Coldplay. (Sumber gambar: Coldplay/X)

Album Coldplay "Moon Music" Meluncur 4 Oktober 2024, Rilisan Fisiknya Gunakan Bahan Daur Ulang

20 June 2024   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Coldplay akan merilis album baru mereka bertajuk Moon Music pada 4 Oktober 2024. Moon Music akan menjadi album kesepuluh Coldplay, sekaligus bagian kedua dari proyek Music of the Spheres setelah From Earth with Love (2021).

Pengumuman itu juga disertai dengan unggahan kover album Moon Music yang menampilkan lanskap langit malam dengan elemen bulan berwarna-warni, menciptakan visualisasi yang sekilas tampak simpel namun tetap indah, seperti beberapa artwork album Coldplay sebelumnya.

Baca juga: Daftar Line Up Pertama Glastonbury Festival 2024, Ada SEVENTEEN hingga Coldplay

Rupanya, sampul album tersebut menampilkan bidikan moonbow yang diambil oleh fotografer asal Argentina, Matias Alonso Revelli, pada 2020. Coldplay menghubungi sang fotografer langsung untuk menggunakan gambar tersebut, meskipun Matias menawarkan banyak versi lain dari bidikannya tersebut.

"Band ini [Coldplay] baru saja mengumumkan perilisan album kesepuluh mereka yang sangat dinantikan, Moon Music. Rekaman tersebut akan tersedia di toko-toko dan layanan streaming pada 4 Oktober 2024," demikian tulis Coldplay dalam situs resminya.
 


Coldplay juga mengumumkan mereka penjualan pre-order album Moon Music telah dibuka. Penggemar yang membelinya secara prapesan akan mendapatkan album Moon Music bertanda tangan yang dijual secara terbatas di toko fisik Coldplay Store resmi dan di situs store.coldplay.com.

Menariknya, rilisan fisik album yang terdiri atas kaset CD dan vinil ini dibuat dengan bahan daur ulang. Moon Music bahkan diklaim menjadi rilisan fisik album pertama di dunia yang dibuat dalam bentuk LP EcoRecord 140 gram, dengan masing-masing salinan dibuat dari 9 botol plastik PET daur ulang yang diperoleh dari limbah pascakonsumen.

Hal ini akan mencegah produksi lebih dari 25 metrik ton plastik murni, dan memberikan pengurangan emisi CO2/kg proses produksi sebesar 85 persen dibandingkan dengan vinyl 140g konvensional.

Sementara, kaset CD Moon Music akan menjadi yang pertama di dunia yang dirilis dalam bentuk EcoCD, lantaran dibuat dari 90 persen polikarbonat daur ulang, yang bersumber dari aliran limbah pascakonsumen. Hal ini akan menghasilkan pengurangan emisi CO2/kg setidaknya sebesar 78 persen, dan menghindari produksi lebih dari lima metrik ton plastik murni.

Selain itu, band pelantun lagu Fix You ini juga telah berkolaborasi dengan The Ocean Cleanup untuk membuat format rilisan tambahan yakni notebook khusus yang diberi nama Notebook Edition EcoRecord LP. rPET. Buku catatan itu disebut terbuat dari 70 persen plastik sungai, yang mengalir di Rio Las Vacas, Guatemala dan dicegah oleh The Ocean Cleanup untuk sampai ke Teluk Honduras dan Samudra Atlantik.

Buku bersampul ini merupakan replika dari buku catatan studio asli Chris Martin, yang menampilkan 28 halaman catatan, lirik, dan ilustrasi di balik proses penulisan dan perekaman album. Notebook ini juga menyertakan catatan suara tambahan dan demo dari sesi rekaman album, memberikan wawasan khusus mengenai perkembangan musik Coldplay.
 


Tak sampai di situ, dalam upaya mengurangi limbah, edisi pertama album Moon Music baik dalam bentuk EcoRecord LP maupun EcoCD, akan dibatasi secara ketat dan diproduksi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan edisi mendatang. Nantinya, semua produk EcoRecord LP Edisi Pertama akan diberi nomor satu per satu.

"Sejalan dengan langkah-langkah keberlanjutan band yang inovatif dalam tur mereka saat ini, yang sejauh ini menghasilkan emisi CO2e 59 persen lebih sedikit dibandingkan tur stadion mereka sebelumnya, band ini telah berupaya keras untuk membuat perilisan fisik Moon Music semaksimal mungkin berkelanjutan," tulis Coldplay.

Jelang perilisan album Moon Music, Coldplay akan lebih dulu meluncurkan single pembuka sekaligus utama dari album tersebut berjudul feelslikeimfallinginlove. Lagu itu dijadwalkan rilis pada 21 Juni 2024. Sebelumnya, lagu feelslikeimfallinginlove telah dibawakan perdana secara langsung oleh Coldplay dalam tur dunia Music of the Spheres di Budapest pada 16 Juni 2024.

Selain lagu, Coldplay juga telah menyiapkan video klip lagu feelslikeimfallinginlove yang syutingnya dilakukan di Odeon Herodes Atticus di Athena, Yunani. Media lokal melaporkan bahwa video klip itu menghabiskan bujet produksi hingga 3 juta Euro, dan disebut menjadi salah satu video musik termahal sepanjang masa.

Baca juga: Ternyata Teknologi Ini yang Bikin Panggung Coldplay Megah di Jakarta

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Daftar Harga & Jadwal Penjualan Tiket Konser Doyoung NCT di ICE BSD City

BERIKUTNYA

Terbesar di Asia Tenggara, Revitalisasi Situs Muarajambi Ditargetkan Selesai September

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: