Bopeng bekas jerawat (Sumber Foto: Freepik)

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Bahan Alami dan Tindakan Medis

12 October 2024   |   18:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Permasalahan jerawat memang tak ada habisnya. Setelah sembuh pun, bekasnya sangat sulit dihilangkan. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat atau bopeng, mulai dari perawatan di klinik kecantikan atau perawatan rumahan dengan bahan alami.

Mengutip Mayo Clinic, bopeng adalah cekungan atau lekukan kecil di permukaan kulit yang terbentuk akibat kerusakan jaringan kulit karena peradangan, seperti jerawat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Revlon sampai Wardah

Saat jerawat meradang, terutama jenis yang lebih parah seperti jerawat batu, kerusakan pada jaringan kulit bisa terlalu dalam, sehingga tubuh kesulitan untuk memperbaiki jaringan dengan sempurna. Akibatnya, terbentuklah jaringan parut yang terlihat seperti lubang atau lekukan pada permukaan kulit.

Bopeng bekas jerawat bisa bervariasi bentuk dan ukurannya. Untuk mengatasinya dibutuhkan tindakan khusus di klinik kecantikan seperti microneedling, chemical peeling, atau filler. Berikut beberapa tindakan medis untuk membantu menghilangkan bopeng.
 

1. Microneedling

Microneedling adalah salah satu prosedur perawatan kulit menggunakan jarum berukuran kecil untuk ditusukkan pada lapisan kulit agar dapat merangsang proses regenerasi sel-sel kulit. Proses ini memicu produksi kolagen dan elastin di lapisan kulit, yang sangat penting untuk memperbaiki tekstur kulit yang bopeng.
 

2. Chemical Peels

Chemical Peels dilakukan dengan mengoleskan larutan kimia seperti asam glikolat, asam salisilat, atau asam trikloroasetat ke kulit. Larutan ini membantu mengangkat lapisan kulit terluar yang rusak dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Chemical peels dapat membantu mengurangi kedalaman bopeng dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, namun biasanya dibutuhkan beberapa kali perawatan agar hasilnya signifikan.
 

3. Dermal Fillers

Filler kulit adalah prosedur mengisi area kulit yang mengalami cekungan karena bopeng. Biasanya menggunakan asam hialuronat atau kolagen. Dengan menyuntikkan filler di bawah kulit yang bopeng, permukaan kulit menjadi lebih rata dan halus.

Namun, hasil dari prosedur ini bersifat sementara, umumnya bertahan antara 6 hingga 18 bulan, tergantung pada jenis filler yang digunakan. Filler sering digunakan bersama dengan metode lain seperti microneedling atau laser untuk hasil yang lebih baik.
 

Tindakan Medis

Selain perawatan di klinik kecantikan, menghilangkan bopeng dengan bahan alami juga bisa, meskipun memerlukan waktu lebih lama dibandingkan prosedur medis. Beberapa bahan alami berikut ini bisa membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi bekas luka, bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.
 

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mempercepat penyembuhan kulit. Gel lidah buaya bisa dioleskan langsung pada bekas luka untuk membantu regenerasi kulit dan mencerahkan noda hitam bekas jerawat.
 

2. Madu

Madu terkenal dengan sifat antibakteri dan penyembuhan luka. Oleskan madu secara teratur ke area bopeng untuk mempercepat penyembuhan kulit. Madu juga akan membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya lebih elastis.
 

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang membantu regenerasi kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin E di dalamnya juga mendukung proses perbaikan jaringan kulit yang rusak. Oleskan minyak kelapa pada bekas jerawat setiap hari untuk membantu mengurangi bekas lukanya.
 

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat seperti katekin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki kulit. Cobalah kompres bekas jerawat menggunakan kantong teh hijau yang sudah digunakan. Manfaatnya bisa membantu mengurangi iritasi dan meningkatkan tekstur kulit jadi lebih halus.
 

5. Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati, sehingga mendorong regenerasi kulit baru. Selain itu, kandungan asam alami dalam cuka apel dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak karena bopeng. Campurkan cuka apel dengan air sebelum dioleskan ke kulit untuk menghindari iritasi.

Baca juga: Fluktuasi Hormon dan Pola Makan Jadi Penyebab Utama Jerawat di Rahang

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Baru KRL Akibat Rekayasa Pola Operasi yang Berlaku Mulai Malam Ini

BERIKUTNYA

Meninggal Pada Usia 90 tahun, Intip Profil Nobuyo Oyama Pengisi Suara Doraemon yang Abadi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: