Seorang pelari melintasi Big Buddha pada musim gugur di Hong Kong (Sumber gambar: Hong Kong Tourism Board )

5 Acara Musim Gugur Seru di Hong Kong untuk Liburan Sehat

19 October 2024   |   07:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hong Kong merupakan salah satu destinasi alternatif untuk berlibur sembari merayakan musim gugur atau menunggu pergantian tahun. Berbagai jenis destinasi wisata  mulai dari kuliner hingga wisata wellness dapat ditemui dan dinikmati oleh para pelancong, termasuk dari Indonesia.

Selain dikenal dengan wisata alam dan budaya, Hong Kong juga populer dengan wisata musim gugurnya yang menawarkan berbagai cara untuk menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Sebab, di kota ini Genhype dapat menemukan sepilihan hidden gems yang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental kalian.

Lantas, ada agenda seru apa saja yang dapat Genhype nikmati di Kota Mutiara dari Timur itu saat berkunjung ke sana? Dihimpun Hypeabis.id dari taklimat resmi Hong Kong Tourism Board, berikut beberapa di antaranya:


1. Hong Kong Cyclothon

Hong Kong Cyclothon merupakan acara bersepeda tahunan dengan melibatkan berbagai kategori, termasuk rute untuk profesional dan amatir, serta program untuk keluarga. Ihwal dihelatnya acara ini adalah untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan berkelanjutan, serta meningkatkan kesadaran tentang bersepeda sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan. 

Tahun ini, Hong Kong Cyclothon akan diikuti oleh 6.000 pesepeda dari seluruh dunia yang akan berlomba untuk meraih kemenangan. Keunikan dari kompetisi ini adalah selama kegiatan berlangsung para peserta  akan disuguhi pemandangan alam dan buatan yang luar biasa di Hong Kong, mulai dari Victoria Harbour hingga West Kowloon Cultural District (WKCD).


2. TransLantau Ultramaraton

TransLantau Ultramaraton adalah acara tahunan yang diadakan di Pulau Lantau, Hong Kong, yang menggabungkan kegiatan bersepeda dan trekking. Acara ini biasanya mencakup berbagai rute yang menantang, yang dirancang untuk menarik para penggemar olahraga luar ruangan, baik pemula maupun yang lebih berpengalaman.

Salah satu level legendaris yang dapat diikuti oleh para pelari adalah tantangan ultra sepanjang 120 kilometer, yang melintasi lanskap beragam dari dua taman negara di pulau ini. Termasuk melewati landmark ikonik seperti desa nelayan Tai O, Big Buddha yang megah, dan masih banyak lagi.


3. Oxfam Trailwalker

Oxfam Trailwalker merupakan acara lari atau trekking yang diadakan untuk mengumpulkan dana bagi Oxfam, sebuah organisasi kemanusiaan yang fokus pada mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan. Sebagai acara penggalangan dana pendakian terbesar di Hong Kong, kegiatan ini juga menjanjikan pengalaman unik mendaki puncak gunung Tai Mo Shan.

Tahun ini, Oxfam Trailwalker juga memiliki rute baru sepanjang 40 kilometer untuk peserta baru dan yang belum berpengalaman. Tak hanya itu kalian juga akan diajak menembus tantangan untuk menghadapi bagian menanjak saat mendaki gunung yang menantang dan medan yang terjal di sepanjang jalan.


4. Hong Kong Streetathon

Hong Kong Streetathon adalah acara lari tahunan yang diadakan di Hong Kong, biasanya mencakup rute yang melewati jalan-jalan utama dan kawasan ikonik di kota termasuk Victoria Harbour. Acara ini dirancang untuk peserta dari berbagai tingkat kemampuan, mulai dari pelari profesional hingga pemula.

Tahun ini, kegiatan tersebut juga memperkenalkan konsep Five-Senses Marathon yang baru, yang akan menciptakan pengalaman lari yang sepenuhnya melibatkan seluruh panca indera. Sebab, selama kegiatan berlangsung Genhype akan diajak berhenti sejenak untuk menikmati hidangan tradisional desa setempat, seperti pohon choi, di stasiun-stasiun pemberhentian di sepanjang rute.
 

5. Hong Kong 100

Hong Kong 100 merupakan acara ultramarathon yang biasanya berlangsung setiap tahun pada bulan Januari. Acara ini mencakup rute sepanjang 100 kilometer yang melintasi jalur-jalur trekking yang menakjubkan di pegunungan dan taman nasional di sekitar kota yang jarang dijelajahi oleh penduduk.

Rute yang dilalui melintasi berbagai lanskap alam yang luar biasa, termasuk Hong Kong UNESCO Global Geopark, pantai-pantai terpencil dan masih alami. Ada juga perlintasan hutan purba, jalur lintas alam, waduk, dan bukit-bukit curam, yang menawarkan para kontestan pemandangan alam yang memukau.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tim Old Man’s vs Realm Hunter Reefer Siap Berebut Piala di  Grand Final ASL 2024 Winter Indonesia

BERIKUTNYA

Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra & Karya Kritik Film Festival Film Indonesia 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: