Suasana pameran Inacraft (Sumber gambar: website Inacraft)

Inacraft on October Hadirkan Kerajinan dengan Sentuhan Kreativitas Muda

01 October 2024   |   18:45 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype penggemar kerajinan tangan, fesyen, atau sekadar ingin melihat karya-karya kreatif anak bangsa, INACRAFT on October Vol.3 bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi. Ajang ini merupakan sister event dari The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT), pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara.

INACRAFT On October Vol.3 tahun ini mengangkat tema Youthpreneurs, Make It At Market dengan tagline Totally Different. Berbeda dengan INACRAFT sebelumnya, kali ini Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) selaku penyelenggara, melakukan kurasi peserta pameran lebih ketat melalui pembagian zona berdasarkan jenis produk. 

Dalam pameran yang berlangsung selama 5 hari, pada 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Genhype bisa menemukan beragam kerajinan mulai dari kain tradisional, perhiasan, hingga produk home decor khas Indonesia. Enggak cuma menawarkan pengalaman berbelanja saja, Inacraft kali ini juga menjadi ruang bagi generasi muda unjuk kreativitas. 

Baca juga: Proses Kreatif Fesyen Ramah Lingkungan, Manfaatkan Benang Katun dan Denim Daur Ulang

Ketua Umum ASEPHI, Gusmardi Bustami, mengatakan pada edisi ketiga ini, INACRAFT on October lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya. 

Dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya, diharapkan para perajin dan pelaku usaha muda dapat meraih peluang pasar agar semakin dikenal dan sukses sebagai generasi penerus dalam menjaga kekayaan budaya Indonesia. "INACRAFT menjadi jembatan bagi mereka untuk membangun merek yang lebih dikenal," ujarnya.

Secara teknis, INACRAFT on October akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 23.000 m2, dengan total peserta keseluruhan 897 stand, termasuk 6 peserta dari luar negeri. Di sini, para pengunjung bisa melihat beragam kerajinan baik kerajinan lokal dan internasional.

Terdapat juga 1 ikon dengan 20 island. Selain itu, terdapat peserta Non Anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta.

Dengan target 100.000 pengunjung, INACRAFT menargetkan total transaksi retail sebesar Rp100 miliar dan kontrak dagang senilai US$ 1,2 juta. Bustami optimis target ini bisa tercapai melihat antusiasme masyarakat yang terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk memudahkan pembeli, INACRAFT menerapkan konsep pembagian area berdasarkan jenis produk, berikut rincian zoning area-nya. 
  1. Area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa home decor dan houseware. 
  2. Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesori.
  3. Cendrawasih Hall yang menyajikan beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya. 
  4. Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh Nusantara. 
  5. Lobby Hall A yang akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi.
  6. Hall B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.
  7. Plenary dan Connecting Plenary akan menyajikan miscellaneous craft, seperti gifts products, homeliving, serta decorative items. Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3.
  8. Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yang akan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B.
Selain adanya zoning, INACRAFT kali ini juga menghadirkan berbagai kegiatan pendukung (Insight Program), yang dirancang secara khusus untuk Gen-Z yang ingin mendalami dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas peluang bisnis dan jaringan pasar.

Pada tahun ini, terdapat beberapa Insight Program, diantaranya adalah INACRAFT Model Hunt (Kids & Teenagers), Young Fashion Design Competition, Fashion Show, Youthpreneurs (Main Lobby Icon), Cultural Performances, serta Craft Talks & Workshop.

Selain itu, akan ada INACRAFT Appreciation Night untuk memberikan penghargaan kepada perajin muda yang dianggap berpotensi. Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan tradisi budaya Indonesia. 

Untuk datang ke acara ini, tiket masuk INACRAFT on October Vol.3 dibanderol seharga Rp25.000 dan dapat dibeli melalui pre-registration di website resmi INACRAFT atau secara langsung di venue pameran. 

Baca juga: Hypereport: Nostalgia Fesyen Retro Klasik yang Modis dengan Sentuhan Kekinian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Spesifikasi dan Harga Realme C61, Suguhkan Fitur RAM Dinamis 24GB 

BERIKUTNYA

Cerita Produser Sheila Timothy Meracik Naskah Film My Annoying Brother Lebih Melokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: