Artis sekaligus politisi Marissa Haque. (Sumber gambar: Marissa Haque/Instagram)

Aktris Marissa Haque Meninggal Dunia, Simak Profil & Rekam Jejak Kariernya

02 October 2024   |   08:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Artis senior sekaligus politisi Marissa Haque dikabarkan meninggal dunia pada Rabu dini hari, (2/10/2024). Kabar duka ini disampaikan oleh pihak keluarga almarhumah melalui pesan singkat yang diterima oleh Hypeabis.id. Marissa Haque, yang merupakan istri aktor dan penyanyi Ikang Fawzi, berpulang pada usia 61 tahun.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Telah berpulang dengan tenang ke Rahmatullah, Assoc. Prof. Dr. Marissa Grace binti Haque - Fawzi, pada hari Selasa, 2 Oktober 2024 pukul 00.50 WIB," tulis keterangan yang diterima Hypeabis.id.

Adapun, alamat rumah duka keluarga Marissa Haque yakni di Perumahan Pelangi Bintaro Jl. WR Supratman No.9 Tangerang Selatan 15412. Namun, informasi lokasi dan jam pemakaman akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak keluarga.

"Semoga Almarhumah diampuni segala dosanya, diterima segala amal ibadahnya dan berpulang dalam Husnul Khotimah, dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT," tulis pesan singkat tersebut. 

Baca juga: Profil Aghniny Haque, Pemeran Kiran dalam Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Keluarga yang berduka atas kepergian Marissa Haque, antara lain Ikang Fawzi (Suami), Isabella Muliawati Fawzi (Anak), dan Marsha Chikita Fawzi (Anak). Kepergian sang ibunda juga telah disampaikan putri bungsu Marissa Haque-Ikang Fawzi, yaitu Chiki Fawzi melalui akun Instagram resmi miliknya. 

"Telah berpulang ke Rahmatullah Ibu Marissa, Ibu saya. Ibuku cuma mau dimakamkan di Tanah Kusir, caranya gimana? Instagram please do your magic," tulis akun @chikifawzi di Instagram Story. 

Kabar kepergian Marissa Haque pun cukup mengejutkan publik. Pasalnya, pada Selasa (1/10/2024), sang artis tampak masih terlihat beraktivitas dan mengunggah kegiatannya melalui akun media sosial pribadinya. "Pagiku happy. Banyak uang di ruangnya Uni Vidi, PhD @vidiputr," tulis akun @marissahaque di Instagram Story.
 


Profil Marissa Haque

Marissa Grace Haque atau yang lebih dikenal dengan nama Marissa Haque ialah seorang aktris sekaligus politisi kelahiran 15 Oktober 1962. Dia merupakan merupakan kakak dari model dan aktris Indonesia, Soraya Haque serta pemeran dan pembawa acara televisi Indonesia, Shahnaz Haque.

Perkenalannya dengan dunia hiburan dimulai saat Marissa aktif mengisi waktu luangnya dengan menyanyi dan menari dalam sanggar Swara Mahardika pimpinan Guruh Soekarnoputera.

Artis yang karib disapa Icha ini mengawali kariernya sebagai pemain film pada tahun 1980-an. Pada tahun itu, sutradara film M.T. Risyaf menawarkan peran untuk Marissa dalam film Kembang Semusim, yang menjadi debut filmnya. Film itu juga diperankan oleh Mieke Wijaya, Rano Karno, dan Dewi Irawan. Sejak itu, Marissa aktif membintangi film-film lain seperti Bawalah Aku Pergi (1981) dan Jejak Pengantin (1984).
 


Akting Marissa mengesankan di dua film drama romantis yakni Tinggal Landas Buat Kekasih (1984) dan Biarkan Bulan Itu (1986), hingga membawanya mendapatkan nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia. Dia pun memenangkan satu di antaranya untuk perannya di film Tinggal Landas Buat Kekasih sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

Di film Tinggal Landas Buat Kekasih, Marissa bertemu dengan Ikang Fawzi yang saat itu juga menjadi pemeran film yang disutradarai oleh Sophan Sophian tersebut. Mereka akhirnya menikah pada 3 Juli 1986, dan dikaruniai dua orang anak perempuan yakni Isabella Muliawati Fawzi dan Chikita Fawzi.

Artis kelahiran Balikpapan ini pun aktif membintangi film hingga awal tahun 1990-an, dengan judul-judul seperti Penginapan Bu Broto (1987), Dia Bukan Bayiku (1988), Perasaan Perempuan (1990), Sepondok Dua Cinta (1990), dan Yang Tercinta (1991).
 
 

Karier Politik Marissa Haque

Setelah membintangi film Yang Tercinta, Marissa terlihat tidak aktif lagi di dunia akting dan lebih memilih menapaki karier di dunia politik. Marissa mengawali karier politiknya sebagai anggota DPR pada 2004 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk daerah pemilihan Jawa Barat II, yang meliputi Kabupaten Bandung.

Belum genap lima tahun menjadi anggota dewan, lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini dicalonkan sebagai calon wakil gubernur Banten, mendampingi Zulkieflimansyah, kandidat gubernur yang diangkat oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Sarikat Indonesia (PSI) pada Agustus 2006. Pada 2012, dia memutuskan keluar dari PDIP.

Setelah karier politiknya di PDIP, Marissa kemudian bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 7 Oktober 2007 saat partai ini mengadakan acara Nuzulul Quran di kantor DPP PPP, Jakarta. Berlanjut bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pada 2012.

Baca juga: Shahnaz Haque & Perjuangan Melawan Riwayat Keluarga Kanker Ovarium

Belakangan, Marissa lebih aktif berkecimpung di dunia pendidikan. Seperti diketahui, setelah lulus dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti dalam bidang hukum perdata, dia kemudian menamatkan studi S2 dalam bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atma Jaya.

Lalu, lulus sebagai magister administrasi bisnis (MBA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, serta mendapat gelar doktor pada Februari 2012 dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Diketahui, Marissa merupakan dosen di kampus Indonesia Banking School (IBS). Selain itu, dia juga kerap menjadi pembicara di berbagai acara panelis diskusi dan seminar.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Rundown Lengkap Synchronize Fest 4-6 Oktober 2024

BERIKUTNYA

20 Referensi Ucapan & Twibbon Hari Batik Nasional 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: