Skincare (Sumber Foto: Freepik)

5 Bahan Skincare yang Bahaya untuk Kulit Sensitif

28 September 2024   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang merupakan pemilik kulit sensitif, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih produk skincare. Sejumlah bahan dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau bahkan reaksi alergi. Mengutip Healthline, kulit sensitif terjadi saat lapisan pelindung kulit mulai rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh dehidrasi, polusi, dan penggunaan produk yang tidak cocok di kulit. 

Gejala kulit sensitif mencakup, kulit gatal, kemerahan, kering dan mengelupas, muncul ruam dan benjolan, serta sensasi menyengat atau terbakar setelah pakai produk tertentu.

Baca juga: Mengenal Teknologi HIFU dan Face Sculpting untuk Perawatan Kulit Tanpa Bedah

Pada kondisi yang lebih parah penggunaan produk skincare dengan kandungan berbahaya bisa menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular. Berikut adalah bahan-bahan dalam skincare yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif.


1. Alkohol

Alkohol bisa membuat kulit sensitif jadi lebih kering. Apabila digunakan secara berlebihan, bahan ini juga akan menghilangkan kelembapan alami pada kulit. 

Biasanya, alkohol sering ditemukan pada produk pembersih wajah seperti micellar water untuk membantu mengangkat sisa kosmetik dan kotoran pada wajah. Sebagai alternatifnya, pilihlah produk dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera yang akan membersihkan wajah dengan aman.


2. PEG (polietilen glikol)

PEG berpotensi mengiritasi kulit. Bahan ini sering ditemukan di losion, krim wajah, dan produk kondisioner rambut karena fungsinya sebagai pelembap. Sebagai alternatifnya, pilihlah produk pelembap dengan kandungan yang aman seperti Hyaluronic acid, Ceramide, Glycerin, dan Niacinamide (Vitamin B3).


3. Parfum

Wewangian yang terdapat dalam produk perawatan kulit bisa menyebabkan iritasi. Hasilnya mungkin baru terlihat setelah penggunaan jangka panjang. Supaya tidak menyesal, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki keterangan allergen-free-fragrance atau tanpa kandungan alergen berbahaya.


4. Oxybenzone 

Mengutip All Good Body Care, oxybenzone merupakan salah satu bahan kimia yang diwaspadai berdasarkan aturan Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat. Kandungan ini seringkali ditemukan pada produk sunscreen yang berfungsi menyerap sinar UVB ke dalam kulit. 

Namun, menurut beberapa penelitian, saat oxybenzone terpapar dengan sinar matahari, maka dapat menimbulkan efek alergi pada kulit. Selain itu, bahan ini juga dianggap sebagai iritan mata yang berbahaya, sehingga tidak boleh bersentuhan dengan mata.

Pilihlah produk tabir surya yang mengandung Niacinamide (Vitamin B3), Vitamin C, dan Hyaluronic Acid. Sunscreen sebaiknya berbahan dasar air dan tidak mengandung mineral oil. Kandungan minyak dapat membuat kulit terasa lengket serta menarik debu dan kotoran.


5. Phthalates 

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mencatat phthalates merupakan bahan kimia yang seharusnya tidak digunakan dalam produk skincare. Umumnya bahan ini banyak ditemukan pada sejumlah produk perawatan kulit wajah dan tubuh mulai dari sabun, sampo, cat kuku, sampai hair spray

Baca juga: Rahasia Kulit Bening Bercahaya, Tren Glass Skin dari Korea

Kandungannya cukup berbahaya karena bisa menganggu sistem reproduksi, organ hati dan ginjal, serta sistem endokrin. Pada ibu hamil, phthalates yang masuk ke dalam tubuh bisa melewati plasenta dan mengganggu kesehatan janin. Bahan ini juga bisa tercampur bersama ASI sehingga bisa masuk ke tubuh bayi.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Konser Musik Gratis di Jakarta 28-29 September, Ada Yovie & Nuno dan Maliq & D’Essentials

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Film Laut Tengah, Drama Religi ala Drakor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: