Ilustrasi jerawat di area rahang. (Sumber foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Fluktuasi Hormon dan Pola Makan Jadi Penyebab Utama Jerawat di Rahang

25 June 2024   |   15:09 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Jerawat merupakan penyakit yang sering dialami oleh setiap manusia, biasanya pada usia remaja jerawat akan timbul. Ada bagian tertentu jerawat akan tumbuh dan disebabkan pada hal-hal yang berbeda. 

dr. Deasy Thio, Sp. KK menjelaskan jerawat memiliki 2 jenis yaitu jerawat yang meradang dan tidak meradang. Jerawat yang tidak meradang itu terdiri dari komedo, entah itu komedo tertutup atau terbuka.

Baca juga: 5 Resep Jus Buah untuk Mengatasi Wajah Berjerawat dari Dalam

Sedangkan jerawat meradang itu yang biasanya kalian lihat ada dimuka merah-merah atau ada titik-titik merah dengan bagian ujung ada nanah.

Penyebab terjadinya jerawat pada bagian muka kalian biasanya disebabkan, genetik atau turunan atau kulit yang tidak mengelupas yang menumpuk pada kelenjar rambut. Kosmetik juga menjadi penyebab adanya jerawat, karena kosmetik terlalu tebal atau tidak menghapusnya dengan baik, itu sebabnya jerawat akan tumbuh.

"Biasanya jerawat akan tumbuh disebabka oleh perubahan gaya hidup seperti, konsumsi makanan yang manis atau yang berlemak, atau kurang tidur," ujarnya melalui unggahan video YouTube Halosehat.

Untuk penanganan yang lebih tepat, berikut ini penyebab munculnya jerawat di sekitar area rahang dan dagu:


1. Hormon

Fluktuasi hormon menjadikan hal paling utama, jika terjadinya tumbuh jerawat pada bagian rahang. Gangguan di sistem endokrin tubuh ini terjadi akibat kelebihan hormon androgen, atau hormon yang bertugas untuk merangsang pembentukan minyak di kulit (sebum). Minyak di kulit inilah yang kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.  


2. Pola Makan

Pola makan sangat memengaruhi kondisi dan daya tahan tubuh, termasuk kesehatan kulit dan produksi minyak. The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology yang terbit pada 2014 menyatakan bahwa kesehatan usus memainkan peran penting dalam kesehatan wajah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan olahan, produk susu, serta makanan dan minuman manis mungkin berhubungan dengan perkembangan jerawat dan memperburuk gejalanya. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan utuh dan bergizi.


3. Genetik

Keturunan genetik jelas sangat mempengaruhi timbulnya jerawat pada area wajah, terutama pada area rahang. Faktor pada genetik tidak hanya mempengaruhi tingkat produksi pada minyak kulit, akan tetapi juga bagaimana tubuh kalian merespons perubahan hormonal dan kecenderungan kulit terhadap reaksi terhadap bakteri dan peradangan.

Hal inilah yang menyebabkan riwayat genetik ini menggambarkan kompleksitas interaksi genetik dalam penyebab jerawat yang terfokus di wilayah-wilayah tertentu pada area wajah.

Pada umumnya untuk mengatasi jerawat pada area wajah terutama pada area rahang adalah, sesering kali membersihkan area wajah dengan sabun cuci muka yang cocok dengan tipe kulit kalian, lalu gunakan juga skincare yang cocok, dan juga jangan terlalu sering menyentuh area wajah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Indonesia yang Membawa Semangat Anti Bullying

BERIKUTNYA

Perhatikan Hal-hal Ini untuk Menguatkan Strategi Personal Branding

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: