Lady Gaga di film Joker: Folie à Deux. (Sumber foto: Warner Bros)

Cari Akses Streaming Film Joker Gratis? Hati-hati Jadi Korban Phishing

07 October 2024   |   18:21 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Film Joker: Folie à Deux sudah tayang di bioskop secara global termasuk Indonesia sejak pekan lalu. Kendati demikian, di tengah kurang larisnya film yang turut dibintangi Lady Gaga di box office Amerika Serikat ini, muncul isu kejahatan siber berupa phishing bagi mereka yang mencari akses menonton gratis. 

Dari tinjauan pakar keamanan global Kaspersky, pelaku kejahatan siber memanfaatkan momen jelang pemutaran perdana Joker: Folie à Deux di bioskop di seluruh dunia untuk melakukan penipuan phishing. Penggemar yang ingin menonton film baru tersebut secara daring berisiko tertipu dan memberikan data sensitif dan uang mereka.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Cegah Kejahatan Phishing di Twitter
 
Pakar Kaspersky mengidentifikasi adanya penawaran untuk berlangganan guna menonton film tersebut secara gratis melalui situs web palsu. Pengguna diminta memasukkan informasi kartu kredit untuk mendaftar, sementara film yang dijanjikan tidak pernah dapat diakses. 

Alhasil, para penipu memperoleh akses ke detail kartu korban. Para penjahat siber ini lantas dapat menggunakannya untuk transaksi penipuan atau untuk berjualan di dark web.
 

Ilustrasi penjahat siber. (Sumber gambar: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Ilustrasi penjahat siber. (Sumber gambar: Pexels/Tima Miroshnichenko)


Jenis penipuan kedua yang ditangkap radar Kaspersky yakni mengeksploitasi merek film Joker untuk memikat korban ke dalam skema investasi palsu, hadiah cuma-cuma, atau jebakan serupa. Penjahat siber membuat situs web phishing yang mengklaim menawarkan akses gratis ke film tersebut. 

Ketika pengguna mencoba memutar video, mereka akan diarahkan ke halaman lain. Halaman ini sering kali mempromosikan skema menghasilkan uang dengan cepat dan mudah, menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam hadiah cuma-cuma, atau mungkin keuntungan lainnya. 

Dalam kasus yang diungkap oleh Kaspersky, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi, sehingga pelaku dapat menghubungi mereka dengan peluang investasi palsu atau detail kartu kredit, misalnya, untuk membayar pengiriman hadiah.
 
Agar tidak jadi korban, Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky menyarankan pengguna internet atau media sosial sebaiknya memverifikasi dengan cermat tempat mereka memasukkan informasi sensitif.

“Pasang perangkat lunak antivirus yang andal yang dapat memperingatkan terhadap situs web yang mencurigakan atau berbahaya,” tuturnya, dikutip Hypeabis.id, Senin (7/10/2024). 

Untuk melindungi diri dari risiko terkait phishing, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan penggemar film Joker saat menjelajahi konten daring yang terkait dengan pemutaran film ini. Pertama, waspadal terhadap email, pesan, atau situs web mencurigakan yang menawarkan penawaran eksklusif atau gratis. Selalu verifikasi sumber sebelum membagikan informasi pribadi atau keuangan.

Kedua, berhati-hatil saat memberikan informasi sensitif secara daring, seperti alamat, nomor telepon, atau detail keuangan. “Hanya gunakan platform yang aman,” tegas Olga.

Ketiga, pastikan situs web memiliki koneksi yang aman dengan mencari "https://" di URL dan simbol gembok di bilah alamat. Keempat, andalkan solusi keamanan tepercaya seperti yang dapat mengidentifikasi situs berbahaya dan phishing. 

Kelima, tetap gunakan situs web resmi, pengecer resmi, dan sumber yang memiliki reputasi baik untuk konten apa pun. Hal ini dapat mencegah Genhype dari penipuan daring.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

1 Dekade Pemerintahan Jokowi & Janji-Janji Pemajuan Kebudayaan

BERIKUTNYA

5 Desain Arsitektur Dunia yang Menjadi Ikon Hingga saat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: