Pameran Adiwastra Nusantara 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (17/5/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Tips Padupadan Batik Agar Tampil Modis Tanpa Menghilangkan Esensi Tradisional

02 October 2024   |   19:27 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, telah berkembang menjadi lebih dari sekadar kain tradisional. Kini, batik telah mengalami transformasi menjadi bagian dari tren fesyen modern yang dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara formal hingga kasual.

Dengan makin banyak desainer dan fashion enthusiast yang memadukan batik dalam berbagai gaya, batik pun makin fashionable dan relevan dengan gaya hidup masa kini.

Baca juga: Tak Hanya Baju, 5 Produk Fashion dari Batik Bikin Penampilan Tambah Kece

Namun, bagaimana cara tepat memadukan batik agar terlihat stylish tanpa menghilangkan esensi tradisionalnya? Berikut beberapa tips padupadan batik yang bisa membuat penampilan Genhype makin modis dari fashion stylist Yoland Handoko.


1. Kombinasikan Batik dengan Fashion Item Modern

Batik kini dapat dipadukan dengan fesyen item modern seperti jaket denim, outer berbahan kulit, atau bahkan sneakers. Menurut Yoland yang kerap memadukan elemen tradisional dengan sentuhan kontemporer, perpaduan ini bisa memberikan kesan segar dan urban pada batik.

"Batik tidak harus selalu terlihat formal. Cobalah untuk mengenakannya dengan crop top atau blazer oversized untuk tampilan yang lebih edgy dan kasual," ujar Yoland dalam konferensi pers Tokopedia, Rabu (2/10/2024).


2. Pilih Motif dan Warna yang Sesuai

Menurut Yoland penting mengetahui undertone kulit sebelum memilih warna pakaian, khususnya batik. Berbicara mengenai undertone, tidak hanya sekadar kulit sawo matang atau putih, tapi ada undertone yang warm, cool, neutral, bahkan kehijauan (olive).

Menurut Yoland, mereka yang memiliki warm undertone, cocok menggunakan warna-warna hangat seperti kuning mustard atau merah maroon. Untuk yang memiliki cool undertone, pilihan warna seperti biru atau perak akan lebih sesuai.

“Jika ingin kelihatan lebih maksimal, penting untuk mencocokkan warna batik dengan undertone kulit. Ini akan membuat tampilan lebih harmonis," ucapnya.

Dia juga memberikan tips sederhana untuk mengetahui undertone seseorang dengan cara melihat warna urat nadi di pergelangan tangan. Jika uratnya lebih hijau, itu berarti warm undertone, sedangkan jika kebiruan mengarah ke cool undertone. 

Memilih motif dan warna batik yang tepat juga sangat penting. Untuk tampilan yang lebih santai, pilih motif yang simpel dengan warna-warna soft seperti pastel atau nude. Namun, jika ingin tampil lebih berani, Yoland menyarankan untuk memilih batik dengan motif besar atau warna-warna bold seperti merah, biru tua, atau kuning mustard.

"Motif batik yang lebih minimalis bisa memberikan tampilan yang elegan, sedangkan motif yang lebih besar dan mencolok cocok untuk acara yang membutuhkan statement look," tutur Yoland.


3. Gunakan Batik Sebagai Statement Piece

Jika Genhype masih ragu untuk mengenakan batik dari kepala hingga kaki, gunakan batik sebagai statement piece dalam tampilanmu. Misalnya, memilih rok batik untuk dipadukan dengan atasan polos atau bisa menggunakan atasan batik yang dipadukan dengan celana jeans. Ini memberikan sentuhan budaya tanpa membuat penampilan terlalu ‘ramai.’

Menurutnya, batik dapat menciptakan statement yang kuat saat dipadukan dengan item fesyen yang sederhana namun stylish. "Kuncinya adalah menjaga kesederhanaan pada elemen lain dari outfit, sehingga batik bisa menjadi fokus utama," ungkap Yoland.


4. Eksplorasi Siluet yang Unik

Sementara itu, Genhype menginginkan tampilan yang lebih fashionable, pertimbangkan untuk bereksperimen dengan potongan batik yang tidak biasa. Misalnya, gaun batik dengan model asimetris, jumpsuit batik, atau bahkan celana kulot batik bisa menjadi pilihan yang segar. Apalagi saat ini, desainer makin kreatif menghadirkan siluet baru untuk batik, sehingga bisa membuat tampilan Genhype makin modis.


5. Batik untuk Segala Kesempatan

Tidak hanya untuk acara formal, batik kini juga cocok digunakan sehari-hari, bahkan untuk bekerja atau hangout. Genhype bisa memadukan batik dengan t-shirt untuk suasana santai, atau menggunakan dress batik dengan potongan modern untuk acara semi-formal.

Menurut Yoland Handoko, batik sangat versatile dan bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Penting untuk merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya, karena itulah yang membuat penampilan terlihat lebih baik.

"Batik bukan lagi hanya pakaian untuk acara adat atau formal, tapi bisa menjadi bagian dari gaya sehari-hari yang modis dengan padupadan yang tepat," ujarnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi Infinix Smart 9, Ponsel Entry Level yang Diklaim Tahan Banting

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap MPL ID S14 Week 9, Sudah 5 Tim Lolos Playoff

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: