Ragam Motif Batik (Sumber Gambar: iniizah/unsplash)

Tak Hanya Baju, 5 Produk Fashion dari Batik Bikin Penampilan Tambah Kece

02 October 2024   |   11:01 WIB

Batik merupakan warisan budaya yang sudah melekat sebagai identitas Bangsa Indonesia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan tak benda. Oleh karena itulah, setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Untuk merayakan hari batik, pada umumnya orang akan mengenakan baju batik dengan berbagai motif.

Seiring dengan modernisasi dan kreativitas pengrajin batik, kini kain batik tidak hanya diaplikasikan pada baju. Namun, banyak juga produk fashionable lain yang bisa bikin pemakainya jadi makin kece. Beberapa produk dari kain batik tersebut di antaranya.

Baca juga: Keseruan Perayaan Hari Batik Nasional 2024 di Museum Batik Indonesia TMII


1. Tas Batik

Tas batik by Batika Bag, Sumber: Instagram Batika Bag

Tas Batik (Sumber gambar: Instagram batika_bag)

Pada umumnya, tas dibuat dari bahan kulit atau kain polos. Tapi siapa sangka, kalau kain bermotif batik yang biasa digunakan untuk baju, juga bisa mempercantik tas. Baik tas jinjing maupun tas ransel akan semakin manis dengan sentuhan kain batik.

Penggunaan kain batik dalam produk tas bisa secara keseluruhan atau sebagai aksen pada bagian-bagian tertentu pada tas. Keduanya akan tetap membuat tas batik terlihat menarik. Pemakaian tas batik cocok digunakan sehari-hari, baik untuk acara formal maupun nonformal.


2. Sepatu dan Sandal batik

Sepatu batik by shoekashoes, Sumber: Instagram,

Sepatu Batik (Sumber gambar: Instagram shoekashoes)


Menunjukkan rasa cinta dan nasionalisme terhadap Indonesia juga bisa dilakukan dengan menggunakan sepatu batik. Selain sebagai wujud bangga pada budaya batik, penggunaan sepatu batik juga bisa menunjang penampilan sehari-hari.

Ada beragam model sepatu dan sandal dari batik mulai dari sneakers, slip on, flat shoes, hingga sandal jepit dari batik. Pemilihan model sepatu bisa menyesuaikan dengan kondisi dan situasi pemakainya. Misalnya flat shoes batik yang cocok untuk mempermanis outfit saat pergi ke kantor, atau sandal jepit yang akan membuat pemakainya makin kece saat jalan-jalan ke mall.


3. Syal dan Scarf Batik

Scarf Batik by Caviarwear, Sumber: Instagram Caviarwear

Scarf Batik (Sumber gambar: Instagram Caviarwear)

 

Syal dan scarf merupakan aksesori fashion yang dipakai di leher atau kepala. Pada dasarnya syal dan scarf difungsikan untuk menjaga leher atau kepala tetap hangat saat cuaca dingin. Namun penggunaannya kini tak hanya terfokus pada fungsi tersebut, syal dan scarf juga sebagai pelengkap outfit yang turut mempercantik gaya berpakaian.

Syal dan scarf batik sangat cocok digunakan untuk memberikan aksen motif yang tidak berlebihan pada baju yang polos. Scarf bisa digunakan dengan Beragam cara, seperti dengan mengalungkannya di leher, bisa juga dengan membuat simpul cantik di leher. Aksen batik pada scarf dapat menambah kesan manis dan feminin pada outfit yang dikenakan. 
 

4. Topi Batik

Topi Batik by Jumputan_inten, Sumber: Instagram jumputan_inten

Topi Batik (Sumber: Instagram jumputan_inten)


Sama seperti syal dan scarf, penggunaan topi kini tak hanya sebagai pelindung kepala namun juga sebagai aksesoris berpakaian. Kain batik juga bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis topi. pengaplikasian batik pada topi dapat memberikan sentuhan unik yang berakar dari budaya lokal.

Motif batik pada topi bisa sebagai elemen utama atau hanya sebagai aksen untuk mempermanis topi di beberapa bagian. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan dalam memilih jenis topi. Topi batik model bucket hat misalnya, akan sangat cocok bila dipadukan dengan outfit yang santai seperti T-shirt


5. Perhiasan Batik

Gelang Batik Kayu, Sumber: Instagram sanggarpeni

Gelang Batik Kayu (Sumber Gambar: Instagram sanggarpeni)


Perhiasan batik menggabungkan keindahan motif batik dalam desain perhiasan. Gelang, menjadi perhiasan yang cukup banyak mengaplikasikan motif batik. Gelang batik dapat dibuat dari bahan kain, kayu, hingga logam. Pengaplikasian kain batik dalam gelang bisa dengan melilitkannya pada bahan utama gelang sehingga memberikan motif yang berasal dari kain itu sendiri.

Sementara gelang batik dari kayu, bisa dengan mengukir atau melukis motif batik langsung pada gelang yang berbahan dasar kayu sehingga menambah kesan alami dan tradisional.

Mencintai batik sebagai produk budaya Indonesia salah satunya dengan cara menggunakan produk fashion bermotif batik dalam outfit sehari-hari. Produk tersebut, sudah banyak diproduksi oleh umkm dengan desain yang beragam.

Kreativitas para pengrajin menggabungkan kekayaan tradisi batik Indonesia dengan sentuhan fungsional modern yang disesuaikan dengan kebutuhan membuat batik semakin bernilai. Membeli produk fashion dengan motif batik juga merupakan upaya untuk mendukung para pengrajin batik di Indonesia, agar batik Indonesia tetap lestari. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Museum Purba Sangiran Gelar Kenduri Agung, Ada Kirab Tumpeng & Wayang Kulit

BERIKUTNYA

Resep Jajanan Unik Stik Donat ala Chef Jerry Andrean

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: