Ilustrasi toko produk kerajinan tangan. (Sumber gambar: Daryl Han/Unsplash)

Serba-serbi Pameran Inacraft Oktober 2023, Agenda Acara sampai Harga Tiketnya

04 October 2023   |   15:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta International Handicraft Trade Fair atau Inacraft akhirnya resmi akan dibuka pada hari ini, Rabu (4/10/2023). Pameran bertaraf internasional itu akan kembali menghadirkan berbagai produk kerajinan tangan unggulan dari para pelaku usaha kreatif dalam negeri. Acara ini akan berlangsung hingga 8 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center.

Mengangkat tema From Smart Village to Global Market, Inacraft kali ini memberikan nuansa baru yang menghadirkan konsep youth. Seperti konsepnya, Inacraft kali ini lebih banyak berkolaborasi dengan para perajin dan pengusaha muda berbakat di bidang kerajinan, yang akan memberikan nuansa baru dari gelaran sebelumnya.

Baca juga: Pameran Kerajinan Inacraft Oktober Bawa Nuansa Baru Berkonsep Youth

Inacraft tahun ini diikuti oleh 772 booth yang terdiri dari 650 anggota ASEPHI, 122 non-anggota, 21 peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan dinas/dekranasda, dan dihadiri pengunjung dan tamu khusus internasional. Seluruh peserta pameran akan diakomodir dalam area konvensi JCC seluas 18.862 meter persegi.

Dari jumlah keikutsertaan tersebut, Inacraft ditargetkan bakal mendatangkan 100.000 pengunjung, serta transaksi retail sebesar Rp50 miliar dan dengan kontak dagang mencapai US$1 juta.

Sebagai pameran primadona bagi perajin dan pengusaha kriya, Inacraft diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) yang bekerja sama dengan Mediatama Event, untuk memfasilitasi dan mempromosikan produk-produk kerajinan lokal agar dapat berkompetisi dengan produk internasional.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INACRAFT (@weareinacraft)



Ketua Project Officer (PO) Inacraft 2023 sekaligus Wakil Ketua II BPP ASEPHI Muhammad Ali Jufri mengatakan Inacraft terus mengembangkan potensinya sebagai benchmark kerajinan nasional dengan cara menggandeng perajin muda, youth and millenium artisan, dan peserta internasional dari negara sahabat sebagai wujud bangkit setelah pandemi dan kekuatan UKM Indonesia menjadi bagian dari Worldpreneur Citizen.

"Seri kedua Inacraft ini memberikan kesempatan dan peluang kepada para pelaku usaha muda di seluruh Indonesia untuk memamerkan dan membawa hasil karya mereka ke kancah internasional,” tuturnya.

Sebelumnya, pameran Inacraft hanya diselenggarakan satu kali satu tahun sekitar bulan April atau Maret. Namun, sejak 2022, Inacraft diselenggarakan dua kali dalam setahun dengan penambahan pada bulan Oktober yang hadir dengan konsep pameran baru yang kekinian. Gelarannya kali ini akan menampilkan paviliun ikon dari Pemerintah Kota Pekalongan bersama dengan 10 island di area lobi utama dan 16 island di lobi Hall A, JCC.

Selain bersifat B to C (business to consumer) yang diperuntukkan bagi pembeli retail, Inacraft juga memiliki agenda yang bersifat B to B (business to business) untuk mendatangkan pembeli besar dari luar negeri. Dengan begitu, para pelaku usaha kriya bisa menjangkau pasar domestik sekaligus peluang ekspor.


Rangkaian Kegiatan Inacraft Oktober 2023

Selain mengunjungi ratusan booth pelaku usaha kerajinan, pengunjung Inacraft juga akan disuguhkan dengan berbagai acara menarik seperti Craft Talk, Craft Workshop, Fashion Show dan Art Performance by Minangkabau Heritage, dan Emerging Award yang akan rutin diumumkan di media sosial Inacraft.

Salah satu workshop yang bisa kalian ikuti yakni Kurumie Crafting yang akan mengajak pengunjung berkarya melalui seni kerajinan tradisional Jepang, yang dipadukan dengan kain lurik dan batik khas Indonesia. Acara ini akan berlangsung pada 6 Oktober 2023 pukul 13.30-15.00 WIB di Assembly Stage JCC Senayan. Untuk mengikuti kegiatan ini, pengunjung perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp150.000 dan akan mendapatkan workshop kit.

Selain itu, ada pula sesi diskusi bertajuk UKM Indonesia-World Citizenpreneurs dengan menghadirkan beberapa narsumber yakni Arif Haryanto selaku Tenaga Ahli Bidang Impelementasi Hasil Perjanjian Perdagangan Internasional, Gustian Mahardika (Tenaga Ahli Bidang Prosedur Ekspor dan Akses Pembiayaan), Sepri Situmeang (Tenaga Ahli Bidang Strategi Promosi dan Pemasaran Ekspor), dan Sholahudin Fuad (ASEPHI). Acara ini akan digelar pada 5 Oktober 2023 pukul 10.00-11.00 WIB.


Jadwal Acara Musik di Inacraft Oktober 2023

Acara Inacraft 2023 juga semakin meriah karena menghadirkan sejumlah pertunjukan musik dari sederet penyanyi dan grup musik seperti Mocca, Fia, Dendi Nata, G-Pluck, Dua Sejoli Selekta, Finger Drumming Indonesia, dan Los Garelloz. Berikut adalah jadwal acara musik di Inacraft 2023.
  • Dua Sejoli Selekta: Rabu, 4 Oktober 2023 | 16.30 WIB
  • Los Garelloz: Kamis, 5 Oktober 2023 | 18.30 WIB
  • Finger Drumming Indonesia: Jumat, 6 Oktober 2023 | 14.30 WIB
  • Dendi Nata: Jumat, 6 Oktober 2023 | 17.00 WIB
  • G-Pluck: Jumat, 6 Oktober 2023 | 18.30 WIB
  • Fia: Sabtu, 7 Oktober 2023 | 16.30 WIB
  • Mocca: Sabtu, 7 Oktober 2023 | 18.30 WIB
  • Swara Gembira: Minggu, 8 Oktober 2023 | 14.00 WIB


Harga Tiket Inacraft Oktober 2023

Untuk Genhype yang ingin berkunjung ke Inacraft 2023, bisa membeli tiketnya seharga Rp25.000 per orang. Tiket tersebut bisa didaptkan di pintu masuk acara yang dijual di tempat atau on the spot (OTS). Adapun, acara Inacraft akan berlangsung pada pukul 10.00-21.00 WIB.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Tayang Film Indonesia di Busan International Film Festival 2023

BERIKUTNYA

Lantaran Alami Sakit Ini, Aktor Lee Je Hoon Dikabarkan Batal Jadi Pembawa Acara Busan International Film Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: