Tampilan ponsel Xiaomi T14 Pro. (Sumber gambar: Xiaomi)

Intip Spesifikasi dan Harga Xiaomi T14 & T14 Pro, Resmi Meluncur 1 Oktober di Indonesia

01 October 2024   |   13:43 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Xiaomi akan merilis ponsel seri 14T dan 14T Pro di Indonesia pada hari ini, Selasa (1/10/2024) pukul 19.00 WIB. Kedua ponsel ini dilengkapi spesifikasi yang cukup identik, dan sama-sama mengunggulkan fitur kameranya yang kembali menggunakan pabrikan asal Jerman, Leica, untuk menghadirkan lensa Leica Summilux.

Dikutip dari situs resmi Xiaomi, Xiaomi 14T hadir dalam empat warna yakni Hijau Lemon, Titan Hitam, Titan Abu-abu, dan Titan Biru, sedangkan 14T Pro hadir hanya dengan tiga warna tanpa Hijau Lemon. Namun, keduanya sama-sama hadir dengan layar berukuran 6,67 inci plus desain bezel ultra-tipis, serta material bercahaya khusus untuk tampilan yang lebih kuat dan berkilau.

Baca juga: Fitur Fotografi Malam Jadi Andalan, Cek Kelebihan Lensa Summilux di Xiaomi 14T Series

Baik Xiaomi 14T dan 14T Pro sama-sama menggunakan panel AMOLED CrystalRes 1,5K. Layar sudah mendukung refresh rate 144 Hz, tingkat kerapatan 445 PPI, dan tingkat kecerahan maksimal 4.000 nits, sehingga diklaim dapat tetap nyaman digunakan di bawah sinar matahari/pantulan cahaya. 

Plus, penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada seri ponsel ini juga membuat layar gawai secara dinamis menyesuaikan suhu warna dan kecerahan menurut berbagai skenario penggunaan dan waktu. Secara efektif mengurangi cahaya biru, melindungi kesehatan mata, dan memastikan pengalaman visual yang lebih baik. 

Layar Xiaomi 14T juga sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light, TÜV Rheinland Flicker Free, dan TÜV Rheinland Circadian Friendly, sehingga mata tetap nyaman dan tidak mudah lelah ketika menatap layar dalam durasi cukup lama.
 

Soal chipset, Xiaomi 14T Pro ditenagai MediaTek Dimensity 9300 dan dipadu dengan RAM 12 GB dan storage maksimal 1 TB. Sementara itu, Xiaomi 14T ditenagai MediaTek Dimensity 9300 yang dirancang dengan teknologi 4 nanometer. 

Salah satu fitur yang menonjol pada fitur T-series adalah kameranya. Pada bagian fotografi, terdapat perbedaan antara Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro. Xiaomi 14T mengandalkan lensa optik Summilux dan sensor Sony IMX906, sedangkan Xiaomi 14T Pro sudah menggunakan lensa optik Summilux serta sensor gambar Light Fushion.

Baik seri 14T maupun 14T Pro sama-sama menggunakan lensa optik Leica Summilux yang diklaim memiliki apertur besar dan kinerja optik yang sangat baik. Lensa ini tidak hanya menangkap detail yang indah di lingkungan dengan cahaya redup, tetapi juga menghasilkan reproduksi warna, kontras, dan resolusi yang apik.

Tak hanya untuk fotografi, kedua ponsel ini juga disebut dapat mendukung kebutuhan videografi profesional. Hal ini lantaran ponsel T-series menggunakan rasio aspek film 2,39:1 yang umum digunakan di industri film, yang menawarkan efek blur sinematik. Fitur sakelar fokusnya memungkinkan pengguna merekam video sinematik dan naratif.
 

Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro sama-sama disokong baterai 5,000mAh. Namun, varian 14T Pro mampu melakukan pengisian daya cepat (fast charging) 120 watt dan pengisian daya tanpa kabel (wireless) 50 watt, sedangkan Xiaomi 14T mendukung fast charging yang maksimal di 67 watt.

Adapun, sistem operasi yang dijalankan untuk ponsel T-Series ini adalah HyperOS berbasis Android 14. Fitur pendukung lainnya termasuk sertifikasi IP68 (tahan debu dan air) dual SIM, Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, NFC, Hi-Res, Dolby Atmos, stereo speaker, dan masih banyak lagi. 

Di Indonesia, Xiaomi 14T dan 14T Pro akan mulai tersedia secara perdana pada 1 Oktober 2024 dan bisa langsung dibeli tanpa melalui pemesanan (pre-order). Namun, Xiaomi belum mengungkap harga seri ponsel itu di Tanah Air.

Dalam acara peluncuran di Berlin, Jerman,  Xiaomi mengumumkan harga Xiaomi 14T adalah 649 euro atau sekitar Rp10,9 juta dan Xiaomi 14T Pro seharga 799 euro atau sekitar Rp 13,4 juta. Meski demikian, harga tersebut tidak bisa dijadikan acuan karena pada umumnya harga elektronik di Eropa lebih tinggi karena pengenaan pajak yang lebih tinggi.

Baca juga: Xiaomi Resmi Umumkan Seri Redmi Note 14, Cek Spesifikasinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Juara Liga Champions Sepanjang Masa, Adakah Klub Jagoan Genhype?

BERIKUTNYA

Profil Wang Ning, Crazy Rich Pendiri Pop Mart yang Viral Berkat Boneka Labubu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: