Meditasi (Sumber gambar: Unsplash/ Shashi Chaturvedula)

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

09 October 2024   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Meditasi memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan tubuh. Salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran ini jika dilakukan secara rutin akan memperbaiki tubuh menjalankan berbagai fungsinya secara lebih baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, Genhype dapat melakukan meditasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap diri. Dengan melakukannya secara rutin, manfaat meditasi yang didapat bisa lebih besar.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tempat Meditasi di Jakarta, Cocok Buat Mengusir Stres

Terlebih, Aktivitas ini dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, kegiatan ini sebenarnya bisa menjadi salah satu agenda rutin yang dapat dilakukan  

Mengutip dari laman Kemenkes dan Healthline, berikut adalah manfaat meditasi bagi kesehatan mental dan fisik:


1. Membantu Mengurangi Stres

Meditasi dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Dengan meditasi, seseorang akan merasakan perasaan yang lebih tenang, nyaman, dan pada akhirnya menambah produktivitas.

Hal ini terjadi karena meditasi juga memiliki pengaruh pada pengurangan rasa cemas seseorang. Efek ini paling terasa bagi mereka yang memang tengah berada dalam tekanan tinggi, baik oleh pekerjaan maupun hal lain.


2. Membantu untuk Kesehatan Jantung

Mengutip laman Kemenkes, meditasi tak hanya berpengaruh pada kesehatan mental. Saat ini sudah banyak studi yang meneliti hubungan meditasi dengan kesehatan jantung. Meditasi rupanya berpengaruh pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Meditasi yang dilakukan secara rutin memiliki hubungan dalam menurunkan risiko kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, stroke, dan jantung koroner. Selain itu, meditasi juga merendahkan risiko seseorang mengalami kematian akibat serangan jantung atau stroke, setidaknya dalam kurun waktu lima tahun ke depan.


3. Memperbaiki Sisi Emosional Diri

Beberapa bentuk meditasi mampu membantu seseorang lebih mengendalikan emosi di dalam dirinya. Meditasi juga membantu seseorang dalam meningkatkan citra diri dan pandangan hidup yang lebih positif.

Sebagian besar studi menemukan bahwa orang yang telah menyelesaikan latihan meditasi, merasa lebih sedikit pikiran negatifnya. Kemudian, orang yang sering meditasi juga lebih menunjukkan kemampuannya untuk meningkatkan rasa welas asih orang terhadap diri mereka sendiri dan orang lain


4. Memperpanjang Rentang Perhatian

Meditasi juga punya peran besar dalam memperpanjang rentang fokus atau perhatian seseorang. Dengan demikian, seseorang bisa tetap fokus terhadap pekerjaan maupun hal-hal lain yang sedang dilakukannya.

Dalam beberapa penelitian, ditemukan pengaruh antara meditasi dengan peningkatan perhatian dan akurasi saat menyelesaikan tugas. Pengaruh secara spesifik akan dirasakan terutama jika pekerjaannya berkaitan dengan hal-hal visual.


5. Membantu Mengurangi Kehilangan Memori Hari Tua

Meditasi akan membantu otak dan tubuh secara lebih baik, terutama dalam kejernihan dalam berpikir. Hal ini secara jangka panjang akan membuat seseorang lebih berisiko lebih rendah kehilangan memori, terutama saat mereka mulai menginjak usia lansia. Selain itu, meningkatkan perasaan dan tindakan positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Baca juga: Hypereport: Potensi Meditasi & Retret Spiritual Jadi Arah Baru Wisata Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Festival Lintas Melawai Kembali Digelar, Cek Agenda & Pengisi Acaranya

BERIKUTNYA

Pekan Mode Muslim JMFW 2025 Targetkan Transaksi US$3 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: