Para peserta ajang lari maraton (Sumber gambar/ilsutrasi: pexels/ RUN 4 FFWPU)

Cara Menuju Gelora Bung Karno pada Jakarta Running Festival 2024

12 October 2024   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Jakarta Running Festival 2024 yang akan berlangsung dari 12 sampai 13 Oktober 2024 membuat pemerintah melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Genhype yang ingin mengikuti ajang lari tersebut dapat menggunakan transportasi umum atau berhenti di titik-titik tertentu untuk menuju garis awal.

Dikutip dari unggahan akun media sosial instagram Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh pemerintah membuat sejumlah jalan mengalami penutupan. Tidak hanya itu, beberapa rute transportasi umum juga mengalami penyesuaian.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Running Festival Pada 12-13 Oktober 2024

Salah satu contoh rute transportasi umum yang terdampak dengan keberadaan ajang tersebut adalah Transjakarta rute Blok M-Kota pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Transportasi bus rapid transit (BRT) rute tersebut akan beroperasi via koridor 9 dan 13 sebagai bagian dari penyesuaian.

Meskipun begitu, Genhype yang hendak menuju ke kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, tidak perlu khawatir. Genhype yang menjadi peserta atau tidak dapat tetap menuju ke kawasan GBK pada hari diadakannya ajang tersebut.

Berdasarkan unggahan akun media sosial GBK dan sumber lainya, berikut cara ke GBK:


MRT Jakarta

Moda transportasi MRT Jakarta merupakan pilihan yang praktis. Peserta dapat turun di Stasiun MRT Istora Mandiri atau Stasiun MRT Senayan. Dari stasiun tersebut, cukup berjalan kaki menuju kawasan Gelora Bung Karno. Pastikan untuk berangkat lebih awal agar tidak terlambat mencapai garis awal lari.


KRL

Alternatif lainnya adalah menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk menuju kawasan GBK. Turun di Stasiun KRL Palmerah, peserta perlu memperhitungkan waktu perjalanan dari stasiun ke lokasi acara, yang cukup jauh. Namun, perjalanan tersebut akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman atau peserta lain, apalagi dengan udara pagi yang segar.


Parkir di Pusat Perbelanjaan

Menggunakan kendaraan pribadi juga bisa menjadi pilihan. Kendaraan dapat diparkir di pusat perbelanjaan, kantong parkir di luar area GBK, atau di sekitar stasiun MRT Jakarta. Sama halnya dengan MRT, penting untuk memperkirakan waktu tempuh menuju kawasan GBK, terutama bagi yang akan mengikuti Jakarta Running Festival 2024.


Tiba Lebih Awal

Dengan adanya kebijakan rekayasa lalu lintas untuk Jakarta Running Festival 2024, banyak jalan akan ditutup. Oleh karena itu, disarankan untuk datang lebih awal sebelum kebijakan ini diterapkan. Peserta lari half marathon pada Minggu, 13 Oktober 2024, sebaiknya tiba sebelum pukul 03.45 WIB agar dapat mengantisipasi penutupan ruas jalan yang lebih banyak dibandingkan dengan penutupan pada hari sebelumnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kisai Entertainment Terima Suntikan Modal US$1 Juta, Dorong Perkembangkan Komik Indonesia

BERIKUTNYA

Car Free Day 13 & 20 Oktober Ditiadakan, Persiapan Jakarta Running Festival dan Pelantikan Presiden

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: