Ilustrasi lomba 17 Agustus di sekolah. (Sumber: Unsplash/Rafael Atantya)

8 Ide Lomba 17 Agustusan di Sekolah, dari Makan Kerupuk hingga Turnamen Esport

16 August 2023   |   14:16 WIB
Image
Ni Made Tasyarani Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Like
Hari kemerdekaan 17 Agustus identik dengan berbagai perayaan, salah satunya lomba yang kerap diselenggarakan oleh masyarakat. Beberapa lomba populer diselenggarakan oleh berbagai kalangan, mulai dari lomba balap karung, makan kerupuk, hingga lomba lari estafet.

Jika Genhype sedang merencanakan perlombaan 17 Agustus, berikut beberapa ide unik yang bisa kalian coba. Jenis-jenis lomba berikut dipastikan akan mampu menambah keseruan dan kemeriahan hari kemerdekaan, baik jika dilakukan dalam skala kecil hingga besar. Yuk, simak daftarnya!

Baca juga: 7 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Anak-Anak 2023, dari Pecah Balon hingga Balap Karung Pakai Helm
 

1. Lomba Makan

Tak hanya makan kerupuk, kalian tentunya juga dapat merencanakan lomba makan jenis lain, seperti makan mi, roti, nasi goreng, ataupun jenis makanan khas Indonesia lainnya. Seperti lomba makan pada umumnya, penentuan pemenang dapat dilakukan dengan siapa yang tercepat menghabiskan makanannya.
 

2. Lomba Memindahkan Karet dengan Tusuk Gigi

Dalam pelaksanaannya, lomba ini dilakukannya secara beregu yang terdiri dari dua orang. Satu orang harus berusaha memindahkan karet gelang yang ada pada tusuk giginya ke tusuk gigi yang dibawa oleh teman satu tim.

Perlombaan ini cukup menantang karena tusuk gigi dibawa dengan menggunakan mulut. Jadi, tim yang paling cepat memindahkan karetnya akan menjadi pemenangnya.

Baca juga: 5 Makna & Sejarah Perlombaan 17 Agustusan, Bakiak sampai Panjat Pinang
 

3. Lomba Kostum

Buat suasana yang semakin meriah dengan menampilkan rangkaian peserta lomba kostum. Kalian bisa siapkan tema kostum atau membebaskan peserta untuk menggunakan kostum apapun sekreatif mungkin. Tentunya, peserta dengan kostum paling kreatif, unik, dan menarik adalah pemenangnya.
 

4. Lomba Memasukkan Paku ke Botol

Dilakukan secara individu, lomba ini melibatkan peserta yang mampu memasukkan paku ke dalam botol dengan durasi tercepat. Adapun paku diikatkan pada tali, yang kemudian tali tersebut dilingkarkan ke pinggang peserta.

Jadi, tantangan dari lomba ini datang dari paku yang susah dikontrol karena terikat pada tali yang cukup panjang dan memasukkannya ke dalam mulut botol yang kecil. 
 

5. Lomba Balap Karung Menggunakan Helm

Tambahkan properti helm untuk digunakan peserta untuk menambah tantangan dalam lomba. Akan lebih sulit untuk meloncat-loncat di atas karung dengan menggunakan helm.
 

6. Lomba Merias

Ide ini bisa kalian lakukan dengan menyiapkan peserta yang terdiri dari dua orang, sebagai perias dan yang dirias. Kalian pun dapat melibatkan peserta yang merupakan pasangan atau kakak beradik, menambahkan tema, dan berkreasi sekreatif mungkin dalam membuat persyaratan pada lomba ini.
 

7. Lomba Panjat Pinang

Hari 17 agustus tak lengkap jika tak ada lomba panjat pinang. Meski biasanya dilakukan di RT/RW, lomba ini masih cocok untuk diselenggarakan di sekolah. Tidak perlu pinang yang terlalu tinggi, cukup ukuran sedang. Kalian pun dapat menambahkan berbagai hadiah unik dan menarik untuk lomba ini, seperti alat-alat rumah tangga hingga mainan yang sedang nge-trend
 

8. Lomba e-sport

Perlombaan ini cocok untuk dilakukan di dalam ruangan. Jadi, kalian bisa mengajukan ide ini jika sedang menyiapkan acara untuk merayakan hari ulang tahun di kantor, sekolah, dan tempat-tempat di dalam gedung lainnya.

Baca juga: 7 Ide Hadiah Lomba 17 Agustus, Spesial & Berkesan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Eksplorasi Cinta Laufey di Album Bewitched, Rilis 8 September 2023

BERIKUTNYA

Daftar Film Penuh Pesan Nasionalisme, Cocok Ditonton pada Momen Liburan Hari Kemerdekaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: