Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

JMFW 2025 Ungkap Peluang dan Tantangan Industri Modest Fashion Indonesia di Kancah Global

11 October 2024   |   22:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025 digelar mulai 9-12 Oktober 2024 di Hall 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD. Pameran dan peragaan busana modest fashion bertaraf internasional ini digelar berbarengan dengan pameran dagang internasional Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39.  

Ajang ini diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan promosi dan penguatan kapasitas modest fashion Indonesia di kancah internasional. Selain itu, agenda ini juga jadi bentuk komitmen Kementerian Perdagangan untuk terus mendorong peningkatan ekspor dan perluasan akses pasar ekspor untuk produk-produk unggulan Indonesia. 

Baca juga: Koleksi Busana Muslim Trendi di JMFW 2025, Cek Desain Nada Puspita Hingga Khanaan 

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI, memaparkan bahwa dirinya merasa bangga setelah modest fashion berhasil menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional. Selain peningkatan ekspor, kontribusi industri busana muslim juga menaikkan jumlah tenaga kerja. Hal ini sejalan dengan target pemerintah untuk menjadi pusat busana muslim dunia.

“JMFW sebagai ajang internasional tidak hanya menampilkan karya-karya desainer Indonesia, tapi juga menjadi momen strategis memperkuat peran Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia,” ujar Zulkifli Hasan, di JMFW 2025 ICE BSD. 

Lebih lanjut dia memaparkan, sebagai salah satu lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional, industri modest fashion akan terus ditingkatkan. Dengan demikian, Indonesia siap mengambil peran lebih besar di pasar dunia
 

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI di JMFW 2025 (Sumber Foto: Eusebio Chrysnamurti)

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan RI di JMFW 2025 (Sumber Foto: Eusebio Chrysnamurti)

Berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE) 2023, Indonesia menempati peringkat ke-3 dari 81 negara dengan ekonomi Islam terbesar di dunia. 

Negara ini juga memiliki populasi muslim terbesar di dunia, yang didukung kekayaan budaya serta pekerja muda dengan jumlah besar. Kelebihan ini merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk dapat mendominasi industri halal global. 

Sebagai bagian dari produk halal, modest fashion Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan. Potensi pasar modest fashion global diperkirakan mencapai USD 375 miliar pada 2025. Hal ini membuat Indonesia punya peluang besar untuk memperluas jangkauan pasarnya ke luar negeri dan mengokohkan posisinya sebagai pemain utama di bidang ini. 

“Catatan ini menunjukkan besarnya peluang Indonesia untuk memperluas penetrasi pasar, khususnya ke negara-negara dengan komunitas muslim yang besar seperti Malaysia, Pakistan, Persatuan Emirat Arab, dan negara-negara Eropa,” ujar Zulkifli Hasan.

Sebagai upaya untuk mewujudkannya, dia menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk mengatasi tantangan global di bidang modest fashion. Tantangan global yang dimaksud, di antaranya adalah inovasi desain, kualitas produk, perluasan pasar, serta isu keberlanjutan.

Dengan sinergi yang baik, diharapkan akan tercipta inovasi desain yang menarik serta sesuai dengan tren pasar dan kebutuhan konsumen. "Kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi pelaku industri modest fashion melalui program-program peningkatan kapasitas SDM, pembukaan akses pasar, serta kemudahan dalam proses ekspor," ujarnya. 

Selain itu, kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak juga sangat penting. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu upaya untuk menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia. 

Adapun, rangkaian acara JMFW 2025 mencakup sejumlah kegiatan, di antaranya pagelaran busana, penjajakan bisnis (business matching), kompetisi desain tekstil, dan pameran dagang yang melibatkan lebih dari 200 jenama dan menampilkan 1.000 koleksi. 

Baca juga: Pekan Mode Muslim JMFW 2025 Targetkan Transaksi US$3 Juta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Koleksi Busana Muslim Trendi di JMFW 2025, Cek Desain Nada Puspita Hingga Khanaan

BERIKUTNYA

Keseruan Lintas Melawai Hari Pertama, Festival Musik Nuansa Retro Era 1980-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: