Penandatanganan Kolaborasi Kisai, Sorajima, Anjary (Sumber Gambar: Hypeabis.id/Fasya Kalak M)

Kisai Entertainment Terima Suntikan Modal US$1 Juta, Dorong Perkembangkan Komik Indonesia

12 October 2024   |   11:00 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Kisai Entertainment, rumah produksi webtoon di Indonesia, mengambil langkah besar untuk mengembangkan industri komik digital tanah air. Dalam Konferensi Pers yang berlangsung pada Jumat (11/10/2024), Kisai mengumumkan kolaborasi strategis dengan Sorajima, perusahaan webtoon ternama dari Jepang, serta PT Anjary Jaya Raya.

Selain itu, Kisai juga mencatatkan pencapaian signifikan dengan berhasil mendapatkan pendanaan sebesar US$1 juta dari kedua mitra, yang menandai investasi terbesar dalam sejarah industri komik di Indonesia. Langkah ini menunjukkan komitmen Kisai untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi dalam ekosistem kreatif nasional.

Baca juga: Hypereport: Cerita Komikus Indonesia Tertatih di Industri Komik Digital

Investasi ini menandai sejarah baru dalam industri komik dan webtoon Indonesia, menjadi pendanaan pertama dan terbesar yang pernah diterima oleh perusahaan komik/webtoon di tanah air. Langkah ini diharapkan dapat menjadi platform yang solid bagi perkembangan industri komik nasional secara keseluruhan. 

Tessa Yadawaputri, Founder dan CEO Kisai Entertainment, menyatakan antusiasmenya terhadap kemitraan strategis ini. Menurutnya, pendanaan ini tidak hanya akan mempercepat pertumbuhan bisnis, tetapi juga membuka peluang kolaborasi yang menarik dengan mitra-mitra baru.

“Ini adalah momen krusial bagi industri komik Indonesia. Investasi ini membuktikan bahwa sektor konten kreatif, khususnya komik dan webtoon, memiliki potensi ekonomi yang besar. Kami berharap pencapaian ini dapat menginspirasi dan mendorong perkembangan ekosistem komik nasional,” ujarnya.

Tessa menekankan bahwa dana investasi akan dimanfaatkan secara maksimal. Ia berencana untuk mendirikan Webtoon Academy, sebuah program pembelajaran bagi para pembuat komik di Indonesia, agar mereka lebih berani mengeksplorasi karyanya. Selain itu, Tessa juga ingin berinvestasi pada perusahaan webtoon kecil di tanah air.

“Sejak awal terjun ke dunia webtoon, saya bermimpi untuk menjadikan Kisai seperti Studio Ghibli, yang mampu menggambarkan perjalanan karakter luar biasa penuh fantasi dan memberikan inspirasi bagi dunia,” pungkas Tessa, menutup konferensi pers dengan penuh semangat.

Co CEO Sorajima, Kojuro Hagihara turut menambahkan, Sorajima merupakan perusahaan yang berdedikasi untuk menciptakan karya yang mampu mendefinisikan abad terkini. Dirinya turut menyampaikan rasa antusias untuk memulai menjalani tantangan emas ini lewat kemitraan bersama Kisai Entertainment. 

“Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi bersama Tessa, semua orang di Kisai Entertainment, dan tentunya, talenta berbakat di Indonesia dan penjuru Asia Tenggara. Kami yakin akan Asean Power," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur PT Anjary Jaya Raya Andrew Yap, menyampaikan bahwa sebagai perusahaan yang berbasis di Indonesia, tujuan mereka adalah untuk mendukung bisnis lokal yang dapat dikenal tidak hanya di Indonesia, namun juga di pentas dunia. 

“Itulah alasan kami dengan bangga mendukung pertumbuhan Kisai Entertainment, yang karya-karyanya mendapat tempat di Indonesia dan dunia. Kami percaya, kolaborasi ini akan menarik banyak audiens baru untuk industri entertainment digital di Indonesia, dan mampu memantik kemajuan industri komik nasional,” ungkapnya.

Acara tersebut juga mendapatkan sambutan yang baik dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Dalam sambutannya Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar kemitraan ini dapat mendorong potensi komikus, dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan ikut memberikan andil dalam perkembangan ekonomi kreatif nasional.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Running Festival Pada 12-13 Oktober 2024

BERIKUTNYA

Cara Menuju Gelora Bung Karno pada Jakarta Running Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: