Piala Academy Awards (Sumber gambar: Pexels)

Academy Awards Hadirkan Penghargaan Baru untuk Bidang Casting Mulai 2026

09 February 2024   |   18:18 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengambil langkah yang sangat jarang terjadi, mereka telah mengonfirmasi bahwa kategori baru di bidang casting akan ditambahkan ke dalam penghargaan Academy Awards atau Oscar mulai 2026.

Dikutip dari Vanity Fair, AMPAS menyatakan bahwa dimulai dengan film yang dirilis pada 2025, dewan organisasi akan menghadirkan kategori anyar tersebut. Jadi gelaran Oscar 2026 akan menganugerahkan piala Oscar untuk pencapaian dalam kategori casting

“Sutradara casting memainkan peran penting dalam pembuatan film, dan seiring berkembangnya, kami bangga menambahkan casting ke disiplin ilmu yang kami akui dan rayakan. Kami mengucapkan selamat kepada anggota Casting Director kami atas pencapaian yang menarik ini dan atas komitmen serta ketekunan mereka selama proses ini,” kata CEO Academy Bill Kramer dan presiden Academy Janet Yang dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini

Melihat film-film yang mendapatkan beberapa nominasi Academy Awards tahun ini, tak sulit membayangkan apa yang bisa terjadi pada Academy Award untuk kategori dalam Casting pada tahun 2024, jika film-film tersebut menjadi nominator.

Oppenheimer dan Poor Things menjadi yang paling mendominasi dengan masing-masing 13 dan 11 nominasi, diikuti oleh Killers of the Flower Moon (10) dan Barbie (8). Mudah untuk membayangkan bahwa keempat film ini juga bisa menjadi nominasi dalam kategori baru tersebut. 

Hal yang masih menjadi tanda tanya adalah kriteria apa yang akan digunakan untuk memberikan penghargaan tersebut. Apakah film seperti Oppenheimer akan menjadi favorit karena ansambel bintangnya yang luar biasa atau apakah film seperti The Holdovers akan dihargai karena penemuan baru dari Dominic Sessa. 

Ada juga kemungkinan bahwa film-film blockbuster seperti Superman: Legacy atau Fantastic Four dari Marvel yang akan datang bisa mendapatkan penghargaan karena daya tarik populer dari para pemainnya untuk film-film sebesar itu.

Pengenalan kategori ini menjadi yang pertama sejak 2002, ketika Academy Award memperkenalkan kategori baru untuk Film Fitur Animasi Terbaik. Sebelumnya lagi, kategori terakhir yang diperkenalkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences adalah pada 1981 untuk bidang Tata Rias Terbaik

"Sebagai perwakilan dari Cabang Direktur Casting, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Dewan Gubernur, Komite Penghargaan, dan kepemimpinan Akademi atas dukungan mereka," tulis Gubernur Cabang Direktur Casting Akademi.

Sementara itu, Richard Hicks, Kim Taylor-Coleman, dan Debra Zane dalam pernyataan bersama mengatakan bahwa penghargaan ini adalah pengakuan yang layak atas bakat luar biasa para casting director, dan menjadi bukti dari upaya berdedikasi di bidang tersebut. 

Baca juga: Amelia Dimoldenberg Jadi Social Media Ambassador & Red Carpet Correspondent Oscar ke-96

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Daftar Tim yang Berkompetisi di Knockout Stage FFWS Indonesia 2024 Spring

BERIKUTNYA

Menggali Peluang Bisnis Kadal Gecko, Reptil yang Jelita & Mudah Dipelihara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: