Food vlogger (Sumber gambar: Unsplash/ Pablo Merchán Montes)

Food Vlogger Populer dan Favorit di Indonesia, ada Next Carlos hingga Ria SW

09 October 2024   |   15:13 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini YouTuber yang membuat konten bertema makanan jumlahnya kian banyak. Mereka kerap menyebut dirinya sebagai food vlogger, yakni orang yang membuat ulasan, baik rasa maupun suasana, terhadap makanan atau minuman yang dicicipinya.

Konten-konten food vlogger umumnya banyak disukai karena mereka memberikan inspirasi dan pengalaman baru tentang makanan. Tak jarang, penonton pun menjadi penasaran terhadap kuliner tertentu yang diulas dengan baik oleh food vlogger ini.

Di luar itu, konten-konten food vlogger juga enak ditonton, terutama sebagai teman makan. Ketika menonton review makanan, nafsu makan dari penonton seolah juga terbentuk.

Di Indonesia, jumlah mereka juga terus bertambah dan memberikan warna baru bagi khazanah kuliner Nusantara. Berikut adalah rekomendasi food vlogger populer dan favorit di Indonesia. 

Baca juga: Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!
 

1. Tanboy Kun


Tanboy Kun merupakan salah satu food vlogger Indonesia dengan jumlah subscriber terbanyak. Bergabung di YouTube sejak 2016, pria bernama asli Bara Ilham ini telah mendapatkan lebih dari 19,3 juta pengikut. Dengan 906 video yang telah diunggahnya, food vlogger yang populer berkat konten mukbang ini secara keseluruhan telah ditonton sebanyak 4.345.988.582 kali.

Mukbang atau makan besar memang menjadi salah satu konten andalan Tanboy Kun. Selain itu, dia juga gemar menantang diri dengan makan makanan super pedas. Gayanya yang santai dan humoris membuat pembawaannya banyak disukai. Tak mengherankan bila video-video barunya kerap menjadi trending dan mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat.


2. Next Carlos 


Bicara soal food vlogger di Indonesia, nama Nex Carlos memang tak bisa disingkirkan begitu saja. Dengan konsep Makan Keliling Indonesia, Nex Carlos telah memberi warna apik dalam khazanah kuliner Nusantara. Jargon Makan Cuy juga membuat branding yang dimilikinya makin kuat. 

Next mulai membuka YouTube sejak 2016 dan hingga kini telah memiliki lebih dari 5,04 juta subscriber. Dari 786 video yang telah dibuatnya, kanal YouTube ini telah ditonton lebih dari 1.470.081.354 kali. Konten-konten yang dibuat Nex lebih banyak menyajikan makanan yang autentik di berbagai kota, dari kaki lima hingga restoran terkenal. 


3. Ria SW  


Telah membuat akun YouTube sejak 2012, Ria SW sekarang sudah mampu mendapatkan lebih dari 4,41 juta subscriber. Dari 232 video yang sudah diunggahnya, konten-konten Ria telah ditonton sebanyak 941.267.681 kali. Youtuber perempuan ini mengedepankan pendekatan menarik dari konten yang dibuatnya.

Dia sering berinteraksi dengan para penjual makanan. Ketika sedang menyantap makanan, Ria tak hanya membahas rasa, tetapi juga pengalamannya secara keseluruhan. Perempuan bernama asli Ria Sukma Wijaya ini lebih banyak mengeksplorasi street food di berbagai kota, baik Indonesia maupun mancanegara.


4. Ken & Grat  


Ken & Grat adalah pasangan suami istri yang berprofesi sebagai food vlogger. Salah satu konten terkenal mereka adalah membandingkan rasa makanan yang sama dari yang harganya murah hingga yang paling mahal. Selain itu, gaya mereka yang santai dan chemistry keduanya membuat kontennya lebih hidup dan menarik.

Ken & Grat lebih banyak membuat konten review makanan dari restoran dan kafe, meski terkadang juga kerap di rumah makan kaki lima. Sejak bergabung pada 2015 di YouTube, kanal suami istri ini telah mendapatkan 2,93 juta subscriber dengan lebih dari 1.380 video telah diunggah. Secara total, konten-konten mereka telah ditonton sebanyak 879.241.935 kali.


5. Gerry Girianza  


Gerry Girianza mulanya adalah seorang chef, tetapi dia kemudian lebih terkenal sebagai food vlogger. Dengan latar belakang yang kuat, Gerry kerap memberikan informasi yang menarik dan mendalam soal masakan, termasuk teknik memasak dan bumbu-bumbu unik di dalamnya. 

Gerry telah menjadi food vlogger sejak 2015 dan telah mengunggah lebih dari 946 video. Dengan jumlah subscriber mencapai 1,45 juta, konten-konten di dalamnya telah ditonton sebanyak 348.717.328 kali. Gerry kerap mengajak pasangannya, Bella Kuku Tanesia yang juga food vlogger untuk mencicipi makanan bersama. 


6. Codeblu  


Codeblu merupakan food vlogger baru yang cukup menghebohkan dunia kuliner. Sebab, dia dikenal kerap me-review makanan apa adanya dan to the point. Ada yang menyukainya, tetapi tak sedikit pula yang menyayangkannya karena dianggap akan mematikan bisnis orang. Pro dan kontra yang terjadi ini membuatnya cepat naik.

Namun, di luar itu, gaya bicaranya yang simpel dan ulasan makanan yang mendalam membuat banyak orang menyukai isi kontennya. di YouTube, Codeblu baru mendapatkan 39,5 subscriber, tetapi di TikTok dia telah diikuti lebih dari 1,3 juta. 

Baca juga: Pengen Jadi Vlogger? Yuk Cek Tip & Trik Vlogging Expert Ala Maudy Ayunda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Indonesia Masuk ke dalam Negara Paling Ramah di Berbagai Survei

BERIKUTNYA

Rangkaian Kreasi Baru Para Seniman Tradisi Bakal Hadir di Festival Budaya Panji 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: