Sejumlah murid SMA Kolese Gonzaga mengikuti jalan sehat saat Gonzaga Sunday Festival 2024 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/10/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

1.000 Peserta Jalan Sehat Meriahkan Pra-Acara Gonzaga Festival 2024

06 October 2024   |   15:23 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Sekitar 1.000 peserta dari SMA Kolese Gonzaga, termasuk siswa, akademisi, dan orang tua, berpartisipasi dalam jalan sehat pada Minggu (06/10/2024). Dimulai dari Gelora Bung Karno dan berakhir di Bundaran HI, acara ini tidak hanya sekadar kegiatan olahraga, tetapi juga merupakan bagian dari rangkaian pra-acara menuju Gonzaga Festival 2024.

Kepala Sekolah SMA Kolese Gonzaga Peter Eduard C. Ratu Dopo menjelaskan bahwa tujuan utama dari Gonzaga Sunday Festival adalah untuk membangun komunitas dan mempererat hubungan antara orang tua dan siswa dalam konteks pendidikan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi semua peserta untuk bersatu dan merayakan nilai-nilai kebersamaan yang sangat penting dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka.

Baca juga: 10 Event Seru Akhir Pekan 5-6 Oktober 2024 di Jakarta

Dengan partisipasi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk akademisi dan orang tua, acara ini menunjukkan komitmen SMA Kolese Gonzaga dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung pendidikan. Sebelumnya, pada tanggal 5 Oktober 2024, sekolah juga sukses menggelar Gonzaga Parents Day, menandakan dukungan yang kuat dari orang tua dalam mendampingi perjalanan pendidikan siswa.

“Dari tema Yang Muda Yang Berkarya yang tercermin pada fun walking ini, diharapkan mereka [siswa] punya kesadaran lingkungan. Jadi pendidikan itu lebih relevan ketika mereka punya kesadaran terhadap isu-isu di masyarakat,” ucap Peter.

 

Kepala SMA Kolese Gonzaga, Pater Eduard Calistus Ratu Dopo berpose saat Gonzaga Sunday Festival 2024 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Kepala SMA Kolese Gonzaga, Pater Eduard Calistus Ratu Dopo.  (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Tema ini lahir setelah melihat banyaknya isu-isu di masyarakat yang mendorong adanya harapan untuk melahirkan sikap kritis, serta keberanian untuk bersuara dan menggaungkan berbagai pendapat atau gagasan dari para siswa-siswi untuk masyarakat.

Uniknya, lebih dari sekadar jalan sehat, Gonzaga Sunday Festival juga menyajikan beberapa penampilan dari Laskar Gonz dan Foxy Dance atau dance crew SMA Kolese Gonzaga yang tampil selama waktu istirahat yang dilakukan di beberapa titik menuju Bundaran HI. Acara ini juga ditujukan sebagai wadah promosi Gonzaga Festival 2024.

Gonzaga Sunday Festival hanyalah awal dari rangkaian kegiatan menuju acara puncak, yaitu Gonzaga Festival 2024 yang akan berlangsung dari 2 hingga 9 November 2024. Acara tahunan ini tidak hanya digelar untuk merayakan HUT SMA Kolese Gonzaga, tetapi juga menjadi ajang untuk menumbuhkan dan mengasah minat serta bakat siswa-siswi Gonzaga, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh pelajar di Indonesia yang ingin ikut berkompetisi.
 

Sejumlah murid SMA Kolese Gonzaga mengikuti jalan sehat saat Gonzaga Sunday Festival 2024 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/10/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Sejumlah murid SMA Kolese Gonzaga mengikuti jalan sehat saat Gonzaga Sunday Festival 2024 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/10/2024). (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)


Dalam Gonzaga Festival 2024, peserta akan bersaing di tiga kategori utama: akademik, seni, dan olahraga. Untuk kategori akademik, berbagai perlombaan menarik akan digelar, seperti debat Bahasa Indonesia, olimpiade IPA dan IPS, Model United Nations (MUN), storytelling, hingga lomba pidato. Dengan skala yang lebih besar dan cakupan kompetisi yang beragam, festival ini menjanjikan pengalaman yang memperkaya sekaligus menginspirasi para pelajar.

Sedangkan, untuk kategori seni meliputi lomba solo vokal, modern dance, tari tradisional, band, short movie, fotografi, dan melukis. Sementara itu, untuk kategori olahraga akan diisi lomba basket putra, basket putri, mini soccer, voli putra, catur, dan wall climbing. 

Menariknya, menurut Cornelis Hugo Pascual Delaney atau Onel, Ketua Pelaksana Gonzaga Festival 2024, perlombaan ini tak hanya dibuka untuk siswa-siswi di tingkat SMA, tapi juga siswa-siswi di tingkat SD dan SMP.

“Dalam Gonzaga Festival ini kami menyajikan tema yang menarik dan bermakna di setiap tahunnya. Jadi tidak hanya sekadar pertunjukan dan perlombaan saja, namun juga selalu ada makna dalam setiap kegiatan yang kami lakukan untuk Gonzaga Festival ini,” tutur Onel.

Nantinya, rangkaian acara Gonzaga Festival ini juga akan menghadirkan artis-artis papan atas seperti Nidji, The Adams, dan Kahitna yang akan meramaikan penutupan dari Gonzaga Festival 2024. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Daftar Pemain 'Kemah Terlarang Kesurupan Massal,' Ada Callista Arum Sampai Derby Romero

BERIKUTNYA

Rekomendasi 6 Drama China di WeTV untuk Tontonan Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: