Academy Museum Gala adalah ajang besar di industri film Hollywood (Sumber gambar: Unsplash/Vitaly Sacred)

Academy Museum Gala 2024 Berikan Penghargaan Khusus untuk 3 Sineas Hollywood

21 October 2024   |   10:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Academy Museum Gala edisi keempat baru saja rampung digelar di Los Angeles, Amerika Serikat. Acara tahunan yang diadakan untuk mengumpulkan dana bagi Academy Museum of Motion Pictures ini kembali menjadi sorotan bagi ekosistem sinema dan kesenian global. 

Academy Museum Gala 2024 merupakan salah satu ajang bergengsi bagi insan artis dunia yang dinilai memiliki peran penting dalam industri kesenian. Ajang yang diusung oleh jenama jam Rolex ini digelar pada Sabtu, 19 Oktober 2024 lalu.

Mengutip Vanity Fair, acara prestisius yang diketuai oleh Salma Hayek Pinault, Nicole Kidman, Eva Longoria, dan Tyler Perry ini berhasil mengumpulkan dana US$11 juta untuk Academy Museum of Motion Pictures. 

Dana amal tersebut nantinya akan digunakan untuk mendukung pameran, pembuatan film, dan inisiatif komunitas lokal. Selain itu, dana yang terkumpul juga akan digunakan pula untuk berbagai inisiatif pendidikan maupun program publik museum.

Baca juga: Academy Awards Hadirkan Penghargaan Baru untuk Bidang Casting Mulai 2026

Tahun ini, Academy Museum Gala memberikan sorotan khusus kepada tiga sineas yang belakangan telah menjadi ikon besar Hollywood. Mereka adalah Paul Mescal, Rita Moreno, dan Quentin Tarantino.

Dalam ajang ini, Mescal menerima Vantage Award sebagai artis pendatang baru. Mengutip The Hollywood Reporter, Mescal mengatakan penghargaan ini punya arti penting dalam perjalanan kariernya ke depan. 

Baginya, penghargaan ini adalah bentuk penghargaan yang sangat besar untuknya. “Saya masih berada di tahap awal karier dan mencoba menentukan apa arti itu untuk saya. Namun, saya sangat bangga bisa mengungkapkan berbagai hal dari seni peran saya,” ucap Bintang Gladiator II (2024) tersebut.

Paul Mescal adalah aktor berkebangsaan Irlandia. Dirinya menjadi terkenal setelah perannya yang apik dalam miniseri Normal People. Mescal pun sempat mendapatkan BAFTA TV Award serta nominasi Primetime Emmy Award. 
 

Kemudian, pada malam itu, Moreno juga menerima Icon Award, yang dipersembahkan oleh Rolex, sebagai pengakuan atas dampak global dan budaya atas kariernya di dunia kesenian. 

Rita Moreno adalah seorang pemeran, penari dan penyanyi asal Puerto Rico. Selama 70 tahun di industri sinema, dirinya telah terlibat dalam banyak film besar, seperti Fast X, The King and I, 80 For Brady, hingga West Side Story.

Lalu, tak kalah menarik adalah kehadiran Tarantino yang pada edisi kali ini menerima Luminary Award. Penghargaan ini diberikan kepada para seniman yang dianggap telah memperluas kemungkinan kreatif sinema.

Seusai penghargaan, kejutan terjadi. Saat pidato penerimaannya, Tarantino mengumumkan bahwa dirinya menyumbangkan draf naskah dari film Pulp Fiction (1994) ke museum. Draf naskah itu menarik karena berisi tulisan tangan pertamanya untuk film tersebut.

Pulp Fiction adalah sebuah film kriminal yang rilis pada 1994. Film tentang dunia kriminal bawah tanah yang melibatkan mafia di Los Angeles ini Dibintangi oleh John Travolta, Samuel L. Jackson, Uma Thurman, Bruce Willis, Tim Roth, dan Ving Rhames.

Academy Museum Gala 2024 menutup malam dengan kemeriahan dan pesta yang dihadiri oleh para artis besar Hollywood. Demi Moore, bintang film The Substance (2024), tampil apik dengan gaun Prada berpayet. Dia juga datang dengan lawan mainnya di film itu, Margaret Qualley. 

Para selebritas termasuk Ariana Grande, Ayo Edebiri, Kim Kardashian, Nicole Kidman, Selena Gomez, Eddie Redmayne, dan Greta Lee semuanya tampil memukau dengan busana malam terbaik mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo, Ada Bidang Kebudayaan & Ekonomi Kreatif

BERIKUTNYA

Konsep Pernikahan Terinspirasi dari Drakor Banyak Diminati Pasangan Generasi Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: