Ilustrasi lalu lintas di jalan tol. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Suselo Jati)

5 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Periode Januari - September 2024

16 October 2024   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan bahwa penjualan ritel mobil di dalam negeri sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini mencapai 657.223 unit. Meski angka ini menunjukkan pasar otomotif tetap bergerak, jumlah tersebut masih lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 746.246 unit.

Dengan kata lain, penjualan kendaraan ritel mengalami penurunan sebesar 11,9 persen secara tahunan. Di tengah tren penurunan ini, Toyota tetap mempertahankan dominasinya sebagai merek mobil terlaris di Indonesia. Hingga akhir September 2024, Toyota berhasil menjual 217.608 unit kendaraan, jauh mengungguli merek-merek lainnya.

Baca juga: 6 Tip Memilih Mobil Pertama untuk Gen Z, Perhatikan Hal-hal Ini

Kinerja ini mengokohkan posisi Toyota di puncak pasar otomotif nasional, meski secara keseluruhan pasar mengalami penurunan. Penurunan penjualan ini menunjukkan adanya tantangan yang dihadapi industri otomotif di Indonesia, namun Toyota terus menjadi pilihan utama konsumen dengan strategi penjualan yang kuat.

Penjualan ritel Toyota menunjukkan dominasinya dengan kontribusi lebih dari 30 persen dari total penjualan mobil di Indonesia. Merek ini memimpin pasar dengan selisih signifikan, mengukuhkan posisinya sebagai pilihan utama konsumen.

Daihatsu menempati posisi kedua dengan penjualan ritel mencapai 129.848 unit, memberikan kontribusi sebesar 19,8 persen terhadap pasar otomotif nasional. Angka ini memperkuat persaingan antara dua merek teratas di industri otomotif Tanah Air, mencerminkan dinamika pasar yang semakin kompetitif.

Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, mengeklaim bahwa penjualan yang didapat oleh manajemen lantaran beragam kemudahan yang diberikan manajemen kepada konsumen. 

"Salah satu contohnya ketika konsumen ingin melakukan pembelian mobil dengan skema kredit melalui perusahaan pembiayaan yang fleksibel. Selain itu, layanan purna jual dan perawatan kendaraan, program trade in, dan sebagainya juga menjadi salah satu penyebab," ujarnya melalui siaran pers.

Dia menambahkan, manajemen berharap pasar otomotif Indonesia dapat terus bertumbuh pada masa yang akan datang. 

Berikut daftar merek-merek mobil dengan penjualan ritel paling banyak dalam data Gaikindo:


1. Toyota

Toyota masih menjadi merek kendaran dengan penjualan paling banyak yang melakukan penjualan secara ritel. Merek ini memegang pangsa pasar hingga 33,1 persen dan menjadi yang tertinggi di antara merek-merek lainnya. Di pasar Indonesia, Toyota memiliki kendaraan, seperti Avanza, Agya, Calya, Rush, Fortuner, dan sebagainya. 


2. Daihatsu

Daihatsu menjadi merek mobil yang tercatat menjadi kendaraan paling laku kedua sepanjang 9 bulan tahun ini. Dengan penjualan ritel mencapai 129.848 unit, pangsa pasarnya berada sekitar 19,8 persen. Kendaraan-kendaraan yang dimiliki oleh merek Daihatsu adalah Xenia, Alya, Sigra, Terios, Rocky, dan sebagainya. 


3. Honda

Merek mobil paling laris nomor 3 di dalam negeri sepanjang Januari-September 2024 adalah Honda. Merek ini tercatat berhasil melakukan penjualan ritel sebanyak 75.514 unit selama 9 bulan. Dengan penjalan tersebut, Honda memiliki pangsa pasar sebesar 11,5 persen. Mobil-mobil yang dijual oleh Honda di pasar Indonesia seperti Brio, BR-V, HR-V, CR-V, dan sebagainya. 


4. Mitsubishi Motors

Di posisi keempat, merek Mitsubishi Motors menjadi yang paling laris lainnya. Merek yang identik dengan lambang tiga berlian itu memiliki penjualan ritel sebanyak 55.382 unit, sehingga berkontribusi terhadap penjualan mobil secara keseluruhan nasional sebesar 8,4 persen. Kendaraan pabrikan Mitsubishi Motors yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, seperti Xpander, Xforce, Pajero Sport, dan sebagainya. 
 

5. Suzuki

Di posisi kelima ada Suzuki sebagai merek mobil paling laris dari Januari sampai September 2024 di Indonesia. Data Gaikindo mencatat bahwa penjualan ritel Suzuki mencapai 50.942 unit.  Penjualan ritel itu membuat Suzuki memiliki pangsa pasar 7,8 persen selama 9 bulan pada 2024. Adapun, kendaraan-kendaraan merek Suzuki yang populer di pasar Indonesia seperti Ertiga, Ignis, Jimny, Grand Vitara, dan sebagainya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Transformasi Aktor Andri Mashadi Jadi n Karakter Psycho di Film The Shadow Strays

BERIKUTNYA

AMI Awards 2024 Beri Sorotan untuk Karya-karya Musisi Muda Bertalenta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: