DreadHaunt, proyek kolaborasi dengan Digital Happiness, dengan kepemilikan IP bersama, akan diterbitkan oleh Dark Product serta NUON akan diluncurkan di Xbox mulai 17 Oktober 2024. (Sumber gambar: Agate)

Agate Galang Dana Untuk Perkuat Posisi di Pasar Gim Global

14 October 2024   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Agate semakin ambisius untuk memperkuat posisinya di pasar global. Pengembang video game asal Bandung ini tengah membuka penggalangan dana untuk melakukan ekspansi yang lebih luas, terutama memasuki pasar Eropa. Sejauh ini, Agate telah mendirikan unit bisnis di Kanada, Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Co-Founder dan CEO Agate Shieny Aprilia menerangkan penggalangan dana dilakukan untuk mengumpulkan US$2 juta melalui investasi Convertible Notes atau obligasi konversi. Dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat operasional business to business (B2B), mengembangkan produk baru, serta memulai bisnis penerbitan gim untuk pasar Indonesia, yang sejalan dengan peningkatan dukungan pemerintah terhadap industri gim lokal.

Baca juga: Agate Gaet PQube Garap Gim Visual Novel Bergenre Fantasi-Romansa

“Ekspansi strategis ini tentunya memerlukan investasi yang lebih besar untuk mendukung secara efektif baik operasi kami yang ada maupun inisiatif strategis baru seiring dengan upaya kami dalam mengonsolidasikan industri gim di Indonesia,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Senin (14/10/2024).

Agate diketahui memiliki beberapa judul gim yang sedang dalam pengembangan, mulai dari Akarmaut: Rootmare, Blades of Mirage, termasuk kolaborasi bersama Confiction Labs melalui Riftstorm. Gim ini akan memasuki tahap public playtest ketiga (Alpha Playtest) mulai 17 Oktober 2024 pukul 09.00 WIB dan berakhir pada 30 Oktober 2024 pukul 09.00 WIB. 

Selain itu, Agate juga melakukan co-development Nightmare Battler Zozo dengan Red Dunes, perusahaan gim development asal Arab Saudi. DreadHaunt, proyek kolaborasi dengan Digital Happiness, dengan kepemilikan IP bersama, akan diterbitkan oleh Dark Product serta NUON akan diluncurkan di Xbox mulai 17 Oktober 2024. 

Shieny berharap kolaborasi ini dapat mempercepat pengembangan gim berkualitas tinggi dan memperluas penetrasi Agate di berbagai pasar. Selain fokus pada pengembangan gim, Agate katanya juga berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas timnya melalui transfer knowledge saat mengikuti berbagai kegiatan internasional, acara gaming, serta penyediaan fasilitas dan dukungan seperti biaya kursus guna meningkatkan keterampilan tim. 

Agate juga mengadakan sharing session antar tim untuk memperkuat kolaborasi dan inovasi. Langkah ini menurut Shieny penting untuk memastikan perusahaannya tetap berinovasi dan bersaing di industri gim yang terus berubah. 

Dengan tim yang semakin kuat, diharapkan Agate mampu mengimbangi permintaan pasar yang dinamis dan menciptakan produk yang relevan di tingkat global.

Di sisi lain, Agate katanya telah memperluas kemitraan B2B dengan beberapa perusahaan teknologi global untuk memperkuat posisinya di ekosistem gaming dunia. Langkah ini bertujuan untuk memperkenalkan solusi inovatif dalam berbagai genre gim dan meningkatkan daya saing perusahaan. 

Dengan portofolio dan pengalaman yang terus berkembang, Agate siap mengambil peran lebih besar di industri gim internasional. “Kami yakin, dengan fondasi yang kuat dan dukungan dari para investor, Agate dapat menjadi katalis utama dalam pengembangan industri gim Indonesia dan memperluas pengaruhnya di seluruh dunia,” tegas Shieny.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Anime One Piece Hiatus Sampai April 2025, Toei Animation Siapkan Edisi Spesial

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Besutan Christopher Nolan, Dari Biopik sampai Tema Super Hero

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: