Penulis Korea Selatan, Han Kang. (Sumber gambar: The Nobel Prize)

Penulis Korea Selatan Han Kang Sabet Hadiah Nobel Sastra 2024

10 October 2024   |   19:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penulis Korea Selatan, Han Kang, menyabet hadiah Nobel Sastra 2024. Penghargaan prestisius ini diraihnya berkat The Vegetarian, prosa puitisnya yang intens tentang pergulatan menghadapi trauma sejarah dan memperlihatkan kerapuhan kehidupan manusia.
 
Penobatan Han Kang sebagai peraih Nobel diumumkan oleh Mats Malm selaku sekretaris tetap Komite Nobel Akademi Swedia pada hari ini, Kamis (10/0/2024) di Stockholm. Han Kang menjadi penulis Korea Selatan pertama yang meraih hadiah Nobel Sastra, berkat karyanya yang berjudul The Vegetarian.
 
Adapun, Han Kang akan resmi menerima penghargaan Nobel Sastra secara langsung pada 10 Desember 2024 mendatang.

Baca Juga: Profil 2 Pemenang Nobel Fisika 2024, Ilmuwan Pelopor Fondasi AI
 
"Saya sempat berbicara dengan Han Kang lewat telepon. Dia tampak menjalani hari yang biasa saja, baru saja selesai makan malam dengan putranya. Dia tidak benar-benar siap untuk ini, tetapi kami telah mulai membahas persiapan untuk Desember, saat Han akan menerima hadiah Nobel," kata Malm dikutip dari The Guardian.
 

 
The Vegetarian merupakan novel tiga bagian yang pertama kali diterbitkan pada 2007. Novel setebal 106 halaman itu ditulis Han Kang berdasarkan cerita pendeknya berjudul "The Fruit of My Woman", yang ditulis pada 1997.
 
Berlatar di Seoul modern, The Vegetarian menceritakan kisah Yeong-hye, seorang seniman grafis paruh waktu dan ibu rumah tangga, yang memutuskan untuk berhenti makan daging setelah mimpi buruk penuh darah.
 
Mimpi itu menceritakan tentang kekejaman manusia yang dapat menyebabkan konsekuensi kehancuran dalam kehidupan pribadi dan keluarganya.
 
The Vegetarian adalah buku pertama Han Kang yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Penerjemahannya dilakukan oleh penerjemah asal Inggris, Deborah Smith, dan diterbitkan pada Januari 2015 di Inggris dan Februari 2016 di AS.
 
Sejak itu, karyanya menerima pujian kritis secara internasional. Kritikus memuji gaya penulisan Han dan terjemahan Smith. Pada Mei 2016, The Vegetarian memenangkan Penghargaan Internasional Man Booker 2016. Pada tahun yang sama, Time memasukkan novel ini ke dalam Daftar Buku Terbaik tahun 2016. 
 
"Empati Han terhadap kehidupan yang rentan, yang sering kali dialami oleh kaum perempuan, sangat terasa, dan diperkuat oleh prosa yang sarat dengan metafora. Dia memiliki kesadaran unik akan hubungan antara tubuh dan jiwa, yang hidup dan yang mati, dan dalam gaya puitis dan eksperimental telah menjadi inovator dalam prosa kontemporer," kata Anders Olsson, Ketua Komite Nobel.
 
Atas penghargaan bergengsi ini, Han Kang akan menerima hadiah berupa uang tunai sebesar 11 juta Kronor Swedia atau US$1 juta. Selain hadiah uang tunai, Han Kang dan beberapa pemenang Nobel dalam bidang lainnya akan diberikan medali pada 10 Desember 2024 mendatang.
 

 
Han Kang adalah penulis kelahiran Gwangju, Korea Selatan, 27 November 1970. Pada 1993, Han memulai karier kepenulisan sastranya dengan menulis lima puisi yang diterbitkan di majalah Korea Literature and Society.
 
Tahun berikutnya, dia memenangkan kontes sastra musim semi Seoul Shinmun dengan cerita berjudul "Red Anchor".
 
Kumpulan cerita pendek pertamanya, Love of Yeosu, terbit pada tahun 1995. Pada tahun 1998, dia berpartisipasi dalam Program Penulisan Internasional Universitas Lowa selama tiga bulan, yang didukung oleh Dewan Kesenian Korea.
 
Nama Han Kang menjadi terkenal secara internasional berkat novelnya The Vegetarian yang terbit tahun 2007. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa, termasuk Inggris, Prancis, Spanyol, dan Mandarin.
 

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Ada Jakarta Running Festival 12-13 Oktober, Cek Info Lalin Sekitar Sudirman & GBK

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: