Evoria M Bloc Fest 2024 akan digelar selama sepuluh hari pada 27 September hingga 6 Oktober 2024 di M Bloc Space Jakarta Selatan. (Sumber gambar: M Bloc Entertainment)

Evoria M Bloc Fest 2024 Siap Digelar 10 Hari, Cek Rangkaian Agenda Serunya

20 September 2024   |   06:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

M Bloc Entertainment berkolaborasi dengan Evoria Movement mengadakan Evoria M Bloc Fest 2024. Digelar selama sepuluh hari mulai 27 September-6 Oktober 2024 di M Bloc Space Jakarta Selatan, agenda ini akan menghadirkan festival industri kreatif di bidang musik, seni, desain, film dan fesyen dalam satu kawasan.
 
Evoria M Bloc Fest 2024 bertujuan menemukan dan mendukung pergerakan para talenta baru beserta karyanya yang diharapkan menjadi besar di kemudian hari. Festival ini sekaligus merayakan hari jadi M Bloc Space yang ke-5 pada 26 September 2024 mendatang, sebagai ruang kreatif publik dan melting pot komunitas untuk berjejaring di Jakarta. 
Ajang Evoria M Bloc Fest 2024 hadir sebagai wadah bagi beberapa festival dengan ragam kegiatan, pertunjukan serta pameran yang diramaikan para talenta teranyar hingga kawakan.
 
Mulai dari M Bloc Design Week (MBDW) yang akan berlangsung pada 27 September-6 Oktober 2024, M Bloc Music Festival (27, 28 dan 29 September 2024), serta X Short, X Fashion, dan X OpenLab (27, 28 dan 29 September 2024). 
 
Semua kegiatan itu akan berlangsung di enam venue yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan M Bloc Fest 2024 yaitu M Bloc Live House, Creative Hall, Mini Gallery, Bloc Bar, LRS Stage hingga M Bloc Market. 
 
Selain pertunjukan musik dan fesyen, diadakan pula inkubasi musik, film, fesyen, seni dan desain dalam format lokakarya, temuwicara, hingga konsultasi karya bersama para profesional di bidang masing-masing.
 

Wendi Putranto selaku Co-Founder dan Program Director M Bloc Fest mengatakan proses kurasi, penemuan talenta, serta karya-karya baru bagi M Bloc Fest tahun ini sudah berjalan sejak awal tahun melalui ajang Evoria Festival, yang digelar pada 26 Mei hingga 2 Juni 2024 di M Bloc Space. 
 
Adapun, jumlah artis musik yang ikut mendaftar pada ajang Evoria tahun ini tercatat sebanyak 907 musisi/band dari berbagai kota di Indonesia. 
 
Dia menambahkan memasuki tahun ketiganya, M Bloc Fest bersama Evoria semakin memantapkan posisinya sebagai festival industri kreatif nasional yang terbuka bagi para pendatang baru dari berbagai skena kreatif. 
 
"Komitmen utama kami adalah selalu menemukan bakat-bakat baru yang tengah berkembang, membantu memperkenalkan karya-karya terobosan mereka kepada media, profesional, hingga audiens yang lebih luas via Evoria M Bloc Fest. Kami berharap festival bisa menjadi mata rantai pasokan talenta dan karya bagi berbagai festival besar di Tanah Air, a festival for the next big things," katanya.
 
Edric Chandra selaku Program Initiator Evoria Movement menyampaikan substansi genetik yang selalu diusung oleh Evoria adalah eksplorasi. Evoria movement, sambungnya, konsisten mendukung ekosistem karya kreatif di Indonesia, menyiapkan ruang interaksi tidak hanya antara pelaku dari berbagai skena kreatif maupun dengan audiens, tapi juga stakeholder yang lebih luas.
 
"Kami yakin kehadiran Evoria M Bloc Fest 2024 dapat memperkuat jejak kreativitas anak bangsa dalam mengeksplorasi karya yang hadir dalam sebuah format festival keren di Indonesia," ucapnya.
 
 

Rangkaian Acara Evoria M Bloc Fest 2024

Evoria M Bloc Fest 2024 akan menyajikan ragam kegiatan, pertunjukan serta pameran yang diramaikan para talenta teranyar hingga kawakan. Berikut adalah rinciannya.
 

Evoria M Bloc Music Festival (MBMF)

Berlangsung selama selama tiga hari, pada 27-29 September 2024, Evoria M Bloc Music Festival (MBMF) adalah festival musik multigenre tahunan yang mengutamakan penampilan para band/musisi pendatang baru yang berbakat. 
 
Para penampil pendatang baru yang tampil di festival ini mayoritas merupakan hasil inkubasi dan kurasi talenta dari ajang Evoria Festival yang telah digelar sebelumnya di tempat yang sama.
 
Line-up para pendatang baru yang akan tampil yakni Axel Gulla, KRLY, Megatruh Sound System, Amis, RABR, Robin & The Poetry, Lady Camaro, Intisore, Aneesa, Patricia Gabe Ratu, Juicebox, Sanca Project, Tsoutt, Graf, Daisea, hingga Zirbad. 
 
Selain itu, akan hadir juga Voice of Baceprot (VOB), Dongker, Lips, Black Horses, Leipzig, Kuntari, Sunwich, White Chorus, Denny Frust, Rub of Rub, Adhitia Sofyan, Endah N Rhesa, Ghea Indrawari, Good Morning Everyone, MTAD, Tuantigabelas x Yacko, hingga Morfem.
 
Terdapat tiga venue di M Bloc Space yang akan digunakan untuk MBMF 2024 yaitu M Bloc Live House, Bloc Bar, dan LRS Stage. Adapun, pengunjung yang ingin menonton MBMF 2024 bisa membeli tiketnya di aplikasi atau situs Goers, dengan harga Rp 100.000 untuk 1 Day Pass atau 3 Day Pass seharga Rp200.000. 
 

M Bloc Design Week (MBDW)

Tak hanya musik, Evoria M Bloc Fest 2024 juga akan mengadakan M Bloc Design Week (MBDW), pameran lintas disiplin desain mulai dari desain produk, arsitektur, fashion, desain grafis, dan desain interior. Lebih dari 20 peserta/kolaborator/studio akan memamerkan hasil karya mereka.
 
Mengusung tema Daur Rupa – Sustainable Design, MBDW 2024 akan menghadirkan ragam program seperti pameran, lokakarya, temu wicara, dan tur telusur kota yang dimulai 27 September hingga 6 Oktober 2024 di area Creative Hall, M Bloc Space.
 
Selain di M Bloc Space dan Pos Bloc Jakarta, MBDW2024 diadakan serentak pula di enam sirkuit kreatif M Bloc Group dan jejaringnya yang berada di beberapa kota di Indonesia yaitu Pos Bloc Medan, Pos Bloc Surabaya, Fabriek Bloc (Padang), JNM Bloc (Yogyakarta), Lokananta (Surakarta), serta Uma Seminyak (Bali).
 
Dalam penyelenggaraannya, MBDW 2024 menyajikan rangkaian kegiatan menarik yang melibatkan berbagai bidang desain dan komunitas kreatif meliputi:
 
1. Pameran Desain dari 5 Bidang Utama

Pameran yang menampilkan karya-karya inovatif dan mengedepankan prinsip sustainable design dari berbagai disiplin, mulai dari desain produk, arsitektur, fesyen, desain grafis, hingga desain interior.
 
Karya-karya tersebut dipersembahkan oleh ragam kolaborator seperti Bell Living Lab, StudioRK, What if Lab (M Bloc Space), FT ITB dan FTUI (Pos Bloc Jakarta), YYAF & Arsitektur UAJY (JNM Bloc, Yogyakarta), INRARE (Lokananta, Surakarta), dan Studio Banda x Alex Ladda Architects (Uma Seminyak), dan lainnya.
 
2. Design Conference
 
Diskusi mendalam tentang tren, tantangan, dan masa depan desain berkelanjutan yang akan diisi oleh Antonius Richard selaku Founder and Principal of RAD+ar), Realrich Sjarief (Founder and Principal of RAW Architect), Anton Siura (Founder and Principal of SIURA Studio) dan Sibarani Sofian (Founder of URBAN+).

3. Mata Talks 
 
Sesi inspiratif berupa talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh kreatif terkemuka serta pelaku industri yang akan berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan lingkungan melalui inovasi dan aktivasi, di antaranya; There are Kampungs in the Future, Mencari Nafkah yang Lestari dengan Kreasi Ragam Hias, Repurpose Heritage Compound with Rumah Tangsi (Malaysia) dan masih banyak lagi.

4. Workshop 
 
Ragam pelatihan interaktif yang mengajak peserta untuk belajar langsung dari para ahli tentang penerapan desain berkelanjutan dalam berbagai konteks.
 
5. Design Walks 
 
Tur kreatif yang akan mengajak peserta menjelajahi sudut-sudut kota dan mengenal lebih dalam tentang berbagai inisiatif kreatif yang ada di sekitar mereka.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong Asyik untuk Malam Minggu di Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

540 Karya Bertarung di JICAF 2024, Simak Kisah di Balik Proses Kurasi yang Ketat

BERIKUTNYA

Sensasi Seru Menjajal Cave Tubing di Gua Kalisuci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: