Konser Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Album Ke-12 Jadi Babak Terakhir, Coldplay Siap Tutup Perjalanan Musik Ikonik

01 October 2024   |   17:10 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Coldplay tengah bersiap melangkah babak akhir dari perjalanan musikal mereka dengan album kedua belas sebagai penutup resmi dari karier panjang mereka di dunia musik. Chris Martin mengungkapkan bahwa setelah perilisan album ke-10 bertajuk Moon Music pada 4 Oktober, band asal Inggris tersebut berencana hanya akan merilis dua album lagi.

Keputusan ini, menurut Martin, diambil setelah melalui berbagai pertimbangan mendalam, dengan tujuan untuk menetapkan batas yang jelas dalam perjalanan musik mereka. Dengan target menciptakan total 12 album, Coldplay berusaha menjaga kualitas dan intensitas kreativitas mereka, sambil tetap memberikan kontribusi bermakna bagi dunia musik dan budaya.

Baca juga: Album Coldplay "Moon Music" Meluncur 4 Oktober 2024, Rilisan Fisiknya Gunakan Bahan Daur Ulang

"Harry Potter hanya ada tujuh buku. The Beatles hanya memiliki 12 setengah album, dan Bob Marley juga merilis jumlah album yang sama, begitu juga semua idola kami. Selain itu, dengan adanya batasan tersebut, kontrol kualitas jadi sangat tinggi dan untuk sebuah lagu bisa masuk [ke dalam album baru], itu hampir mustahil, yang sebenarnya bagus," ujar Martin seperti dikutip melalui Variety.

Meski Coldplay hanya punya sisa 2 album lagi untuk dipersembahkan, Martin menegaskan bahwa dirinya tidak akan berhenti berkarya di dunia musik. Dia menjelaskan bahwa proses kreatif akan terus berlanjut dalam bentuk yang berbeda, namun ada sesuatu yang istimewa dan tak tergantikan dari perjalanan bersama Coldplay.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Coldplay (@coldplay)


Menurutnya, inspirasi untuk lagu-lagu dan ide-ide kreatif datang begitu saja dalam empat hingga lima tahun terakhir, mendorongnya untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Dia percaya pada proses itu, sama seperti dia percaya pada lagu-lagu yang dihasilkan.

Martin juga menyebutkan kemungkinan adanya proyek sampingan bersama anggota Coldplay lainnya—Guy Berryman, Phil Harvey, Will Champion, dan Jonny Buckland. Jika mereka berkolaborasi lagi di luar tur, hasilnya mungkin berupa proyek sampingan atau kompilasi dari karya-karya yang belum sempat mereka selesaikan.

Secara garis besar, Coldplay tidak akan bubar atau pensiun dari dunia musik, tapi mereka membatasi jumlah album yang akan dirilis hingga 12. Chris Martin menegaskan bahwa meskipun ada batasan tersebut, band asal Inggris ini akan terus berkarya.

Saat ini, belum ada informasi resmi terkait jadwal perilisan album ke-11 dan ke-12, tetapi semangat dan dedikasi mereka dalam bermusik tetap terjaga.

Hingga saat ini, Coldplay telah merilis sembilan album studio, serta berbagai karya tambahan berupa single, EP, dan kolaborasi. Album ke-10 mereka, Moon Music, akan dirilis pada Jumat, 4 Oktober 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Wang Ning, Crazy Rich Pendiri Pop Mart yang Viral Berkat Boneka Labubu

BERIKUTNYA

Jadwal Lengkap Pemutaran Film & Diskusi di Madani International Film Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: