang terkunci hampir sepenuhnya tersembunyi dari siapa pun kecuali si pemilik. Dengan Private Space yang aktif, pengguna akan memiliki ruang terpisah untuk aplikasi, file, dokumen, foto, dan video pribadi. Hal ini seperti memiliki dua ponsel dalam satu perangkat.

Private Space sangat ideal untuk membedakan email kantor dengan email pribadi, mengamankan aplikasi keuangan, dan menyembunyikan dokumen proyek dan perusahaan yang sensitif. 
 

Perangkat yang Kompatibel 

Untuk saat ini, Android 15 baru tersedia di berbagai perangkat Pixel. Google selalu merilis OS Android terbaru ke perangkat Pixel miliknya terlebih dahulu. Berikut daftar lengkap perangkat yang didukung: Pixel 6, Pixel 6 Pro, Pixel 6A, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 7A, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel 8A, Pixel Fold, Pixel Tablet, Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL.

Selain Pixel, Android 15 juga bakal dirilis untuk beberapa perangkat pilihan dari brand lain seperti Samsung, Honor, Lenovo, Motorola, Oppo, Realme, Vivo, Xiaomi, Sharp, Sony, Nothing, OnePlus, Tecno, dan iQOO. 

Baca juga: Cara Efektif Menghilangkan Iklan yang Menganggu di HP Android

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menteri Fadli Zon Gagas Penyatuan UU Kebudayaan dalam Satu Wadah Omnibus Law

BERIKUTNYA

Wah, Total Nilai Barang Penumpang yang Tertinggal di Stasiun & Kereta Tembus Rp10 Miliar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: