Keramahan orang Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Gocha Szostak)

Indonesia Masuk ke dalam Negara Paling Ramah di Berbagai Survei

09 October 2024   |   14:01 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Keramahan masyarakat Indonesia bukan sekadar isapan jempol belaka. Dari berbagai hasil survei internasional, banyak orang yang telah berkunjung ke Indonesia merasa bahwa orang-orang di dalamnya berperilaku ramah, sering menyapa, dan tersenyum. 

Bagi orang Indonesia, hal tersebut memang sudah lumrah dilakukan. Namun, bagi orang yang memang bukan berlatar budaya orang Indonesia, keramahtamahan tersebut telah memberi kesan yang dalam. 

Baca juga: 5 Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Lembaga InterNations misalnya, pada 2024 ini mereka baru saja merilis hasil survei tentang indeks kemudahan menetap di sebuah negara. Mereka membaginya ke dalam tiga subkategori, yakni kemudahan mencari teman, budaya dan sambutan, serta keramahtamahan warga lokal.

Dalam subkategori keramahtamahan itu, Indonesia kembali masuk ke jajaran teratas. Nama Indonesia berada di urutan kedua dari total 53 negara yang masuk ke dalam jangkauan survei mereka. Dalam survei tersebut, Indonesia hanya kalah dari negara Costa Rica. Negara teramah di posisi ketiga dan seterusnya diisi oleh Brasil, Filipina, dan Vietnam.

Survei ini memiliki metodologi yang ilmiah. Survei diukur dari beberapa indikator, seperti seberapa ramah masyarakat lokal, seberapa sering berinteraksi dengan orang asing, dan seberapa bahagia mereka ketika sedang menetap di sebuah negara.

Negara Ramah versi InterNations: 
  1. Costa Rica
  2. Indonesia
  3. Brazil
  4. Filipina
  5. Vietnam

Tak jauh berbeda, dalam laporan World Population Review bertajuk Friendliest Countries 2023, Indonesia juga masuk ke jajaran teratas. Indonesia berhasil menempati posisi keempat. 

Menurut situs tersebut, keramahan ini sepenuhnya dinilai bergantung pada pengalaman pribadi masing-masing individu, terutama saat mereka berada di sebuah negara. Pengalaman pribadi, sikap positif terhadap pendatang, dan budaya biasanya menjadi acuan yang memengaruhi hal tersebut.

Negara Ramah versi Worlds Population Review:
  1. Meksiko
  2. Brasil
  3. Filipina 
  4. Indonesia 
  5. Vietnam

Lalu, kantor berita asal AS, US News, juga pernah melakukan jajak pendapat soal negara paling ramah sedunia pada 2023. Analisis tersebut menggunakan 87 negara dengan melibatkan responden dari seluruh dunia. Dalam survei ini, Indonesia hanya menempati urutan ke-33.

Adapun negara-negara yang menempati posisi lima besar di antaranya ialah Australia, Spanyol, Selandia Baru, Kanada, dan Italia.

Negara Ramah versi US News:
  1. Australia
  2. Spanyol
  3. Selandia Baru
  4. Kanada
  5. Italia 

Kendati demikian, perlu diakui Indonesia memang tidak selalu berada di jajaran atas soal keramah tamahan. Hal ini bergantung pada metodologi survei dan keikutsertaan negara partisipasi.

Dalam survei yang dilakukan CN Traveller misalnya. Laporan bertajuk Readers’ Choice Awards 2024 ini, mereka mencoba memberikan apresiasi terhadap beberapa kategori yang berhubungan pada pengalaman seseorang berwisata. Salah satunya adalah keramahan. 

Mereka meminta para responden dan wisatawan yang bepergian memberi penilaian tentang tempat-tempat yang dikunjunginya, terutama soal keramahan. Sayangnya, Indonesia tidak masuk ke dalam daftar tersebut. Negara yang dianggap ramah dalam laporan tersebut adalah Austria, Irlandia, Kroasia, Portugal, dan Yunani. 

Baca juga: Street Food dari Berbagai Negara, Wajib Dicoba Saat Berwisata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik Novel Dongeng Kucing, Fabel Fantasi Pertama Boy Candra

BERIKUTNYA

Food Vlogger Populer dan Favorit di Indonesia, ada Next Carlos hingga Ria SW

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: