Penyanyi Nadin Amizah masuk dalam beberapa nominasi AMI Awards 2024. (Sumber gambar: situs resmi AMI Awards)

AMI Awards 2024 Beri Sorotan untuk Karya-karya Musisi Muda Bertalenta

16 October 2024   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Daftar nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2024 telah diumumkan pada Selasa (15/10/2024). Tahun ini, nominasi AMI Awards didominasi oleh musisi-musisi muda berbakat yang karya-karyanya digandrungi oleh para penikmat musik di Tanah Air. Oleh karena itu, ajang AMI Awards 2024 mengusung tema Musik Generasi Baru.

Nama-nama musisi muda berbakat mendominasi daftar nominasi AMI Awards 2024, salah satunya ialah Bernadya. Solois berusia 20 tahun itu menjadi salah satu penyanyi yang meraih nominasi terbanyak yakni 5 nominasi, yakni Artis Solo Wanita Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Album Terbaik Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik.

Kelima nominasi itu diraih Bernadya berkat album studio perdananya yang bertajuk Sialnya, Hidup Harus Tetap Berjalan, yang dirilis pada 23 Juni 2024 oleh label Juni Records.

Baca juga: Daftar Nominasi AMI Awards 2024, Ada 62 Kategori

 


Posisinya diikuti oleh penyanyi Sal Priadi yang juga mendapatkan 5 nominasi yakni Artis Solo Pria Pop Terbaik, Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, Album Pop Terbaik, dan Pencipta Lagu Pop Terbaik. Semua nominasi itu didapatnya berkat album MARKERS AND SUCH PENS FLASHDISKS yang dirilis 30 April 2024.

Selain itu, nama-nama penyanyi muda lainnya yang juga hadir dalam nominasi AMI Awards 2024 ialah Salma Salsabila, Nadin Amizah, Mahalini, Tiara Andini, Lyodra, dan Juicy Luicy.

Di sisi lain, penyanyi dan grup musik kawakan juga masih menjaga eksistensinya dengan masuk di sejumlah nominasi, salah satunya Maliq & D'Essentials. Band yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-20 itu masuk ke dalam 5 nominasi, termasuk Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik, dan Album Pop Terbaik.
 


Ketua Umum AMI Candra Darusman mengatakan daftar nominasi AMI Awards 2024 merupakan representasi dari banyaknya musisi muda yang menonjol bahkan mendominasi di industri musik Indonesia saat ini. Menurutnya, banyaknya karya musisi muda yang berkualitas merupakan cerminan dari musik Indonesia yang terus berkembang.

Hal ini lah yang membuat AMI Awards 2024 mengusung tema Musik Generasi Baru. Tema tersebut diusung sebagai bentuk pesta perayaan keberagaman musik dan genre dari para musisi generasi baru di industri musik Indonesia saat ini.

"Itulah tujuan AMI ya, untuk selalu memberi kesempatan kepada musisi pendatang baru yang kualitasnya bagus gitu," katanya saat ditemui Hypeabis.id di The Lounge XXI Plaza Senayan Jakarta, Selasa (15/10/2024).


Oversupply Musik

Candra menilai selama 10 tahun terakhir, industri musik di Indonesia mengalami 'ledakan' kreativitas di kalangan penyanyi dan pencipta lagu, yang mengakibatkan oversupply musik. Hal ini ditandai dengan banyaknya penyanyi dan grup musik baru yang bermunculan meramaikan industri. 

Tak hanya dari segi kuantitas, perkembangan itu juga terjadi dari segi kualitas. Tak sedikit penyanyi dan grup musik baru yang mencuri perhatian penikmat musik di Indonesia lantaran menawarkan warna baru dalam karya-karyanya.

Musisi berusia 67 tahun itu berpendapat perkembangan tersebut utamanya dikarenakan digitalisasi yang kian masif di industri musik Indonesia. Dengan kecanggihan teknologi, seseorang kini bisa dengan mudah membuat lagu bahkan dari kamar tidurnya sendiri, hingga akhirnya bisa didengarkan di layanan digital streaming platform (DSP). 

Selain itu, pada era keterbukaan informasi saat ini, seseorang bisa dengan mudah mengakses banyak referensi musik sebagai pengetahuan dalam membuat musik. Plus, tidak adanya pembatasan dalam berkreasi juga menjadi faktor yang menyebabkan karya-karya musik di Indonesia kian beragam.

"Saya rasa inilah yang menjadi kiat dari setiap musisi, kalau ingin sukses pada masa oversupply ini, mereka mesti menampilkan hal-hal yang unik, yang kualitasnya berbeda dengan yang lain, sehingga bisa stand out di antara sekian banyaknya musisi," katanya.


Lagu Berbasis Lirik

Sementara itu, tahun ini, ada sebanyak 5.046 lagu yang terdaftar dalam AMI Awards, yang berupa karya produksi single maupun album yang dirilis secara komersial pada periode 1 Juli 2023 hingga 30 Juni 2024. Jumlah ini meningkat sekitar 8 persen dari tahun lalu yang mencatatkan 4.858 lagu. 

Dari hasil sidang kategorisasi AMI yang berlangsung pada 15 Juli-24 September 2024 yang dilakukan secara offline dan online, ditetapkan sebanyak 62 kategori nominasi untuk AMI Awards 2024, di mana jumlahnya sama pada tahun lalu. 

Syaharani, Perwakilan Tim Sidang Kategorisasi AMI, mengatakan seluruh entri lagu yang terdaftar pada AMI Awards 2024 berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa ajang penghargaan tahunan ini tidak hanya memberi ruang untuk para musisi di kota-kota besar seperti Jakarta, tapi juga menyebar ke seluruh wilayah Nusantara. 

"Tahun ini banyak sekali karya yang lyrical based, jadi berbasis lirik-lirik yang indah. Jadi banyak pujangga di Indonesia sepertinya, yang liriknya menyentuh dan relate," katanya.

Dia juga menyampaikan AMI Awards akan menambah kategori nominasi baru yakni Musik Kontemporer. Lantaran nominee-nya belum memenuhi kuota, kategori ini pun baru akan diumumkan pada gelaran AMI Awards tahun depan. 

"Jadi semoga tahun depan ada teman-teman musisi yang bisa masuk [kategori Musik Kontemporer]. Karena tahun ini baru ada empat nominee, kuotanya harus lima ke atas," katanya.

Adapun, malam penghargaan AMI Awards tahun ini dijadwalkan berlangsung pada Desember 2024 mendatang. Namun, Yayasan Anugerah Musik Indonesia sampai saat ini belum mengumumkan tanggal pasti gelarannya.

Baca juga: Candra Darusman Beberkan Proses Penilaian & Penentuan Pemenang AMI Awards

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Periode Januari - September 2024

BERIKUTNYA

Hanni NewJeans Beri Kesaksian Atas Perundungan di HYBE Labels

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: